Dewasa ini, banyak remaja masa kini yang mengabaikan kesehatannya dan tidak menjaga pola makannya. Hal tersebut didukung pula dengan menjamurnya banyak kafe-kafe kekinian yang instagramable membuat para remaja semakin keranjingan mencoba berbagai macam makanan yang belum tentu baik untuk kesehatan mereka.

Namun, tentu ada pula dari mereka yang mulai memperhatikan kesehatan dan pola makan mereka. Yuk simak tips-tips untuk memulai hidup sehat berikut ini.

1. Teguhkan niat

Ketika kalian ingin mulai hidup sehat, kalian harus niat dan komitmen pada diri sendiri bahwa mulai sekarang akan mulai hidup sehat dan akan mengurangi makanan tidak sehat. Ingat, niat tidak dibarengi dengan komitmen pun hanya akan jadi niat.

2. Buat list

bucket list

bucket list via https://www.google.co.id

Advertisement

Kalian bisa mulai buat list menu-menu sehat dan bahan apa aja dibutuhkan. Kalau kalian malas, ada kok aplikasi yang menyediakan menu diet selama sebulan. Itupun sudah meliputi breakfast, lunch, dinner, dan snack nya.

Mantab kan? Oya, kalian juga nggak terus sekaligus nggak makan gorengan sama sekali. Nggak. Kalian tentu butuh lemak dalam tubuh. Tapi harus tetap dikontrol ya..

3. Jangan lupa olahraga

Kita sebagai kawula muda jangan sampai malas-malasan olahraga, tapi makannya tetap kenceng. Semuanya harus seimbang dong. Sempatkan minimal seminngu sekali lari pagi atau sore.

Advertisement

Atau buat kalian yang malas lari atau olahraga diluar ruangan, kalian bisa lho unduh aplikasi-aplikasi workout di Playstore. Aplikasi semacam itu sekarang lagi menjamur banget!

4. Berani nolak

Berani nolak di sini maksudnya kalian harus berani nolak ketika diajak temen hangout buat makan makanan "jahat" itu. Terkadang kalian memilih tempat tersebut bukan karena menunya tetapi karena tempat makannya yang instagramable.

Nah, biar kalian bisa tetep ngeksis sama temen-temen, kalian memilih tetap ikut dan beli snack dan minumannya saja. Dianjurin minumannya milih jus aja ya

5. Jangan lupa minum air putih

drink water

drink water via https://www.google.co.id

Air putih sangat penting bagi tubuh. karena 70% dari tubuh kita adalah air. Sangat dianjurkan meminum air minimal 2 liter per harinya. Karena air sangat membantu dalam mengeluarkan kotoran-kotoran dalam tubuh.

Minum air putih yang banyak juga membuat badan lebih ringan. Dalam arti, tubuh kalian bisa merasa lebih fresh dan lebih sehat.

6. Tidur yang cukup

Nggak sedikit dari kita pasti yang sering begadang. Entah itu karena tugas, menonton bola atau bahkan marathon drama Korea. Nah, pola seperti itu lebih baik dikurangi mulai dari sekarang.

Tidur yang cukup itu penting sekali, karena tentu banyak manfaat yang bisa kalian dapat. Ketika dikelas tentu bisa lebih fokus, kalaupun ada tugas, tentu mengerjakan setelah istirahat yang cukup, otak kita akan lebih fresh dan dapat mengerjakan dengan baik.

Dan yang terakhir bagi yang beragama muslim, kalian tentu bisa bangun lebih awal dan menyisihkan waktu untuk qiamul lail.

Tips-tips di atas sebenarnya sederhana, namun diperlukan konsistensi untuk menjalaninya. Jika kalian mau memulai hidup sehat dari sekarang, tentu nantinya kalian akan menuai banyak manfaat. Mau mencoba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya