Yuk, Intip 7 Cara Berikut Ini Supaya Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru!

Memiliki pekerjaan baru merupakan sesuatu hal yang menegangkan dan menyenangkan. Mengapa? Karena kamu akan memulai harimu dengan lingkungan yang baru, teman baru, dan bahkan mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Kebanyakan pekerja memilih untuk tetap berada di pekerjaan mereka sekarang dikarenakan ketakutannya akan susah mendapatkan pekerjaan baru. Namun sebenarnya ketakutan tersebut dapat diatasi lho dengan cara-cara berikut ini! Yuk, kita bahas.

Advertisement

1. Buat daftar pekerjaan yang kamu mau

Photo by Kelly Sikkema from Unsplash

Photo by Kelly Sikkema from Unsplash via https://unsplash.com

Cara pertama agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan baru adalah membuat daftar pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu dapat memilih bidang yang sesuai dengan karirmu sekarang ataupun mengubah jalan karirmu. Kamu dapat memulai daftar ini sesuai dengan keahlianmu dan hal yang kamu sukai. Contohnya, jika kamu tertarik dengan YouTube dan memiliki skill untuk mengedit video, kamu dapat melamar sebagai videographer untuk para vlogger ataupun bekerja sebagai pekerja lepas.

2. Buat akun profesional di LinkedIn

Photo by Nathana Rebouças from Unsplash

Photo by Nathana Rebouças from Unsplash via https://unsplash.com

Jika kamu sudah memiliki akun LinkedIn, isilah profil kamu dengan lengkap! Usahakan untuk menuliskan semua informasi yang ada pada LinkedIn. Selain itu, kamu juga perlu memasang foto profilmu dengan tampilan yang profesional ya, agar HRD dapat menilai positif dirimu dan tertarik untuk mengenal dirimu lebih jauh lagi

Advertisement

3. Tambah koneksi

Photo by Brooke Cagle from Unsplash

Photo by Brooke Cagle from Unsplash via https://unsplash.com

Setelah kamu memperbaiki profil LinkedIn ataupun melengkapi data profilmu, selanjutnya kamu perlu untuk menambahkan koneksi pada LinkedIn. Yup! Dengan menggunakan LinkedIn, kamu dapat terhubung dan berinteraksi dengan berbagai kalangan profesional, termasuk pekerja atau HRD dari perusahaan yang kamu impikan. Tidak hanya dari LinkedIn, kamu juga dapat memperluas koneksimu dengan bergabung ke berbagai kelompok, seperti kelompok alumni Universitasmu. Karena dari situlah, biasanya akan ada banyak lowongan pekerjaan yang bisa didapatkan.

4. Gunakan job portal

Photo by JESHOOTS.COM from Unsplash

Photo by JESHOOTS.COM from Unsplash via https://unsplash.com

Di masa yang serba canggih ini, teknologi merupakan salah satu alat yang dapat mempermudah kamu dalam melakukan segala aktivitas, termasuk dalam hal mencari pekerjaan. Beberapa job portal yang bisa kamu kunjungi sudah memiliki sistem yang cukup sederhana dan praktis dan kamu dapat langsung melamar melalui job portal tersebut.

5. Luangkan lebih banyak waktu untuk CV

Photo by Scott Graham from Unsplash

Photo by Scott Graham from Unsplash via https://unsplash.com

Yang sering terlupakan ketika kamu ingin melamar pekerjaan baru adalah untuk meluangkan waktu lebih banyak pada CV-mu. Hal ini sangat penting karena CV merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh HRD dan sangat penting untuk memberikan impresi yang baik. Ketika membuat CV, pastikan selalu kalau skill dan pengalamanmu sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang kamu lamar, jadi kamu tidak perlu membuang waktumu. Saat ini, kamu dapat membuat CV online, lho! Salah satunya dengan Kinzaa, kamu dapat membuat CV yang terlihat profesional dengan mudah.

Advertisement

6. Mempersiapkan wawancara kerja

Photo by Christina from Unsplash

Photo by Christina from Unsplash via https://unsplash.com

Setelah selesai membuat CV menarik di Kinzaa, persiapkanlah wawancara pekerjaan yang akan kamu hadapi setelah ini. Buatlah daftar pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh HRD, seperti mengapa kamu tertarik mendaftar di perusahaan ini, ceritakan tentang dirimu, dan mengapa perusahaan harus mempekerjakan kamu. Tidak ketinggalan, siapkan baju yang formal dan rapih untuk menunjang sisi profesionalitasmu.  

7. Follow up HRD

Photo by LinkedIn Sales Solutions from Unsplash

Photo by LinkedIn Sales Solutions from Unsplash via https://unsplash.com

Langkah yang terakhir adalah untuk menanyakan kembali kelanjutan proses lamaranmu. Perlu diingat, kamu tidak perlu mengejar-ngejar HRD dengan selalu menanyakan kelanjutan hasilnya secara terus-menerus karena hal tersebut akan membuat HRD tidak akan meloloskanmu ke tahapan selanjutnya. Biasanya setelah kamu mengirimkan CV, HRD akan menghubungi paling lambat 2-4 minggu kemudian. Namun, jika kamu tidak menerima kelanjutan wawancara, dapat dipastikan kamu belum lolos ke tahapan selanjutnya atau mereka sudah menerima kandidat lainnya. Jika kamu sudah pada tahap wawancara, biasanya HRD akan memberikan estimasi waktu kapan hasilnya akan diberitahu. 

Demikianlah 7 cara ampuh yang dapat membantu mu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Semua cara yang kamu perlukan cukup mudah dilakukan asal dengan niat yang kuat dan juga kepercayaan diri yang bagus. Tetap semangat dalam menghadapi apapun dan selalu lakukan yang terbaik!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE