Fans tentu sangat mengenal sosok Yoon Doo Joon—leader ex-Beast. Pesona Doo Joon sejak pertama kali debut pada 2009 tak pernah luntur. Justru semakin matang dan seksi. Boleh dibilang Doo Joon merupakan leader idaman karena mampu membawa Beast keluar dari masa-masa sulit. B2utie—sebutan bagi fans Beast—tentu masih ingat saat Beast menghadapi masalah dengan mantan agensinya—Cube Entertainment. Pada 2016, Beast memutuskan untuk hengkang dari Cube Entertainment, kecuali Jang Hyun Seung yang memilih bertahan dan bersolo karir.

Beast melanjutkan karirnya di belantika musik hanya dengan 5 member saja yakni Yoon Doo Joon, Yong Jun Hyung, Lee Ki Kwang, Jang Yo Seob, dan Son Dong Won. Kelima member itu mengusung nama baru—Highlight. Sejak 2017 mereka resmi mendirikan agensi independen yakni Around Us Entertainment. Mereka tak bisa lagi memakai nama Beast karena nama itu berada di bawah hak cipta Cube Entertainment. Semula terasa sedikit aneh dan ada yang hilang karena ketiadaan Hyun Seung. Wajar saja karena Beast sudah bertahan sebagai grup selama 7 tahun dengan 6 member. Keputusan Hyun Seung untuk pergi menjadi tantangan besar bagi Doo Joon untuk membawa Highlight bersinar.

Memperkenalkan grup dengan nama baru membuat Doo Joon memulai ulang perjalanan dari awal. Disinilah nilai lebih dari seorang Yoon Doo Joon sebagai seorang leader. Dia bertindak sebagai penyelamat agar grupnya tidak terlalu lama terpuruk. Dia berhasil menyembuhkan luka setiap member dan segera bangkit. Hasilnya sangat mengagumkan. Doo Joon dan member lain tampil sempurna ke layar kaca dan memperkenalkan diri sebagai grup baru dengan nama Highlight.

Highlight tak butuh waktu lama untuk mengambil hati fans maupun netizen. Mereka memberikan suguhan yang berkualitas di setiap penampilan. Selera musik dan gaya panggung yang mereka berikan sangat memukau. Single yang diluncurkan sukses meraih polling tertinggi di acara musik ternama. Bagi yang belum mengenal sosok Yoon Doo Joon coba deh baca sekilas sepenggal cerita mengenai sang leader ini.

1. Tampan, berjiwa pemimpin, dan hangat, Yoon Doo Joon citra leader idaman

Yoon Doo Joon, leader Highlight

Yoon Doo Joon, leader Highlight via https://www.soompi.com

Tidak mudah bertahan di industri musik Korea Selatan bagi grup yang meninggalkan masalah. Biasanya stasiun televisi enggan mengundang grup yang tersandung kasus dengan agensinya. Tapi hal itu tidak terjadi pada Highlight. Mereka diterima dengan sangat baik oleh para pelaku industri musik, fans, dan netizen. Highlight membuktikan bahwa mereka mampu berdiri di atas kaki sendiri. Keberanian itu tentu saja karena mereka memiliki anggota yang bertalenta. Juga leader yang sanggup membawa anggotanya menemukan kepercayaan diri lagi.

Highlight tampil di acara-acara televisi seperti M CountDown, Music Bank, Show! Music Core, Weekly Idol, dan Yoo He Yeol’s Sketchbook. Mereka muncul dengan warna dan semangat baru. Keberhasilan mereka menata ulang kejayaan patut diacungi jempol. Peran Doo Joon sebagai leader sangat penting bagi Highlight. Pria kelahiran 4 Juli 1989 itu memiliki jiwa pemimpin luar biasa. Dia benar-benar memberikan seluruh energinya bagi Highlight. Tak pernah sekalipun dia tampak lesu atau bosan saat berada di layar kaca. Kepribadian seperti itu tentu saja memberikan suntikan spirit yang positif bagi member lain.

Advertisement

Setiap kali tampil di televisi baik dalam acara musik, wawancara, atau variety show, Doo Joon tak pernah berusaha mendominasi. Dia juga jarang bertingkah atau berpenampilan nyeleneh hanya untuk menarik perhatian fans maupun netizen. Dia memberikan kesempatan pada member lain untuk sama-sama bersinar. Dia tidak ingin bersinar sendiri. Dia menahan diri agar teman-temannya juga bersinar.

Bisa saja dia memilih bersolo karir atau fokus pada dunia barunya sebagai aktor. Tetapi pria bergelar sarjana broadcasting dari Universitas Dongshin itu memilih berjuang bersama keempat member ex-Beast di dunia tarik suara yang telah membesarkan nama mereka.

Sulit membayangkan Highlight bertahan tanpa Doo Joon. Hubungannya dengan empat member lain sudah seperti keluarga. Dia merupakan sosok yang dicintai senior serta juniornya. Dia humble pada juniornya. Sedangkan pada seniornya dia akrab dan hormat. Hampir tak ada selebritas yang memiliki hubungan tidak baik dengan Yoon Doo Joon. Matanya selalu berbinar dan memancarkan aura positif bagi sekelilingnya. Sosoknya yang easy going bahkan membuat juniornya terkesima.

Advertisement

Doo Joon tak segan memberikan semangat pada grup rookie Victon di akun instagram pribadinya. Perhatian kecil seperti itu tentu sangat berarti bagi grup rookie. Jadi tidak heran kalau Doo Joon dicintai oleh juniornya.

2. Jati diri Highlight yang susah dihilangkan, akan ada yang kurang kalau Doo Joon hilang dari grup Highlight

Yoon Doo Joon bersuara seksi

Yoon Doo Joon bersuara seksi via https://www.soompi.com

Bicara soal kualitas vokal, suara Doo Joon memang kalah saing dibandingkan dengan Yo Seob yang mampu menjangkau nada-nada tinggi. Tetapi kalau suara Doo Joon dihilangkan akan terasa ada yang kurang. Suara Doo Joon biasa saja, tetapi menjadi jati diri Highlight yang sulit dihilangkan. Doo Joon pernah unjuk kebolehan dengan bernyanyi menggunakan nada-nada tinggi pada lagu When The Door Closes bersama dengan sang maknae-Dong Won.

Pada lagu melankolis itu Doo Joon benar-benar mengeluarkan kemampuan vokal terbaiknya. Penjiwaan dan Suara Doo Joon yang kuat dan cowok abis membuat lagu bernuansa melankolis itu terdengar sempurna.

3. Gambaran cowok ideal

Yoon Doo Jon semakin matang dan seksi

Yoon Doo Jon semakin matang dan seksi via https://koreanindo.net

Doon Joon adalah perwujudan cowok ideal. Dia memiliki pembawaan yang natural. Yoon Doo Joon adalah Yoon Doo Joon seutuhnya. Dia tak pernah berusaha terlihat lucu atau imut. Dia juga tak pernah terlibat skandal. Nyaris semua pemberitaan tentang dirinya adalah berita positif. Sebagai seorang leader dia memang dituntut memberikan kesan positif kepada fans dan masyarakat. Doo Joon berhasil memposisikan diri sebagai panutan. Walaupun hal itu tentu saja membutuhkan kemampuan dan kelapangan hati.

Doo Joon tetap saja seorang manusia dan pria biasa. Dia pasti ingin melakukan segala sesuatu sesuai kehendak hatinya. Namun, lagi-lagi ia harus menahan gejolak perasaannya demi memberikan persembahan terbaik bagi penggemarnya.

Visualisasi Doo Joon di atas panggung jauh dari pesona bad boy. Dia selalu berpakaian paling rapi dengan pilihan warna kalem yang sukses mengeluarkan aura maskulinnya. Begitupula gerak-geriknya yang mencerminkan seorang leader. Caranya berinteraksi dengan fans sangat hangat. Juga saat dia berbincang dengan pembawa acara di program musik, radio, maupun variety show.

Karena itu Doo Joon pernah mendapat julukan sebagai national boyfriend. Pujian itu diberikan oleh para penggemar, rekan sesama selebritis, dan netizen Korea Selatan. Julukan national boyfriend itu memang pantas disematkan pada Doo Joon. Siapa yang menolak kalau mendapatkan pacar yang nyaris sempurna seperti Doo Joon? Dia adalah sosok pria hangat, sopan, tampan, manly, dan bersahabat.

4. Berpenampilan menawan dan natural

Semakin menawan di usia matang

Semakin menawan di usia matang via https://www.soompi.com

Majalah InStyle Korea Selatan memposisikan Doo Joon dalam 6 selebritis paling menawan bersama dengan Park Bo Gum, Jay Park, Gong Yoo, Ryu Jun Yeol, dan Lee Je Hoon. Sebutan selebritis menawan memang pantas diberikan pada Doo Joon bukan? Dibalik sikapnya yang maskulin Doo Joon juga memiliki sisi lain yang lucu dan tidak jaim. Dia kerap bertingkah lucu saat menjadi bintang tamu.

Lucu ala Doo Joon bukan sesuatu yang dipaksakan dan tidak dibuat-buat. Bahasa tubuhnya sangat alami. Yang menarik, saat bertingkah lucu pun Doo Joon tetap tampak karismatik. Mungkin karena itu dia kerap didaulat sebagai pembawa acara.

Doo Joon juga idola yang santun dan mudah bergaul. Karena itu dia bersahabat dekat dengan idol lain seperti Jo Kwon (2AM), Kyuhyun (Super Junior), Minho (Shinee), dan Lee Joon (ex-MBLAQ). Dia bahkan menjalin hubungan baik dengan mantan agensinya. Dengan kepribadian Doo Joon yang menyenangkan itu dan member Highlight yang mudah bergaul, mereka menjalin hubungan sangat baik dengan boyband lain seperti Big Bang, 2PM, 2AM, BAP, Super Junior, dan CN Blue. Mereka juga dekat dengan girlband seperti SNSD, 4Minute, Miss A, T-Ara, dan Apink.

5. Pria matang dan cocok dengan bermacam jenis pakaian

Tampan dengan pakaian kasual

Tampan dengan pakaian kasual via https://www.wowkeren.com

Tubuh Doo Joon tergolong atletis. Tidak terlalu kekar atau terlalu kurus. Tinggi badannya juga pas. Dia memiliki sepasang mata sipit yang menawan. Wajahnya tampan baik saat menggunakan make up atau tidak. Garis wajahnya tegas, tetapi bersahabat. Gaya dan potongan rambutnya elegan, khas pria matang. Begitu juga dengan selera fashion yang sederhana, tetapi berkelas. Doo Joon selalu cocok memakai busana apa saja. Dia tak perlu memakai banyak asesori untuk tampil memikat mata orang lain sebab dirinya sendiri sudah seperti magnet.

Doo Joon sering tampil berkelas dengan pakaian formal yang kental nuansa manly. Kemeja berbalut coat warna hitam atau cokelat sangat pas dipakai oleh Doo Joon. Kadangkala dia juga tampil santai dengan busana kasual seperti kaus, jaket, dan sweater. Pesonanya juga tak luntur saat ia mengenakan seragam sepakbola. Justru karismanya semakin kuat saat menggocek bola di lapangan.

6. Selebritas yang dermawan

Doo Joon berbakat sebagai aktor

Doo Joon berbakat sebagai aktor via https://www.soompi.com

Doo Joon memiliki hati mulia. Dia rutin menyumbangkan pendapatannya senilai 200 ribu won setara Rp2,5-juta setiap bulan kepada anak-anak di Zambia. Kegiatan amal itu sudah dia lakukan sejak tahun 2012. Sebagai aktor, Doo Joon juga berbakat. Lihat saja, dia sukses membintangi serial drama seperti Iris 2, Lets eat, Lets Eat 2, dan Splash Splash Love. Karisma Doo Joon saat berada di panggung maupun di balik tumpukan naskah drama sama-sama memukau. Dia adalah pribadi yang tenang tetapi menyenangkan dan hangat.

Fans Doo Joon pasti sangat puas dan bangga pada idolanya. Bagi yang belum mengenal Doo Joon mungkin terasa sulit melihat pesonanya. Cobalah luangkan waktu sebentar untuk melihatnya. Lihat interaksi dia bersama member Highlight ketika berada di atas panggung. Lihat bagaimana Doo Joon memperlakukan member dengan sangat baik. Rasakan bahasa tubuhnya yang alami dan hangat. Atau tontonlah drama yang sudah ia bintangi. Maka lambat laun pasti menyadari Doo Joon memang berkarisma dan layak dikagumi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya