Bagi para fashoinista, nama yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Anna Wintour, salah satu fashion icon paling berpengaruh di dunia saat ini sekaligus Pemimpin Redaksi majalah Vogue internasional. Di film the Devil Wears Prada (2006), karakter Miranda Priestly (diperankan oleh Meryl Streep) disebut-sebut menggambarkan sosok dari wanita berdarah Inggris-Amerika ini. Kalau kamu belum tau, Miranda Priestly memiliki ‘aura’ intimidatif dan sadistik. Dalam beberapa scene di film tersebut, Miranda beberapa kali meminta hal-hal-yang-tidak-mungkin-bisa-diwujudkan kepada Personal Asistant-nya, Andrea (diperankan Anne Hathaway). Namun, apakah benar Anna Wintour berperilaku sedemikian ganas kepada para pekerjanya di Vogue? Kayanya nggak, deh.

1. Dropout saat masih SMA

Anna Wintour jaman SMA, sekilas mirip Andrea Sachs di Devil Wears Prada

Anna Wintour jaman SMA, sekilas mirip Andrea Sachs di Devil Wears Prada via http://stylecaster.com

Beberapa CEO dari perusahaan ternama seperti Facebook dan Microsoft merupakan orang-orang yang tidak lulus sekolah. Siapa sangka bahwa Anna Wintour juga salah satunya. Ceritanya saat duduk di bangku sekolah, Anna tidak suka dengan seragam sekolahnya yang berwarna cokelat dan terlalu gombrang. Anna Wintour muda pun memotong pendek rok sekolahnya jadi selutut. Tindakannya itu berujung dengan dikeluarkannya Anna Wintour dari Independent North London Collegiate School. Ternyata dari kecil memang stylish, ya.

2. Pernah dipecat dari Harper’s Bazaar

Sekarang malah jadi Editor in Chief

Sekarang malah jadi Editor in Chief via http://www.mothermag.com

Semua fashionista pasti tau kalau Anna wintour adalah Editor-in Chief majalah fashion paling berpengaruh di dunia, Vogue. Tapi, tahukah kamu kalau Anna Wintour pernah dipecat dari jabatan Junior Fashion Editor dari majalah Bazaar, yang juga merupakan majalah busana ternama dunia. Pengalaman tersebut ia jadikan sebagai pembelajaran berharga hingga ia bisa menduduki posisi tertinggi di majalah Vogue.

3. Punya item fashion favorit

Rambut model bob dan kacamata hitam khas Wintour

Rambut model bob dan kacamata hitam khas Wintour via https://www.businessinsider.com

Advertisement

Bekerja di industri fashion tentunya memberikan kemudahan bagi Anna Wintour untuk bisa mencoba berbagai macam busana dari desainer ternama dunia. Namun, dari sekian banyak fashion item di industri ini, Anna Wintour mengaku sangat suka kacamata hitam. Hal tersebut ia sampaikan di video Vogue 73 Questions With Anna Wintour. Tapi, pakai aksesoris apa saja Anna Wintour ini selalu stylish, ya.

4. Suka sekali tenis

Heboh banget, Nyonya, haha

Heboh banget, Nyonya, haha via https://www.pinterest.co.uk

Siapa sangka perempuan seperti Anna Wintour akan menyukai salah satu cabang olahraga. The Anna Wintour ini ternyata suka sekali dengan olahraga tenis, lho. Terbukti dengan sering terlihatnya Wintour di turnamen tenis dunia seperti US Open, Wimbledon, hingga Paris Open. Tidak hanya itu, konon katanya ia sering bangun pagi-pagi sekali untuk bermain tenis sebanyak satu dua atau ronde sebelum berangkat bekerja. Katanya nih, petenis favort Anna Wintour adalah Roger Frederer dari Swiss.

5. Punya gelar kehormatan dari Ratu Inggris

Selamat ya!

Selamat ya! via https://people.com

Di tahun 2017, Anna Wintour mendapatkan gelar kehormatan "Dame Commander" dari Kerajaan Inggris. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Ratu Elisabeth II di Istana Buckingham Palace. Pemimpin redaksi majalah fashion dunia ini menerima penghargaan tersebut berkat kontribusinya di dunia mode dan jurnalistik. Eh, kamu tau nggak, kalau Anna Wintour sudah menekuni dunia mode ini selama hampir tiga dekade?

6. Tidak pernah ganti gaya rambut sejak usia 14 tahun

Mau dipotong model apa, Mbak?

Mau dipotong model apa, Mbak? via http://fortune.com

Advertisement

Sosok Anna Wintour sangat ikonik dengan model rambut bob dan kacamata hitam. Kamu tahu nggak, kalau Anna Wintour ini nggak pernah mengganti gaya rambutnya ini sejak usia 14 tahun. Katanya, Wintour selalu merawat rambutnya dua kali sehari, sekali di pagi hari, dan di malam hari. Ia juga punya salon langganannya sendiri di New York, lho.

7. Ngefans abis sama Bob Marley

No woman no cry~

No woman no cry~ via http://www.hollywood.com

Mungkin kamu mengira Anna Wintour lebih senang mendengarkan lagu-lagu klasik atau pop EDM kekinian. Namun, siapa sangka seorang Anna Wintour mengidolakan penyanyi reagea Bob Marley. Di tahun 1970-an, Wintour merupakan penggemar berat Bob Marley. Ia juga beberapa kali bertemu idolanya tersebut di belakang panggung sebelum konser.

8. Pakai sepatu yang sama berulang kali

Stylish banget kan

Stylish banget kan via https://www.whowhatwear.com

Ada peraturan tidak tertulis bagi fashionista untuk nggak pernah pakai fashion item lebih dari sekali. Namun nampaknya peraturan tersebut tidak berlaku untuk Anna Wintour. Wintour pernah beberapa kali tertangkap kamera menggunakan sepatu yang sama di dua acara berbeda. Aturan bagi Wintour untuk memilih sepatu adalah warna sepatu yang akan dia pakai harus senada dengan warna kulit kakinya. Duh!

9. Trik menjadi karyawan favorit Anna Wintour

Million girls would kill for this job

Million girls would kill for this job via https://www.vanityfair.com

Bekerja di majalah fashion itu pekerjaan idaman bagi banyak perempuan di dunia. Kamu salah satunya? Ada trik yang bisa kamu coba kalau kamu ingin kerja untuk Anna Wintour. Karyawan favorit Anna Wintour adalah mereka yang punya persona dan karakter kuat. Dalam sebuah wawancara, Wintour menyebutkan ia sangat tidak suka karyawan selalu iya-iya aja. Wintour lebih senang karyawan mendebat opinya dan memberikan penjelasan rasional kenapa ia menolak pendapat tersebut.

Kalau dilihat dari fakta-fakta di atas, kayanya Anna Wintour ini asik banget ya? Nggak segalak Miranda Priestly. Kalau menurut kamu, Anna Wintour ini gimana sih? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya