#WisataFilipina-Kalau Kamu Adalah Muslim Traveller, Jangan Ragu Lagi Untuk Berlibur ke Filipina

Karena Filipina Ternyata Muslim Friendly

Apakah kamu Muslim Traveller yang ingin berwisata ke luar negeri? Kalau iya, pasti dilema pertama yang terlintas di benakmu ialah tentang ketersediaan fasilitas muslim di negara tujuan. Mulai dari tempat ibadah, makanan halal, hingga perlakuan masyarakat setempat terhadap muslim, semuanya tentu harus kamu pertimbangkan. Apalagi jika destinasi wisata kamu bukan negara yang beragama mayoritas islam.

Di kawasan ASEAN saja, hanya Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam lho yang penduduknya kebanyakan muslim. Padahal, negara-negara lain di Asia Tenggara juga sangat menarik untuk dijelajahi. Negara non-muslim pertama yang paling recomended untuk kamu kunjungi adalah Filipina.

Mengapa Filipina? Because, it's more fun in the Philippines!

Filipina sama seperti Indonesia yang memiliki kearifan lokal yang luarbiasa. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga wisata alam, Filipina menawarkan destinasi-destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Negara ini berasal dari gabungan banyak kultur sehingga tidak heran apabila memiliki budaya yang tidak kalah beragam dari Indonesia. Bahkan, Filipina juga terdiri dari banyak pulau sehingga memiliki keindahan alam yang menyejukkan mata dan beberapa di antaranya telah diakui dunia. Namun yang terpenting, negara ini menjadi destinasi yang aman bagi para wisatawan muslim, alias muslim friendly.

But, apa yang dapat membuktikan kalau Filipina adalah negara yang ramah muslim?

Advertisement

1. Beberapa Daerah Siap Menjadi Destinasi Wisata Halalmu

Photo by Hand Luggage Only

Photo by Hand Luggage Only via https://handluggageonly.co.uk

Jika kamu wisatawan muslim yang ingin travelling ke Filipina, kamu dapat memulai dengan daerah yang telah dikembangkan menjadi destinasi wisata halal, seperti Kota Manila, Davao, Cebu, dan Boracay. Atau, kamu juga bisa mengunjungi kota Angeles yang cocok untuk wisata sejarah.

Philippines Department of Tourism (PDOT) telah menyediakan fasilitas muslim di daerah-daerah ini. Jangan khawatir lagi, karena kamu pasti akan merasa nyaman selama berlibur di Filipina.

Advertisement

Sekarang mulailah perjalananmu. Sudah pernah menyaksikan kekayaan budaya di Fiesta Filipinas? Selanjutnya sangat seru melihat berbagai artefak di the National Museum of Anthropology di Manila. Davao juga bisa menjadi tujuan wisata pertamamu, karena selain menjadi pusat destinasi ramah muslim di Filipina, kota ini menawarkan keindahan alam seperti Gunung Apo yang puncaknya akan memperlihatkan panaroma indah. Ingin wisata air?

Langsung saja menuju Pulau Taman Samal. Kamu akan dimanjakan dengan keasyikan ber-snorkling, menyelam, serta eksplorasi keindahan alam seantero pulau. Tetapi setelah berkunjung ke Davao, jangan lupa mampir ke Bohol untuk melihat Chocolate Hills yang eksotis dan keimutan Tarsius. 

2. Katanya, Ada Lebih dari 2000 Masjid Untuk Ibadah Shalat Wajibmu

Advertisement
Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://id.pinterest.com

Kamu tidak perlu khawatir tentang ketersediaan tempat ibadah di Filipina. Walaupun jumlah penduduk muslim di negara ini hanya berkisar antara 5-10%, ternyata masjid tersebar di mana-mana, khususnya di daerah yang menjadi destinasi wisata halal. Bahkan, masjid-masjid ini juga menjadi objek wisata. Di Manila kamu akan dibuat takjub oleh The Golden Mosque (Masjid Al-Dahab) yang memiliki kubah emas.

Ada juga masjid yang begitu ikonik karena dicat berwarna merah muda, yaitu Masjid Dimaukom yang terletak di Kota Datu Saudi Ampatuan. Atau mungkin, kamu ingin merasakan shalat di Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Masjid ini terletak di Kota Cotabato dan merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Indonesia.

Tetapi, bukan hanya orang muslim saja lho yang mengunjungi masjid-masjid ini. Para wisatawan non-muslim juga tertarik dengan nilai sejarah, religi, dan keindahannya.

3. Kamu Lapar? Jangan khawatir, Ada Banyak Restoran Halal Untukmu

Photo by  Travis Lewallen, Rehan Nawaz, Samuel Rosales, dan Al-Dimashqi Halal Restaurant on Google

Photo by Travis Lewallen, Rehan Nawaz, Samuel Rosales, dan Al-Dimashqi Halal Restaurant on Google via https://g.co

Wisatawan muslim juga tidak perlu merisaukan masalah ketersediaan makanan halal di Filipina. Saat ini, rumah makan yang menyajikan makanan halal sudah tidak sulit lagi ditemukan. Selain restoran khusus makanan halal, kebanyakan rumah makan umum di Filipina juga dilengkapi dengan menu yang aman, sehingga urusan perut kamu dijamin beres.

Uniknya lagi, restoran halal di Filipina biasanya menyajikan hidangan yang bercorak Indonesia, India, dan Timur Tengah, karena kebanyakan turis muslim berasal dari daerah-daerah ini.

Di Manila, Restoran The Halal Guys akan menawarkan kamu berbagai macam olahan daging. Namun jika kamu suka makanan Timur Tengah, tidak ada ruginya pergi menikmati kuliner di Restoran Persia Grill, Moud Halal, Gilak by Hossein, Al-Dimashqi, dan Shawarma Snack Center. Kamu rindu makanan Indonesia?

Jangan lupa mengunjungi Warung Sa Kapitolyo dan Warung Indo yang juga terletak di Manila. Kedua restoran ini akan menyajikanmu menu Indonesia yang sudah pasti halal. Kamu sedang wisata di Cebu? Ama’s Choice Halal Foods dapat menjadi restoran yang pas untukmu. Tetapi kalau kamu lagi berwisata di Cotabato, Restoran Halal Tambilawan Kamayan adalah rumah makan yang recomended. Kamu tidak perlu ragu karena restoran-restoran ini tentunya telah disertifikasi halal. Kehalalannya tidak sekadar dinilai dari segi kandungan bahan makanan, melainkan juga dari proses pengolahan hingga cara penyajian.

4. Bukan hanya Makanan Indonesia dan Timur Tengah saja, lho! Filipina Sendiri Juga Punya Kuliner Tradisional yang Halal

Photo by Panlasang Pinoy on Pinterest

Photo by Panlasang Pinoy on Pinterest via https://pin.it

Ada banyak restoran yang juga menyajikan makanan halal khas Filipina seperti chicken adobo, kinilaw, dan pancit canton. Selain itu, Filipina juga memiliki kuliner tradisional halal lainnya, mulai dari inasal yang terbuat dari bahan dasar ayam, olahan sapi seperti kare-kare dan bulalo, hingga taba ng talangka; makanan khas Filipina yang terbuat dari kepiting dan telur asin.

Oh ya, jika kamu tiba-tiba rindu bubur ayam Indonesia, ada bubur khas Filipina atau Arroz Caldo yang bisa kamu sajikan dengan telur rebus dan saus ikan. Makanan-makanan berat khas Filipina ini akan memanjakan lidahmu dan tentunya halal untuk dikonsumsi.

5. Ada Cemilan Street Food Halal yang akan Membuat Jalan-Jalanmu Makin Seru

Photo by One Green Planet, Ang Sarap, dan Chef Denise on Pinterest

Photo by One Green Planet, Ang Sarap, dan Chef Denise on Pinterest via https://id.pinterest.com

Terkadang sangat asyik berjalan-jalan menikmati objek wisata sambil menyantap cemilan. Apalagi, saat travelling rasanya kurang lengkap jika tidak berburu Street Food. Nah, di Filipina ini kamu juga bisa menemukan banyak cemilan manis dan makanan pinggir jalan, lho! Ada berbagai cemilan halal yang bisa kamu nikmati.

Mulai dari Street Food gurih seperti proben (sate daging ayam yang digoreng dengan menggunakan tepung terigu), banana cue yang manis, kue lapis khas Filipina bernama sapin-sapin, kolak Filipina alias binignit, hingga es campur versi Filipina yang dinamakan halo-halo. Bahkan ada cemilan anti mainstream seperti kamaro, jangkrik goreng yang dibumbui dengan saus kedelai, garam, dan merica.

6. Juga Tersedia Penginapan yang Bersertifikat Halal. Muslim Friendly banget, kan?

Photo by JM Vitanzo Francisco on Unsplash

Photo by JM Vitanzo Francisco on Unsplash via https://unsplash.com

Tentunya saat mencari penginapan, kamu akan memilih hotel yang muslim friendly. Tenang saja karena di Filipina telah tersebar banyak hotel bersertifikat halal di berbagai kota yang menjadi tujuan wisata.

Hotel-hotel ini akan memberi kamu fasilitas muslim seperti petunjuk masjid terdekat, pengingat waktu salat, hingga restoran hotel yang menyajikan makanan halal. Di antara hotel yang telah mendapat sertifikat halal tersebut yaitu Manila Hotel, Manila Shangri-La, dan Dusit Tani Hotel.

7. Makin Muslim Friendly dengan Penduduk yang Bertoleransi

Photo by Philstar

Photo by Philstar via https://www.philstar.com

Toleransi di Filipina tampak dari kehidupan beragama yang saling berdampingan satu sama lain. Kamu sebagai seorang muslim tidak perlu khawatir akan mendapat intimidasi, karena warga setempat sangat menghormati tamu.

Filipina telah menanamkan toleransi dengan cara memberi berbagai fasilitas muslim friendly bagi para wisatawan yang beragama Islam. Selain itu, salah satu bukti toleransi di Filipina ialah ditetapkannya tanggal 1 Februari sebagai hari Hijab Nasional. Nah, itulah bukti-bukti mengapa Filipina layak dikatakan sebagai negara muslim friendly.

Jadi, kamu yang ingin ataupun masih sekadar bermimpi liburan ke Filipina, saat ini tidak perlu khawatir lagi. Setelah pandemi berakhir bukan tidak mungkin apabila kamu yang mendapat kesempatan berwisata ke Filipina untuk membuktikan sendiri betapa ramahnya negara ini terhadap orang Islam.

Oh, ya! Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Alauddin Makassar

CLOSE