"If you’ve taken care of your basic needs and still find it difficult to cope at night, the key is simply to keep yourself busy. You can never go wrong with an act of self care. It’s understandable if you’re having difficulty getting up or even moving, but try to concentrate on the end results of your efforts: you will feel better, the sun will rise and the night will end" –sheisrecovering, TheGoodQuote.

Kira-kira kalau dalam sebulanan terakhir ini kamu ngerasain nggak kalau hubungan kamu dan sahabat kamu kurang berarti atau bermakna dibanding dengan yang kamu harapkan? Kalau jawaban kamu iya, berarti kamu sedang merasakan kesepian. Mulai mengernyitkan dahi? Bagus! artinya kamu sedang berfikir tentang keadaan dirimu sendiri. Eits, kita harus garis bawahi dulu nih kalau perasaan kesepian itu perasaan normal yang bisa dirasakan oleh semua orang, so don’t worry guys.

Tapi kalau perasaan kesepian itu tidak diatasi sesuai dengan diri kamu, bisa-bisa kamu akan kesulitan tidur, mudah sakit, cemas, depresi dan bahkan secara serius kalau kamu memutuskan bahwa nggak ada seorangpun yang perduli sama sekali dengan apa yang terjadi sama kamu, wah ini akan berujung pada perilaku bunuh diri.

Jadi, kesepian itu beda lho ya dengan kesendirian. Kesendirian itu keadaan yang memang kita pilih untuk mendapatkan ketenangan. Sedangkan kesepian itu pengalaman yang paling menyedihkan karena hubungan yang kita harap enggak sesuai ekspektasi yang kamu mau, sedihnya lagi kalau kamu enggak dapat dukungan dalam bentuk apapun dari orang disekitar kamu. Jadinya, kalau sudah begini, kamu bakalan ngerasain kalau tidak ada yang bisa mengerti perasaan kamu, merasa tidak dicintai, tidak disukai, merasa berbeda dan merasa diasingkan.

Akhirnya kalau ada event yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kamu bakalan mager banget buat ikutan event sekalipun yang keren. Hal ini terjadi karena kamu udah kehilangan kepercayaan diri dan kepercayaan sama oranglain, jadi merasa kalau semua yang kamu lakuin bakalan sia-sia

Banyak sekali yang bisa menyebabkan kamu merasakan kesepian. Misalnya, mungkin saat ini kamu tercatat sebagai mahasiswa rantau yang terpisah jauh dari keluarga, atau kamu yang sedang berjuang dengan status long distance relationship dengan pasangan (hati-hati saat ini sedang musim pelakor ya) atau kamu yang tinggal seorang diri di apartemen, sehingga dengan berbagai kondisi yang kamu alami, secara naluriah pasti dong akan mencari aktivitas yang dirasa dapat mengurangi rasa kesepian.

Perlu dipahami bahwa apapun aktivitas yang kamu pilih, pastikan kamu nyaman dan bahagia dengan aktivitas yang kamu pilih dan yang paling penting untuk diingat yaitu pada saat kamu merasakan kesepian, please jangan ragu untuk mengelola rasa kesepian kamu dengan versi kamu sendiri. So, enjoy every single day in your life.

Berikut 7 aktivitas yang dipilih oleh orang-orang saat merasakan kesepian. Kalau kamu aktivitas yang nomor ke berapa?

1. Mendengarkan Musik

Jenis musik apa yang kamu sukai?

Jenis musik apa yang kamu sukai? via https://id.pinterest.com

Aktivitas mendengarkan musik bisa menjadi pilihan millenials yang dapat membantu mengurangi rasa kesepian, apalagi lirik dan irama lagu nya tuh ngewakilin perasaan kamu banget dan akhirnya perasaan kesepian pun akan ikut hanyut bersama kenangan.

2. Pergi Nonton ke Bioskop

Buruan catat deretan film yang akan kamu tonton saat weekend

Buruan catat deretan film yang akan kamu tonton saat weekend via https://id.pinterest.com

Nonton berbagai genre film di bioskop bakalan menjadi aktivitas yang menyenangkan karena untuk beberapa saat kamu akan dibuat lupa kalau kamu sedang merasakan kesepian. Apalagi kalau kamu nonton film genre horor, bisa dipastikan kamu enggak akan sendiri untuk berteriak.

Advertisement

Eits, jangan lupa bukan nonton bioskop namanya kalau tidak ditemani oleh popcorn khas bioskop. Hayo siapa yang beli popcorn nya lebih dari satu?

3. Shopping ke Pusat Perbelanjaan

Apapun belanjaanya, pastikan tidak ada yang tertinggal ya!

Apapun belanjaanya, pastikan tidak ada yang tertinggal ya! via https://id.pinterest.com

Wajar saja jika kamu sedang kesepian akan memilih untuk pergi mengunjungi pusat perbelanjaan karena suasana pusat perbelanjaan itu nyaman banget apalagi suasana pusat perbelanjaan selalu diiringi instrumental klasik. Walau tidak harus belanja, cuci mata aja sudah cukup bagi kamu yang merasakan kesepian. Tapi kalau ada tulisan “SALE 75%”, yakin nggak tergoda?

4. Chit-Chat Sama Teman "it’s time to curcol"

Cerita saja, i'll be there for you!

Cerita saja, i'll be there for you! via https://id.pinterest.com

Niat awal ngunjungin temen buat minta bahan kuliah dan balikin barang yang dipinjam, tapi pas muncul pertanyaan “eh, lo tahu nggak sih, akhir-akhir ini gue rasain sesuatu yang biking gue ngerasa beda dari kalian semua?” Dan disambung dengan respon “ih serius lo, cerita sama gue!!”, maka percayalah respon yang kamu dengar akan jadi kalimat yang on point banget buat bisa cerita apapun sama temanmu!

5. Tidur !

Tidurlah sesuai waktu ritme tubuhmu ya!

Tidurlah sesuai waktu ritme tubuhmu ya! via https://id.pinterest.com

Advertisement

Bagi sebagian besar orang menganggap kalau tidur menjadi pilihan yang tepat ketika perasaan kesepian muncul. Daripada terus berkutat pada perasaan negatif yang menyakitkan jiwa raga, tidur akan menjadi strategi andalan bagi orang yang kesepian.

6. Menonton K-Drama!

kamu lagi seneng nonton K-Drama yang mana?

kamu lagi seneng nonton K-Drama yang mana? via https://id.pinterest.com

Drama korea seolah memiliki tempat tersendiri bagi kamu pecinta K-Drama, tidak hanya wajah pemainnya yang super berhasil bikin pangling, tapi alur ceritanya berhasil bikin kamu seolah ikut berada dalam cerita, dan kamu rela memenuhi hasrat kepo dengan melanjutkan nonton K-Drama sampai kamu babat habis 6 episode dalam semalam. Eh sampai enggak sadar, matahari sudah terbit, Alamak!

7. Main Smartphone

hayo lagi stalking siapa sih?

hayo lagi stalking siapa sih? via https://id.pinterest.com

Memilih untuk bermain smartphone memang menjadi pilihan yang tepat saat rasa kesepian melanda. Adanya smartphone kamu bisa menginstall berbagai fitur yang kamu butuhkan, termasuk fitur media sosial. Yaps! adanya aplikasi itu bisa bantu kamu untuk ngatasi rasa kesepian dengan ngeshare kegiatan yang lagi kamu lakuin dan perasaan yang tengah kamu rasakan atau bahkan hanya sekedar untuk mengecek aktivitas oranglain yang bisa menghibur kamu a.k.a stalking. Ett, jangan sering stalking mantan ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya