#WisataFilipina-Daya Tarik Magis Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Kunjungi sungai bawah tanah yang unik di Palawan, Filipina, yuk!

Sungai di atas tanah sudah biasa, tetapi sungai bawah tanah? Hmm, memangnya ada?

Tentu saja ada. Salah satunya ada di Palawan, Filipina. Sebagai negara dengan ribuan pulau, Filipina selalu menawarkan keindahan alam yang terjaga keasliannya. Negara tersebut kaya akan destinasi wisata alam yang indah. Tak terkecuali Puerto Princesa Subterranean River yang terletak di kawasan Sabang, sekitar 80 kilometer dari pusat kota Puerto Princesa, ibukota Palawan.

Destinasi ini memang nggak boleh dilewatkan untuk dikunjungi, baik oleh pecinta alam atau penggemar wisata anti mainstream. Sebab, sungai bawah tanah ini memang berbeda dari sungai-sungai lainnya. Tak hanya keunikan lokasinya yang berada di bawah tanah, Puerto Princesa Subterranean River juga memiliki daya tarik lain yang membuatnya wajib dikunjungi ketika liburan ke Filipina, loh. Apa saja?

Advertisement

1. Sungai Bawah Tanah Terpanjang di Dunia

Photo by David Milmont on Unsplash

Photo by David Milmont on Unsplash via https://unsplash.com

Puerto Princesa Subterranean River meliuk sepanjang 8,2 kilometer, membuat sungai bawah tanah ini dinobatkan sebagai sungai bawah tanah terpanjang di dunia. Berbeda dengan sungai bawah tanah lainnya, sungai ini mengalir langsung ke Laut Cina Selatan.

Saat berkunjung ke sungai bawah tanah Puerto Princesa, kita akan naik perahu kecil dan didampingi oleh pemandu. Namun, sayangnya kita tidak dapat mengeksplor keseluruhan sungai. Hanya sekitar 4 kilometer panjang sungai yang bisa ditempuh pengunjung. Sebab jika semakin jauh, kapal tidak bisa masuk dan oksigen semakin berkurang.

Advertisement

2. Stalaktit dan Stalagmit yang Memukau

Photo by Guide to the Philippines

Photo by Guide to the Philippines via https://guidetothephilippines.ph

Puerto Princesa Subterranean River terletak di bawah Pegunungan Saint Paul. Untuk mengeksplor area sungai, kita harus memasuki kubah gua yang berukuran sekitar 300 meter. Begitu masuk ke area gua, pengunjung akan disuguhi pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menggantung dengan indah di langit-langit gua. Beberapa stalaktit dan stalagmit bahkan memiliki bentuk unik yang dapat membuat kita berdecak kagum ketika melihatnya.

3. Sungai Bertingkat Penuh Kejutan

Photo by La Venta Esplorazioni Geografiche

Photo by La Venta Esplorazioni Geografiche via https://www.laventa.it

Bukan sembarang sungai, ternyata Puerto Princesa Subterranean River juga memiliki air terjun di dalamnya. Peneliti menemukan bahwa sungai bawah tanah Puerto Princesa merupakan sungai bertingkat dengan air terjun, lubang air yang dalam, cabang sungai, dan formasi bebatuan yang memukau.

4. Habitat bagi Beragam Ekosistem

Advertisement
Photo by La Venta Esplorazioni Geografiche

Photo by La Venta Esplorazioni Geografiche via https://www.laventa.it

Secara keseluruhan, Puerto Princesa Subterranean River merupakan taman nasional yang dihuni oleh beragam flora dan fauna. Ada sekitar 800 spesies tumbuhan, 196 burung, 30 mamalia, 19 reptil, dan 8 spesies kelelawar yang menghuni area sungai bawah tanah Puerto Princesa.

Kekayaan flora dan fauna yang dimiliki tersebut juga bisa dilihat oleh pengunjung, loh. Sejak dalam perjalanan hingga tiba di sungai, kita dapat melihat monyet, burung, dan kelelawar. Saking banyaknya kelelawar, pemandu bahkan menganjurkan untuk tidak membuka mulut dan menengadah ke atas karena takut terkena kotoran kelelawar!

5. 7 Keajaiban Dunia dan Situs Warisan Dunia UNESCO

Photo by Ron Van Oers on UNESCO

Photo by Ron Van Oers on UNESCO via https://whc.unesco.org

Keunikan Puerto Princesa Subterranean Rivermembuat UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia yang harus dilindungi pada tahun 1999. Bertahun-tahun setelahnya, New7Wonders juga menetapkan sungai bawah tanah yang menakjubkan ini sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Keren sekali, ya?

Kelihatan seru sekali, bukan? Belum pergi saja aku sudah bisa membayangkan keindahan dan keseruan yang akan dijalani ketika berwisata ke sana. Jadi nggak sabar untuk cepat-cepat melancong ke Puerto Princesa Subterranean River!

Ngomong-ngomong, penasaran nggak aku dapat informasi tentang Puerto Princesa Subterranean River? Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka kucing.

CLOSE