Gaya Hidup Zero Waste ala Mahasiswa

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi pemakaian plastik tanpa mengeluarkan banyak uang!

Banyak orang yang berpikir bahwa gaya hidup zero waste membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Media sosial seringkali menggambarkan gaya hidup zero waste dengan banyaknya mason jar, glass jar, stainless bottle, maupun peralatan zero waste lainnya yang harganya agak mahal bagi sebagian orang. Padahal, kita bisa menggunakan apapun yang ada di rumah untuk mengurangi pemakaian plastik.

Karena sejatinya gaya hidup zero waste adalah untuk mengurangi jumlah pemakaian plastik bukan untuk membeli barang baru agar terlihat lebih 'zero waste' dan membuang barang lama. Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi pemakaian plastik tanpa mengeluarkan banyak uang ala mahasiswa.

Advertisement

1. Membawa tote bag

Dengan membawa tote bag kemana pun, kita dapat mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Jika tidak memiliki tote bag, kita dapat membuatnya menggunakan kaos bekas. Ada banyak tutorial cara membuat tote bag menggunakan kaos bekas di Youtube.

Selain mengurangi pemakaian plastik sekali pakai kita juga dapat mengurangi limbah tekstil. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Advertisement

2. Membawa botol minum

Botol minum

Botol minum via https://www.lazada.co.id

Jika kalian tidak memiliki botol minum stainless, kalian bisa menggunakan botol minum apapun yang tersedia di rumah. Kalian juga dapat membawa satu botol minum lagi jika ingin membeli jus maupun kopi saat dijalan.

3. Peralatan makan stainless

peralatan makan stainless

peralatan makan stainless via https://insta.orenya.com

Jangan lupa bawa peralatan makan stainless ya. Tidak makan banyak tempat. Kalian juga tidak perlu membawa lengkap sendok, garpu, sumpit, dan segala ukuran sedotan. Cukup bawa yang biasa kalian pakai. Jika tidak memiliki sedotan stainless kalian bisa langsung kokop minumannya hehehe.

4. Saputangan

saputangan

saputangan via http://pixabay.com

Bagi yang terbiasa menggunakan tissue mungkin akan agak tidak terbiasa. Dalam sehari kita bisa menghabiskan banyak tissue, padahal tissue termasuk jenis sampah yang sulit didaur ulang. Dengan memilih menggunakan saputangan kita dapat menghemat pengeluaran untuk membeli tissue juga menyelamatkan lingkungan. Kalian juga bisa membuat saputangan dari kaos bekas.

Advertisement

5. Makan di tempat

makan di tempat

makan di tempat via http://pinterest.com

Usahakan untuk tidak membeli makanan secara delivery. Karena saat membeli makanan secara delivery kita menggunakan styrofoam dan berbagai plastik. Untuk mengurangi hal tersebut ada baiknya kita makan ditempat. Usahakan juga untuk menghabiskan makanan tersebut. Ada baiknya kita membawa tempat makan untuk membawa makanan tersebut jika tidak habis. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE