Menelusuri Wisata Alam Situ Gede Suspension Bridge di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Wisata Alam Situ Gede

Tempat wisata alam yang sangat indah, sejuk dan alami yang berada di Kabupaten Sukabumi ini memiliki pemandangan yang eksotis, menarik, dan indah dengan destinasi andalan berupa jembatan gantung yang sangat panjang, unik, dan menarik. Biasanya para pengunjung tidak akan melewatkan tempat ini sebagai lokasi untuk menikmati pemandangan yang indah, mengambil gambar, berfoto selfie dan melintasinya sebagai ajang dalam menguji keberanian dan adrenalin.

Advertisement

1. Sitoe Goenoeng yang Indah

Dokumen Pribadi : Destinasi andalan Sitoe Goenoeng Suspension Bridge

Dokumen Pribadi : Destinasi andalan Sitoe Goenoeng Suspension Bridge via https://www.kaskus.co.id

Obyek wisata yang sangat menarik, indah, sejuk dan nyaman, yang mana di tempat ini begitu banyak yang dapat dinikmati dengan berbagai fasilitas alam yang telah disediakan oleh pengelola. Di tempat inilah kami melepaskan berbagai kepenatan akan hiruk pikuk suasana kota dan kesibukan pekerjaan.

Kunjungan dimulai dengan perjalanan yang panjang menuju Kabupaten Sukabumi untuk mendatangi Obyek Wisata Sitoe Goenoeng Suspension Bridge yang katanya sangat menarik untuk dijadikan tempat berlibur.

Advertisement

Benar saja, sesampainya di gerbang masuk tempat wisata ini, pemandu wisata menyambut dengan ramah kehadiran kami dan mempersilahkan agar mobil diparkir di tempat yang telah disediakan. 

Begitu turun dari mobil, ku lihat pepohonan yang rindang tumbuh di atas lahan parkir kendaraan yang cukup luas, di sekitarnya terdapat fasilitas umum seperti masjid, warung jajanan, lesehan dan berbagai fasilitas yang memang telah disediakan untuk para pengunjung agar semua kebutuhannya dapat terpenuhi selama menikmati obyek wisata ini.

Advertisement

Di sana rasa sejuk, damai, dan nyaman dapat dirasakan. Kami pun melanjutkan perjalanan ke tempat beradanya jembatan gantung yang merupakan destinasi unggulan dari lokasi wisata ini. Saat menelusuri jalan kami pun disambut lagi oleh petugas wisata di sebuah saung kedai lalu dipersilahkan untuk mencicipi makanan hangat berupa kopi, bubur kacang, teh manis dan berbagai minuman hangat yang sudah mereka sediakan untuk menjamu para pengunjung yang datang.

Aku duduk mencicipi makanan dan minuman di tempat ini, sambil merasakan betapa sejuk dan indahnya tempat ini dengan berbagai keindahan alamnya. Di sekitarnya tumbuh pohon-pohon yang rindang. Pedagang aksesori menghiasi tempat sepanjang jalan dan di depan kedai tempat beristirahat terlihat kesenian budaya Sukabumi mengalun indah sedang dipertontonkan kepada para pengunjung untuk meramaikan suasana alam pegunungan ini. Di tempat inilah pengunjung mendapat hadiah berupa masker Suspension Bridge dan karcis berbetuk gelang kertas sebagai bukti sah keberadaannya di tempat ini.

2. Suspension Bridge

Dokumen Pribadi : Jembatan Gantung

Dokumen Pribadi : Jembatan Gantung via https://www.kaskus.co.id

Perjalanan dilanjutkan menuju jembatan gantung “Suspension Bridge” yang merupakan unggulan dari destinasi wisata alam di tempat ini.

Keindahan alamnya sangat mengesankan, sehingga para pengunjung menikmatinya dengan berbagai aktivitas dengan berfoto selfie, mengambil gambar pemandangan yang indah sambil berjalan melewati jembatan gantung yang panjang seolah tak bertepi.

Untuk melewati keunikan Suspension Bridge dibutuhkan keberanian  mental serta kesiapan adrenalin dengan membuang rasa takut akan ketinggian, karena jembatan ini menghubungkan antara bukit yang satu dengan bukit lainnya sehingga terlihat mengesankan.

3. Rumah Tenda Tempat Bermalam

Dokumen Pribadi : Menikmati kopi asli

Dokumen Pribadi : Menikmati kopi asli via https://www.kaskus.co.id

Selanjutnya kami bergegas menuju Rumah Tenda yang berdiri di atas lembah hijau yang cukup luas yang berada di tengah hutan Gunung Gede Pangrango yang sudah melambai seolah menanti kedatangan kami, di tempat ini berbagai fasilitas telah tersedia dari mulai makanan katering, hiburan, api unggun dan berbagai fasilitas lainnya.

Menginap di tempat ini sehari semalam sambil menikmati suasana alam yang sejuk, aman, nyaman, dengan berbagai fasilitas yang ada membuat kami betah dan nyaman.

4. Curug Sawer (Sawer waterfall)

Dokumen Pribadi : Curug Sawer

Dokumen Pribadi : Curug Sawer via https://www.kaskus.co.id

Pada pagi hari perjalanan dilanjutkan menuju Curug Sawer (Sawer Waterfall) yang tidak begitu jauh dari tempat bermalam, sesampainya di area ini kami kembali berdecak kagum akan keindahan air terjun yang alami ini, ku pandangi ketinggiannya yang membentang ke atas terlihat seolah air itu turun dari langit, sangat putih dan jernih.

 

5. Situ Gunung Site Map

Dokumen Pribadi : Peta lokasi yang dapat dikunjungi

Dokumen Pribadi : Peta lokasi yang dapat dikunjungi via https://www.kaskus.co.id

Begitu banyak tempat-tempat lain yang tidak kalah menarik dapat dikunjungi di obyek wisata ini, dari mulai Jembatan Gantung, Rumah Tenda, Curug Sawer, dan berbagai tempat menarik lainnya yang memang telah disediakan oleh pemandu wisata bersama pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk dinikmati oleh para wisatawan baik domestik maupun dari manca Negara. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis dan Pengajar di salah satu perguruan tinggi di Garut

CLOSE