Wujud Uang Indonesia dari Masa ke Masa, Ternyata Ada Banyak Banget!

Indonesia punya sejarah mata uang yang panjang sejak zaman kerajaan.

Mata uang Indonesia memiliki sejarah panjang dari zaman kerajaan hingga reformasi. Tidak hanya bentuknya, nominalnya pun mengalami perubahan. Selain itu, nama Rupiah juga ada sejarahnya sendiri, lho. Rupiah berasal dari bahasa Sansekerta, rupyakam yang berarti “perak”.

Sumber lain mengatakan bahwa Rupiah berasal dari bahasa Mongolia, rupia yang memiliki arti “perak”. Wah, ternyata kedua maknanya sam, ya! Sejak saat itu, Nusantara mengenal “rupiah” sebagai alat pertukaran. Berikut ini adalah mata uang Indonesia dari masa ke masa.

Advertisement

1. Era Nusantara Tahun 800-1600

Uang Gobog Wayang era Kerajaan Majapahit.

Uang Gobog Wayang era Kerajaan Majapahit. via https://www.bicara.co.id

Mata uang di atas merupakan mata uang Gobog Wayang yang diproduksi oleh Kerajaan Majapahit. Beberapa kerajaan di Nusantara memiliki mata uangnya sendiri-sendiri. Saat itu, perdagangan dilakukan dengan koin emas, karena koin emas memiliki nilai yang sama meski mata uangnya berbeda-beda. 

2. Era Kolonial VOC 1800-1942

Colonial Gulden.

Colonial Gulden. via http://pexels.com

Mata uang gulden digunakan saat era kolonial Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC)  yang berasal dari Belanda. Koin dan uang kertas Gulden baru ada sekitar tahun 1800-an. 

3. Era Penjajahan Jepang 1942-1945

Mata uang Jepang era penjajahan Indonesia.

Mata uang Jepang era penjajahan Indonesia. via http://bicara.co.id

Mata uang Jepang di Indonesia bukan Yen, lho. Nama mata uang itu adalah De Japansche Regeering. Sehingga Gulden sudah digantikan dengan uang tersebut. 

4. Era Kolonial Belanda NICA

Mata uang belanda era NICA.

Mata uang belanda era NICA. via http://bicara.co.id

Meski Jepang masih menjajah, saat itu Belanda masih terus ambil kendali Indonesia. Kemudian mereka menerbitkan uang NICA (Nederlandsch Indische Civiele Administratie). Mata uang itu dianggap ilegal pada 1945 dan tidak digunakan lagi. 

5. Era Kemerdekaan Indonesia

Rupiah Indonesia dari pergantian ORI.

Rupiah Indonesia dari pergantian ORI. via http://bicara.co.id

Pada 1945 era kemerdekaan, Indonesia menerbitkan mata uang ORI dari Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia). Mata uang tersebut merupakan alat pembayaran sah yang berlaku di Indonesia. Kemudian pada 1949, uang tersebut digantikan oleh Rupiah yang berlaku hingga sekarang. 

Advertisement

6. Indonesia Tahun 1992-1999

Rupiah saat kepemimpinan Soeharto.

Rupiah saat kepemimpinan Soeharto. via http://bicara.co.id

Mata uang Rupiah tidak mengalami perubahan. Kecuali inflasi yang masih dialami. Inflasi dalam mata uang sangatlah wajar. Rupiah juga sering mengalami pergantian desain mata uang. 

7. Mata Uang Indonesia Saat Ini

Rupiah saat ini.

Rupiah saat ini. via http://pixabay.com

Itulah Rupiah yang berlaku sekarang. Beberapa desainnya berbeda dari masa ke masa selepas kemerdekaan Indonesia. Bahkan saat ini juga ada beberapa tambahan uang koin nominal seribu. Hmmm, rasanya ingin banget ambil uang yang ada di gambar. Lumayan bisa buat beli skin care hehehe~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

someone who likes to read and cat.

CLOSE