Belakangan ini, banyak perempuan yang tergila-gila dengan make up. Terlebih lagi, sekarang banyak youtuber yang membuat konten tentang serba-serbi make up di channel-nya. Beberapa beauty influencer Indonesia yang cukup banyak memiliki subscribers antara lain Suhay Salim, Tasya Farasya, Rachel Goddard, Sarah Ayu, Abel Cantika, Fatya Biya dan Kiara Leswara. Di antara sekian banyak, Suhay Salim dan Tasya Farasya adalah dua beauty vlogger favorit saya. Mereka cukup detil dalam menyampaikan langkah demi langkah cara penggunaan make up serta sering memberikan tips untuk memilih produk yang tepat. Saya tidak ahli dalam dunia make up, tapi dengan melihat tutorial dari mereka, membuat saya sedikit demi sedikit mengerti tentang penggunaan make up. Misalnya, cara pengaplikasian alas bedak yang benar atau cara memoleskan blush on serta menggunakan eyeshadow untuk pemula.

Bagi mereka yang awam, make up adalah hal yang sulit dan merepotkan. Untuk mendapat tampilan yang bagus, banyak produk yang harus digunakan, antara lain foundation atau alas bedak, bedak, eyeshadow, blush on, lipstick, belum lagi bronzer dan highliter. Jenis tampilan make up pun mulai beragam seperti nude make up, bold make up, korean make up, natural make up hingga ‘no make up’ make up look. Tidak ada salahnya bagi pemula yang ingin belajar make up. Namun, hal-hal berikut adalah yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin mengenal make up. Desclaimer ini berdasarkan pengalaman pribadi.

  • Kenali jenis kulit. Untuk menentukan produk make up, kenali jenis kulit kalian. Ini basic banget. Jenis kulit beda sama masalah kulit. Kalau jenis kulit itu normal, berminyak, kering atau kombinasi. Kalau kusam, jerawat, bruntusan atau komedo, itu termasuk masalah kulit.
  • Kenali bahan kandungan produk make up. Setelah kalian tahu jenis kulit wajah kalian, langkah selanjutnya adalah menentukan kandungan produk yang akan kalian gunakan. Contoh umumnya, kalau kulit kalian kering, gunakan produk yang mengandung atau berbahan dasar minyak. Karena minyak akan menghidrasi kulit kering kalian. Sebaliknya, jika kulit kalian berminyak, hindari produk yang mengandung atau berbahan dasar minyak, melainkan gunakan yang mengandung atau berbahan dasar air. Biasanya, ada kalimat oil free atau water base di wadahnya. Beda jenis kulit, beda juga bahan dalam produk yang digunakan.
  • Produk yang harus dimiliki untuk pemula. Tidak semua produk make up harus dimiliki oleh pemula. Dengan produk yang minimal, bisa digunakan untuk mendapatkan hasil yang wow.
  • Praktikkan langsung. Teori memang lebih mudah diserap. Namun jika tidak diimbangi dengan praktik langsung, hasil yang didapatkan akan berbeda. Maka dari itu, yuk, ikutin langkah mudahnya.

1. Siapkan Produk yang Akan Dipakai

Foto pribadi

Foto pribadi via https://twitter.com

Untuk pemula, disarankan menggunakan produk seminimal mungkin, antara lain pelembab, bb/cc cream (untuk daily use) atau fondation (untuk acara khusus seperti kondangan), bedak, eyeliner, maskara, pensil alis, eyeshadow, lipstick. Tidak perlu beli produk yang mahal, karena banyak produk lokal yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan produk mahal.

2. Gunakan Skin Care

Gunakan Skin Care

Gunakan Skin Care via https://rafabeauty.com

Ada baiknya, sebelum menggunakan make up, gunakan skin care terlebih dulu agar kulit kita tetap sehat. Jika kulit kita bagus, hasil penggunaan make up akan lebih bagus.

3. Penting Untuk Pemilik Jenis Kulit Berminyak

Gunakak es batu untuk menahan minyak

Gunakak es batu untuk menahan minyak via http://nembino.blogspot.co.id

Advertisement

Jenis kulit setiap orang berbeda. Jika kulit kamu berminyak, gunakan es batu yang diusapkan ke wajah sebelum menggunakan riasan agar menekan produksi minyak di kulit.

4. Cara Pengaplikasian

Foto Pribadi

Foto Pribadi via https://twitter.com

Pengaplikasian make up bisa saja tanpa menggunakan brush atau sponge make up, tapi untuk menghasilkan riasan yang lebih oke, bisa gunakan brush atau sponge. Untuk pemula, bisa gunakan jari seperti penggunaan biasanya.

5. Tips Penting

Foto Pribadi

Foto Pribadi via https://twitter.com

Pemula nggak harus punya semua produk untuk ber-make up like a pro. Contohnya, kamu tidak wajib punya blush on dan eyeshadow. Kamu bisa pake lipstick yang kamu punya buat kamu pake sebagai blush on dan eyeshadow. Atau kalo kamu punya pallete eyeshadow yang ada warna hitam atau coklatnya. Kamu tidak perlu punya pensil alis. Kamu bisa memakai dua warna dari pallete eyeshadow yang kamu punya itu untuk gantiin fungsi dari pensil alis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya