Bagi para pelancong, London adalah salah satu destinasi yang pastinya masuk ke dalam daftar teratas tempat yang harus dikunjungi (minimal sekali dalam hidup!). Pesona bangunan dan instalasi kota yang ikonik tidak akan dapat kamu tolak untuk didatangi. Namun, banyak turis yang khawatir London akan membutuhkan banyak dana.

Dalam artikel ini akan memuat bagaimana kalian bisa menikmati London tanpa harus khawatir kehabisan uang pasca jalan-jalan di London. Ya, uangnya bisa kalian sisihkan untuk membeli souvenir khas London!

1. Elizabeth Tower alias Big Ben

Berkunjung ke London tanpa foto di depan Big Ben? Wah, mungkin kamu bisa di kira belum pernah menginjakkan kaki di London. Karena berfoto di depan bangunan ikonik London ini adalah kegiatan yang harus dilakukan bagi para turis begitu sampai London. Menara yang terletak di dekat Sungai Thames dan wahana London Eye ini tidak mungkin terlewati pengunjung karena pesonanya yang begitu mengagumkan.

Tahukah kalian kalau jam yang ada di Big Ben, jarum penunjuk waktunya disesuaikan dengan koin Inggris kuno, dan bunyi dentangannya bisa terdengar hingga radius 5 mil.

2. Buckingham Palace

Buckingham Palace

Buckingham Palace via https://arzotravels.com

Advertisement

Mau melihat salah satu kerajaan saat berkunjung ke Istana Buckingham? Bisa dicoba berkunjung kesini, mungkin hari itu adalah hari keberuntunganmu!

Di sini kamu bisa juga melihat atraksi Changing of the Guard yang dilakukan pada jadwal tertentu. Upacara selama 45 menit pada pukul 11.30 siang, biasanya diadakan setiap hari saat musim panas, dan kalian akan melihat pengawal berbaris dengan mengganti formasinya sambil diiringi musik.

Sebagai informasi tambahan, apabila kamu melihat Union Flag berkibar di Istana, maka Ratu sedang tidak berada di istana. Namun, apabila bendera kerajaan yang berkibar maka Ratu sedang di istana.

3. Berjalan sekitar alun-alun dan rasakan atmosfer Kota London

Advertisement

London memiliki banyak lokasi untuk bersantai sambil menikmati kudapan atau hanya untuk meregangkan kaki. Beberapa alun-alun yang bisa kalian pilih untuk menghabiskan waktu diantaranya :


  • Parliament Square

Lokasi Parliament Square ini dekat dengan Big Ben, sehingga kamu bisa mendapatkan tur edukasi sejarah singkat dengan sekedar bersantai sambil menghirup udara segar London.


  • Piccadilly Circus

Kalau New York punya Times Square sebagai spot terkenal dan ramai pengunjung, maka London punya Piccadilly Circus. Nuansa perpaduan kehidupan modern dan klasik bisa kamu rasakan di sini. Pastinya, kamu sulit beranjak dari Piccadilly Circus.


  • Covent Garden

Alun-alun populer yang dikelilingi oleh banyak toko dan restoran. Kalian pasti akan banyak menemukan pertunjukan dari musisi jalanan.


  • Trafalgar Square

Jangan lupa mengabadikan gambar di depan Admiralty Arch dan Nelson’s Column.

4. Berkunjung ke pasar-pasar di London, mungkin saja kamu bisa mendapatkan barang unik dengan harga terjangkau

Camden Market

Camden Market via https://thepoweroftravel.ca

Beberapa pasar yang harus kamu kunjungi adalah:


  • Portobello Road

  • Camden Markets

  • Brick Lane Market

  • Greenwitch Market

5. Oxford Street

Merupakan koridor jalan untuk berbelanja utama dan sangat luas di London. Kamu bisa menemukan segala jenis toko yang menjual berbagai macam barang. Dan jangan lupa siapkan kamera, kalau bus ikonik Kota London yaitu Double Decker tiba di depanmu, segera abadikan momennya.

6. Banyak Museum di London yang gratis biaya masuk

Science Museum

Science Museum via https://www.timeout.com

Kurang lebih terdapat sekitar 200-an museum dan galeri yang terdapat di London. Kabar baiknya adalah 50% dari jumlah tersebut tidak membutuhkan biaya untuk mendapatkan tiket masuk. Apabila kalian ingin berwisata sembari mempelajari sejarah bisa coba kunjungi British Museum, Victoria and Albert Museum, dan National Maritime History.

Kalian bisa mengunjungi Natural History Museum untuk mempelajari dinosaurus atau ke Science Museum untuk melihat pameran ilmu pengetahuan. Untuk melihat karya seni yang menakjubkan bisa berkunjung ke National Gallery dan Tate Modern. Di Tate Modern, cobalah berkunjung ke The Switch House untuk melihat pemandangan London Skyline.

7. Menyisir taman dan kebun di London

Kensington Garden

Kensington Garden via https://www.timeout.com

Sudah jauh-jauh ke London tapi hanya jalan ke taman? Tenang, dijamin tidak akan bosan. Rekomendasi buat kalian diantaranya :


  • Regents Park (kebun bunga yang aromatik dan romantis)

  • St. James’s Park (banyak pagelaran kerajaan yang diselenggarakan di taman ini)

  • Kensington Palace Gardens

Dalam area terdapat Kensington Palace (hunian anggota kerajaan seperti Putri Diana, Pangeran William, dan Kate Middleton). Ada biaya untuk masuk ke istana, tapi gratis untuk berkunjung ke taman. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim semi, kalian bisa menemui patung Peter Pan di sini.


  • Hampstead Heath

Tempat untuk melepaskan penat terbaik di London, di mana terdapat spot terkenal yaitu Parliament Hill yang ikonik. Dari puncak bisa melihat hampir keseluruhan panorama London. Ternyata disini pernah dijadikan latar dalam film Notting Hill dan menjadi inspirasi novel ‘The Lion, The Witch, and The Wardrobe’ karya C.S Lewis yang kemudian diangkat menjadi film terkenal Narnia. Hm, bakal ketemu Aslan Si Singa tidak ya di sini?

8. Sky Garden

Sky Garden adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin menikmati panorama kota. Bisa dipastikan pemandangan yang kamu lihat didapatkan dari sudut pandang terbaik. Tapi, jangan sampai kehabisan tiket karena tiket terbatas dan terjual cepat. Sebaiknya kamu pesan 2-3 minggu sebelum kunjungan.

9. Notting Hill

Notting Hill

Notting Hill via https://arzotravels.com

London tidak pernah mengecewakan mata pengunjung dengan bangunan yang indah. Dari mulai bangunan gaya abad pertengahan hingga rumah-rumah mungil dengan warna yang beragam bisa kamu temukan di kawasan Notting Hill. Mengabadikan gambar dengan latar Notting Hill pastinya tidak akan kamu lewatkan.

10. Mengelilingi bar dan pub di London

Kota London memiliki desain bar dan pub yang sangat fotogenik dan unik yang pastinya mengaktifkan radar fotografi kamu untuk segera mungkin mengabadikannya.

11. The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾

The Harry Potter Shop

The Harry Potter Shop via https://flickr.com

Kalau belanja memang tidak ada yang gratis, tapi jangan lesu dulu dong untuk para Potterhead. Di Harry Potter Shop kamu bisa berfoto dengan gratis!

12. Berjalan di sekitar Sungai Thames

Southbank Cantre Food Market

Southbank Cantre Food Market via https://www.southbankcentre.co.uk

Coba berjalan di area The Southbank Centre, karena disini banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari tempat makan, toko souvenir, bahkan pasar buku bisa kalian temukan disini. Bahkan kamu bisa bawa bekal sendiri dan piknik di lobi Roya Festival Hall. Untuk pecinta buku, kalian bisa berkunjung ke Foyles Bookshop atau Southbank Book Market. Jangan ketinggalan untuk mencoba jajanan di Southbank Centre Food Market.

Masih ragu ke London?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya