#WisataFilipina-Mengenal Tari Sarimanok yang Melegenda dan Menjadi Kebanggaan Negara Filipina

Tari Sarimanok yang sudah melegenda dan menjadi kebanggaan bangsa Filipina

Rugi rasanya jika kita liburan ke suatu negara, dan kita tidak mengetahui budaya dari negara tersebut. Budaya menjadi identitas suatu bangsa yang harus kita kenali dan dipelajari agar memberikan pengetahuan kepada kita.

Budaya menjadi nilai luhur dan kearifan lokal yang dimiliki oleh suatu bangsa secara turun-temurun. Budaya mempunyai beragam jenis, salah satunya adalah seni tari tradisional. Seni tari menjadi pertunjukan yang menarik dan mempunyai filosofinya sendiri.

Contonya adalah Tari Sarimanok dari Filipina. Tari ini sudah melegenda dan menjadi kebanggaan negara Filipina. Makanya, traveling ke Filipina menjadi salah satu impian aku agar dapat lebih mengenal budayanya, terutama melihat langsung pertunjukan Tari Sarimanok. SoHip, ini nih beberapa hal menarik tentang tari tersebut yang perlu kita ketahui.

Advertisement

1. Tari Sarimanok adalah warisan budaya Suku Maranao

Tari Sarimanok merupakan seni tari tradisional warisan budaya dari Suku Maranao. Suku ini adalah suku asli dari Filipina selatan yang bermukim di wilayah pesisir Danau Lanao, Provinsi Lanao del Sur, di Pulau Mindanao.

Suku Maranao adalah salah satu suku di pulau ini yang beragama Islam dan telah memiliki budaya dan keseniannya sendiri sebelum bangsa Spanyol datang dan menjajah Filipina. Nama “Maranao” mempunyai arti “orang danau.”

Advertisement

2. Kostum dan gerakan Tari Sarimanok terinspirasi dari seekor burung

Gerakan Tari Sarimanok digambarkan seperti seekor burung yang menari-nari dengan lincahnya. Ia memperlihatkan bulu-bulu sayap dan ekor yang cantik dan berwarna-warni. Kepalanya dihiasi dengan banyak motif gulir, daun, dan spiral sebagai simbol keberuntungan.

Menurut tradisi, Tari Sarimanok tidak pernah ditampilkan sendiri, tetapi berkelompok dengan banyak penari. Tari ini juga harus ditampilkan dengan set bendera, standar, dan vexilloids

Para penari Tari Sarimanok memakai kostum yang indah dan unik. Kostumnya juga terinspirasi dari bulu-bulu burung Sarimanok yang berwarna-warni. Mereka menari berlenggak-lenggok dengan menampilkan gerakan yang serasi dan seirama. 

Advertisement

3. Nama Tari Sarimanok diambil dari nama burung

Ilustrasi Burung Sarimanok

Ilustrasi Burung Sarimanok via http://www.salindila.wordpress.com

Seperti disebutkan tadi bahwa kostum dan gerakan Tari Sarimanok digambarkan seperti seekor burung. Dan, memang benar, nama tari ini diambil dari nama seekor burung. Burung ini adalah burung legendaris dari Suku Maranao yang menjadi simbol kesenian mereka, yaitu burung Sarimanok. Sarimanok terdiri dari dua kata, yaitu “sari” dan “manok.” “Sari” berarti kain atau pakaian dan manok berarti “burung”.

Burung ini adalah burung yang sangat cantik dengan sayap dan ekor yang berwarna-warni. Kepalanya berbentuk seperti kepala burung Hudhud dari Kalimantan dan ada juga yang menyebutnya seperti burung Totem Suku Maranao yang mempunyai banyak motif gulungan, daun, dan spiral di kepalanya.

4. Burung Sarimanok berasal dari cerita legenda

Ada juga yang menyebutkan bahwa burung Sarimanok berasal dari sebuah legenda. Legenda itu menceritakan tentang seorang pangeran yang bernama Indarapatra yang jatuh cinta kepada Dewi Bulan yang datang ke bumi setiap hari Jumat untuk mandi dengan air wangi.

Tapi, Pangeran Indarapatra tahu bahwa mereka tidak bisa bersama, karena Dewi Bulan bukan berasal dari bumi. Kemudian suatu hari ketika ia sedang mengukir sebuah burung jantan yang terbuat dari kayu, ia kemudian menantang ukirannya untuk membawanya ke bulan.

Ukiran burung dengan bulu yang indah menjadi hidup dan menerbangkan sang pangeran ke bulan bersama kekasihnya, Dewi Bulan. Semenjak itu, ia tidak pernah terlihat lagi di bumi.

5. Tarian kebanggaan negara Filipina

Dulu, Tari Sarimanok hanya digunakan dalam sebuah ritual. Tapi, Sekarang tari ini semakin berkembang dan telah dipertunjukkan ke seluruh negeri Filipina dan menjadi salah satu seni tari kebanggaan negara Filipina.

Selain dipertunjukkan dalam festival Sarimanok, tari ini juga pernah dijadikan tari upacara pembukaan event olahraga se-Asia Tenggara yang ke-30, yaitu SEA Games 2019.

Nah, SoHip, itulah hal-hal menarik tentang Tari Sarimanok. Salah satu tari tradisional yang sudah melegenda dan menjadi kebanggaan negara Filipina.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini.

Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina.

It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang backpacker yang ingin keliling Indonesia by motorbiking

CLOSE