#WisataFilipina-6 Hal Menarik yang Kamu Temukan Ketika Berlibur ke Filipina

Menilik Kebudayaan dan Keseruan di Filipina

Selain biaya yang murah, banyak hal menarik yang perlu kamu tahu sebelum berlibur ke Filipina. Filipina memiliki pesona tersendiri untuk diexplore dan dikepo-kepoin lebih jauh. Dari seseorang yang pernah menjejakkan kaki langsung di negara dengan sebutan Mutiara Laut dari Orien tersebut. 

Saya terpesona dan jatuh hati dengan budaya Filipina. Banyak keindahan dan sisi menarik yang perlu diungkapkan. Maka bagi kalian yang setelah pandemi ingin mencari destinasi liburan ke negara asing. Kalian dapat mempertimbangkan Filipina.

Advertisement

1. Berwisata Dengan Budaya Spanyol di Asia

Photo by @pdot_indo on Instagram

Photo by @pdot_indo on Instagram via https://www.instagram.com

Bagi sobat SoHip yang ingin merasakan wisata Spanyol di Asia, Filipinalah jawabannya. Yap, sentuhan spanyol dapat kalian rasakan di berbagai sudut kota. Hal tersebut wajar, mengingat negara ini pernah diduduki oleh Spanyol selama tiga abad. Sehingga, terdapat akulturasi budaya yang dapat kita nikmati hingga kini.

Akulturasi budaya tersebut dapat dilihat dari bentuk arsitektur, makanan hingga bahasa memiliki pengaruh dari negeri matador tersebut. Kalian dapat merasakan budaya spanyol ketika berada di Intromuros di Manila, Gereja Paoay di Ilocos Norte, Gereja Santa Maria di Ilocos Sur, Gereja San Agustin di Manila dan Gereja Miagao di Iloilo.

Advertisement

2. Makanan Tradisional Filipina Adobo dan Sisig

Photo by @pdot_indo on Instagram

Photo by @pdot_indo on Instagram via https://www.instagram.com

Apabila SoHip tengah berlibur ke Filipina tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi Adobo dan Sisig. Kedua makanan ini tidak pernah absen dalam perayaan hari besar. Adobo yang memiliki arti mengasinkan dalam bahasa spanyol, diolah dari daging babi atau ayam yang dicampur dengan kecap, garam, bawang putih dan rempah lainnya.

Sisig merupakan masakan olahan dari daging babi atau ayam bisa juga tuna, yang dicincang dan dibumbui dengan bawang bombay, cabai dan calamasi. Bagi SoHip yang tidak mengkonsumsi daging babi, chicken adobo dan chicken sisig dapat menjadi menu santapan makan siang kalian.

3. Jeepney Siap Membawamu Kemanapun

Advertisement
Photo by @pdot_indo on Instagram

Photo by @pdot_indo on Instagram via https://www.instagram.com

Pertama kali datang ke Filipina SoHip akan dikejutkan dengan kendaraan keren bernama Jeepney. Menariknya mobil ini dibuat dari kendaraan militer AS pada Perang Dunia II dan hanya bisa  dijumpai di Filipina.

Jeepney merupakan kendaraan yang sering dipakai warga lokal (kalau di Indonesia seperti bemo atau angkot) dengan merogoh kocek sebesar ₱10-₱50 (Rp. 3.000-15.000) tergantung dengan jarak yang ditempuh, kalian dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat sentosa.

4. Muslim Friendly

Photo by Erwinda Desilika on Pinterest

Photo by Erwinda Desilika on Pinterest via https://pin.it

Walaupun mayoritas penduduk Filipina beragama Katolik, terdapat juga penduduk yang beragama Islam. Di beberapa tempat seperti di Mindanao terdapat sarana mushola untuk beribadah dan masjid besar dengan sebutan The Golden Mosque yang terdapat di Manila. Makanan halal dapat kalian temukan di kota Iligan dimana banyak restoran yang menyajikan masakan halal salah satunya, pater.

Pater merupakan makanan tradisional muslim Mindanao yang terbuat dari nasi kukus dengan suwiran daging ayam, sapi atau ikan yang kemudian, dibalut dengan daun pisang. Harganya murah dan digandrungi oleh warga lokal.

5. Negara Festival

Photo by @pdot_indo on Instagram

Photo by @pdot_indo on Instagram via https://www.instagram.com

Terdapat 42.000 festival besar dan kecil yang diadakan sepanjang tahun. Beragam festival tersebut dapat SoHip nikmati pada saat hari besar keagamaan. Salah satu contoh festival terbesar yang diadakan setiap tahun yaitu festival Sinulog di kota Cebu, festival Kadayawan sa Dabaw di Davao, festival Ati-atihan di kota Kalibo dan masih banyak festival lainnya. 

6. Kalian akan Menemukan Banyak Baliho di Sepanjang Jalan

Photo by SyLicoNgaAko on Twitter

Photo by SyLicoNgaAko on Twitter via https://twitter.com

Kebiasaan orang filipina yang paling unik yaitu pemasangan banner berisi pencapaian beserta foto dan gelar yang telah diterima. Banner tersebut berisi mengenai ucapan selamat kepada anak atau saudara seperti selamat telah menempuh ujian nasional, selamat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, selamat telah lulus dari sebuah universitas dan masih banyak lagi. 

Gimana sudah tertarik belum untuk mengunjungi Filipina? Tentu saja masih banyak hal menarik yang dapat digali saat kalian berkunjung ke Filipina. Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE