#WisataFilipina-7 Aktivitas Rekomendasi Saat Mengunjungi Manila, Kota yang Dijuluki Mutiara dari Timur

Ternyata, Manila Juga Punya Banyak Sisi Unik yang Bisa Dieksplor

Saat merencanakan perjalanan ke Filipina, biasanya yang terlintas di pikiran adalah pantai, diving, atau whalesharks. Beberapa destinasi wisata terkenal seperti Boracay, Cebu, atau Palawan menjadi pilihan utama. Terkadang, kita malah tidak kepikiran untuk mengeksplor ibukota Filipina itu sendiri, Manila. Apalagi, banyak orang bilang Manila hanyalah kota metropolitan biasa yang sebelas duabelas dengan Jakarta. Alias, membosankan! Padahal, ada banyak sisi unik dari Manila yang bisa dieksplor.

Manila sendiri sebenarnya memiliki dua arti. Pertama, Kota Manila yang merupakan ibukota Filipina dan kedua, Daerah Ibu Kota Nasional Metro Manila. Metro Manila merupakan gabungan dari Kota Manila dan beberapa kota di sekitarnya seperti Makati, Quezon City, Pasay, dan Taguig. Ketika berbicara mengenai destinasi wisata, seringkali Manila yang dirujuk adalah Metro Manila.

Kalau aku berkesempatan mengunjungi Filipina, aku akan meluangkan waktu untuk menjelajah kota yang disebut Mutiara dari Timur ini. Nah, berikut adalah beberapa aktivitas yang akan kulakukan saat traveling ke Manila. Simak baik-baik, yuk!

Advertisement

1. Berkeliling Kota Tua Intramuros

Photo by Maya Rivera on Unsplash

Photo by Maya Rivera on Unsplash via https://unsplash.com

Kalau Jakarta punya Kota Tua, Manila punya Intramuros. Kota tua khas Manila yang memiliki arti 'kota dalam dinding' ini luasnya 67 hektar. Cukup luas, ya?

Dalam dinding Intramuros, ada banyak bangunan bersejarah peninggalan kolonial Spanyol. Beberapa yang paling terkenal adalah Fort Santiago, Casa Manila, dan Manila Cathedral. Sambil belajar sejarah Spanyol saat menduduki Filipina, destinasi-destinasi tersebut juga bisa jadi tempat berfoto yang keren karena bentuk bangunannya instagrammable.

Advertisement

Capek saat berkeliling? Nggak usah khawatir! Intramuros menyediakan beberapa pilihan kendaraan untuk melihat-lihat bangunan bersejarah. Mulai dari sepeda bambu, E-Trike, hingga kalesa, delman-nya Filipina.

2. Jelajah Museum Demi Museum

Photo by Eryka Raton and Ruffa Jane Reyes on Unsplash

Photo by Eryka Raton and Ruffa Jane Reyes on Unsplash via https://unsplash.com

Tertarik dengan sejarah dan budaya Filipina? Maka, kamu harus ke museum! Manila memiliki banyak museum yang wajib dikunjungi. Sebut saja National Museum of Natural History, National Museum of Fine Arts, dan Museum of the Filipino People. Ketiga museum ini letaknya berdekatan sehingga kita tak perlu berjalan terlalu jauh untuk mengeksplor semuanya.

Dari ketiga museum tersebut, museum yang paling ingin kukunjungi adalah National Museum of Fine Arts. Sebab di sana ada lukisan Spoliarium, pusaka negara yang dilukis oleh Juan Luna. Nah, kalau ingin ke museum yang berbeda, boleh juga kunjungi The Dessert Museum di Pasay. Di sana, kita bisa berswafoto ria dengan diorama dessert yang eye catching.

Advertisement

3. Ikut Tur Makanan Lezat di Binondo

Photo by Stel on Unsplash

Photo by Stel on Unsplash via https://unsplash.com

Binondo adalah Chinatown tertua di dunia yang didirikan tahun 1594. Tempat ini merupakan bukti sejarah percampuran budaya Cina dan Filipina. Bukan hanya terkenal dengan sejarahnya, Binondo juga dikenal sebagai surga makanan lezat!

Supaya bisa menikmati perpaduan kuliner Cina dan Filipina di Binondo dengan maksimal, kita bisa mengikuti The Big Food Wok Tour. Tur ini akan membawa kita selama 3,5 jam, menyusuri jalanan kecil di Binondo dan menyantap berbagai hidangan lezat seperti lumpia, pancit, siopao, hingga kue hopia. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler!

4. Bercengkerama di Rizal Park

Photo by Willie_527 on Pixabay

Photo by Willie_527 on Pixabay via https://pixabay.com

Warga Manila punya tempat favorit untuk jalan-jalan santai, namanya Rizal Park. Taman terbuka seluas 60 hektar ini terletak di jantung kota Manila. Nggak sekadar jalan-jalan, di Rizal Park kita juga bisa sekalian berwisata sejarah karena tempat ini memang memiliki sejarah yang cukup penting bagi Filipina.

Salah satu landmark penting yang harus dikunjungi ketika mampir ke Rizal Park adalah Monumen Jose Rizal. Monumen ini didirikan untuk menghormati jasa Dr Jose Rizal, pahlawan nasional Filipina.  Di depan monumen, ada tugu kecil bergambar peta Filipina yang merupakan titik nol kilometer Manila.

5. Keliling Kota Naik Jeepney

Photo by gloverbh222 on Pixabay

Photo by gloverbh222 on Pixabay via https://pixabay.com

Saat ingin melihat seluruh sudut kota Manila tapi tak ingin lelah, naik Jeepney adalah jawabannya. Jeepney merupakan transportasi masyarakat Filipina yang berbentuk seperti mobil Jeep. Namun di mobil Jeep yang memiliki corak unik ini, kita harus duduk berhadapan dengan saling menyentuh lutut. Itulah mengapa transportasi ini dinamai Jeepney yang berasal dari kata bahasa Inggris Jeep (mobil Jeep) dan knee (lutut).

Umumnya Jeepney bisa dinaiki dari mana saja, tidak ada tempat pemberhentian khusus kecuali di beberapa tempat tertentu. Sebelum naik, pastikan untuk mengetahui rute Jeepney supaya tidak tersasar, ya. Setelah itu, silakan nikmati perjalanan bersama angin sepoi-sepoi dari sisi Jeepney!

6. Belanja di Mall

Photo by Peter Duque on Unsplash

Photo by Peter Duque on Unsplash via https://unsplash.com

Liburan itu tidak afdal kalau tak belanja. Tenang saja, di Manila, kita nggak akan pernah ketinggalan belanja. Sebab, ada banyak pusat perbelanjaan besar di ibukota Filipina ini.

Dari sekian banyaknya mal di Manila, ada satu mal yang menjadi destinasi belanja impianku yaitu Venice Grand Canal Mall di Taguig. Berbeda dengan mal lainnya, mal ini mengusung gaya kota Venesia, lengkap dengan kanal dan gondola. Jadi serasa belanja di Venesia, deh!

7. Menikmati Sunset di Manila Bay

Photo by TheDigitalWay on Pixabay

Photo by TheDigitalWay on Pixabay via https://pixabay.com

Saat hari hampir berakhir, cara yang paling tepat untuk menutupnya adalah dengan menyaksikan matahari terbenam. Di Manila, kita bisa menikmati matahari terbenam di Manila Bay. Untuk melihat sunset di Manila Bay, kita hanya perlu berjalan di sepanjang jalan Roxas Boulevard.

Asyiknya lagi, Roxas Boulevard juga menawarkan destinasi wisata menarik lain untuk dikunjungi seperti monumen Rajah Sulayman dan Gereja Malate. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, nih! Nah, itu dia beberapa aktivitas yang akan kulakukan saat liburan di Manila. Kalau kamu liburan di Manila, mau ngapain aja, nih?

Oh, ya. Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka kucing.

CLOSE