#WisataFilipina –Yuk Kenalan Sama Tarsius, Si Kecil Menggemaskan yang Menjadi Daya Tarik Wisata Filipina

Primata mungil Filipina~

Dengan wisata alam lautnya yang mempesona, pantas banget jika Filipina dijuluki sebagai Mutiara Laut dari Orien. Mulai dari Boracay, Cebu hingga Siargao dan wisata alam lainnya yang nggak kalah epiknya, menjadi bukti bahwa Filipina patut untuk menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Bagi kamu yang sudah menjadikan Filipina sebagai list tempat berlibur yang bakal kamu datangi, sudah selayaknya kamu juga memasukkan Tarsius sebagai salah satu obyek yang kudu kamu temui.

Sebelum itu, perlu kamu ketahui apa itu Tarsius? Si primata kecil yang habitat aslinya berada di Filipina. Apalagi saat kamu berniat untuk pergi ke Kepulauan Bohol, sangat disarankan banget untukmu mampir dan bertemu dengan Tarsius. Bentuk dan penampilannya yang sungguh mungil dan menggemaskan bakal membuat kamu merasa tertarik saat melihatnya. Ini dia beberapa hal yang setidaknya perlu kamu ketahui tentang Tarsius.

Advertisement

1. Namanya Tarsier, salah satu primata terkecil di dunia

Photo by @officialtimyap on Instagram

Photo by @officialtimyap on Instagram via https://www.instagram.com

Apakah kamu bisa membayangkan terdapat satu jenis hewan primata yang ukurannya hanya sekepalan tangan manusia? Jika kamu belum pernah menemukannya, maka waktu yang tepat untukmu berkenalan dengan Tarsier alias Tarsius. Hewan mungil yang satu ini memiliki panjang badan sekitar 3-6 inci dengan berat sekitar 60-80 gram. Itulah mengapa Tarsier dinobatkan menjadi salah satu primata terkecil di dunia.

Bentuk gambaran tubuhnya yang hampir mirip seperti monyet versi ukuran kecil dengan mata bulat besar seperti miliknya burung hantu, Tarsius terlihat mungil dan menggemaskan. Selain berada di Filipina, sebenarnya Tarsius juga memiliki habitat lain dikawasan Asia Tenggara, seperti misalnya di Sulawesi Indonesia. Bedanya, Tarsius yang hidup di Filipina masuk dalam kategori spesies Carlito Syrichta.

Advertisement

2. Si kecil menggemaskan yang terancam punah

Photo by @zcesty on Instagram

Photo by @zcesty on Instagram via https://www.instagram.com

Selain disebut sebagai hewan endemik Filipina, Carlito Syrichta alias Tarsius juga harus menghadapi kenyataan bahwa hewan lucu ini dinobatkan menjadi hewan langka yang keberadaannya terancam punah. Tingkat kematian bayi yang tinggi, kerasnya bertahan hidup di alam liar, hingga ekspoitasi illegal yang dilakukan oleh aktivitas manusia, membuat Tarsius semakin langka.

Hal ini mendorong pemerintah Filipina mengeluarkan peraturan khusus mengenai perlindungan Tarsius sebagai satwa langka yang harus dilindungi. Lebih lanjut lagi, hewan pemakan serangga yang aktif berburu dimalam hari ini masuk dalam Apendiks II sebagai spesies hampir terancam.

3. Tarsius bisa kamu temukan saat berkunjung ke Bohol, loh!

Photo by @myshaa_30 on Instagram

Photo by @myshaa_30 on Instagram via https://www.instagram.com

Saat kamu berkunjung ke Kepulauan Bohol yang pemandangan alamnya sungguh menakjubkan itu, nggak afdol kalau kamu nggak mampir dan bertemu langsung dengan si kecil menggemaskan ini. Tarsius bisa kamu temui dengan berkunjung ke Taman Margasatwa Tarsius dan Hewan liar Filipina di Corella. Disana kamu bisa melihat secara langsung semenggemaskan apa Tarsius yang berada dihabitat aslinya.

Advertisement

4. Jangan lupa mampir ke Aproniana Gift Shop, tempat untuk membeli boneka lucu Tarsius

Photo by @apronianagiftshop on Instagram

Photo by @apronianagiftshop on Instagram via https://www.instagram.com

Aproniana merupakan tempat penjualan souvenir yang berada di Pulau Bohol. Layaknya seperti pusat oleh-oleh mulai dari jajanan hingga barang-barang khas tempat wisata, Aproniana menjadi tempat rekomendasi untuk kamu yang nggak mau melewatkan berburu untuk membawa pulang souvenir khas Pulau Bohol, termasuk barang-barang atau pernak-pernik berbentuk Tarsius.

Sayang banget jika kamu yang sudah berwisata ke Filipina, khususnya ke Pulau Bohol dan sudah bertemu langsung dengan Tarsius tapi kamu tidak membawa pulang souvenir khas Tarsius yang lucu itu. Jangan sampai kelewatan, ya!

5. Bisa banget intip pesona destinasi liburan Filipina lewat website PDOT Indonesia

Photo by @pdot_indonesia on Instagram

Photo by @pdot_indonesia on Instagram via https://www.instagram.com

Filipina menjadi salah satu tempat favorit warga Indonesia untuk menghabiskan waktu liburannya. Selain karena cukup dekat secara geografis, Filipina dengan segala pesona keindahannya nggak bisa dipungkiri. Tunggu apalagi? Yuk jadikan Filipina sebagai salah satu daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi dan bisa bertemu langsung dengan Tarsius, si kecil yang lucu nan menggemaskan. Pasti seru banget!

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Abadi meski berlalu.

CLOSE