Film adalah sebuah media yang tak cuma hanya punya fungsi hiburan dan pendidikan semata, tapi juga bisa menginspirasi dan memotivasi kita dalam menjalani hidup yang sering kita keluhkan. Dengan adanya film, kita bisa belajar banyak tentang satu sama lain. Terutama ketika film tersebut terinspirasi dari kisah nyata. Banyak pesan dan pelajaran yang bisa kita ambil dari sepanjang ceritanya.

10 film yang diangkat dari kisah nyata ini Hipwee rekomendasikan untuk kamu. Dengan menonton film-film di bawah ini, semoga kamu menjadi terlecut untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi. Yuk langsung simak!

1. B. J. Habibie, tentang perjuangan panjang seorang calon pemimpin negeri untuk cinta, cita, dan masa depan negaranya

Habibie & Ainun adalah salah satu film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini mengisahkan tentang hidup dari mantan Presiden RI, Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie adalah seorang genius di bidang teknologi. Bukan hanya itu, ia juga punya impian besar, yaitu berbakti kepada tanah airnya dengan membuat pesawat terbang untuk menyatukan Indonesia.

Meskipun diwarnai dengan nuansa romansa yang kental, film ini juga berhasil memotivasi siapa saja yang menontonnya.  Di balik kisah cinta yang mampu membuat setiap pasangan cemburu – karena ingin juga punya kisah saling cinta seperti Habibie dan Ainun, film ini memperlihatkan perjuangan keras Habibie dalam mengejar impiannya.

Advertisement

 

2. Sundul Gan: The Story of KASKUS. Kisah tentang memulai dari awal, dekat dengan kehidupanmu yang sedang merintis usaha

Kaskus

Kaskus via cdn.klimg.com

Sundul Gan: The Story of KASKUS adalah film yang diangkat dari kisah nyata dua orang yang berpengaruh besar atas keberadaan situs KASKUS, Andrew dan Ken. Dua saudara sepupu tersebut bekerja dengan keras untuk mewujudkan mimpi mereka.

Berkat Andrea yang menjadi pemain utama dari sisi teknis dan Ken yang menggawangi dari sisi bisnis, KASKUS berubah menjadi website forum fenomenal yang telah memiliki jutaan member di Indonesia. Sampai saat ini, KASKUS masih jadi situs forum tersukses di Indonesia. Pendapatannya pun sudah puluhan ribu dollar. Jelas lebih besar dari modal awal yang hanya 7 dollar.

3. The Pursuit of Happyness, kisah kehidupan seorang pria gelandangan yang tak kenal lelah mengejar makna hidup sesungguhnya

Pursuit of Happyness

Pursuit of Happyness via Sang%20Pencerah

The Pursuit of Happyness adalah film yang diangkat dari kisah nyata lainnya yang berhasil membuktikan bahwa harapan tak boleh mati. Film ini menceritakan kisah yang dialami Chris Gardner, yang tadinya seorang gelandangan, dan menjelma menjadi salah satu pria yang sukses di Amerika Serikat. Kini, ia adalah seorang pengusaha, investor, pialang saham, motivator hingga penulis.

Dalam film The Pursuit of Happyness, sosok Gardner diperankan oleh bintang Hollywood, Will Smith. Akting artis kawakan tersebut menambah hidup film tersebut. Kamu yang pernah menonton film yang satu ini pasti akan mengakui keajaiban yang diberikan Tuhan kepada orang-orang yang berusaha. Beberapa orang bahkan mengaku sulit untuk menahan jatuh air matanya saat menonton film tersebut. Siapin tisu sebelum nonton ya~

4. Film McFarland akan membuatmu percaya bahwa bakat sekecil apapun, jika diasah akan jadi besar dan luar biasa

McFARLAND

McFARLAND via i.lv3.hbo.com

McFarland merupakan film drama yang diangkat dari kisah nyata seorang guru olahraga bernama Jim White yang berhasil mewujudkan mimpi anak-anak imigran Amerika Serikat sebagai juara lari lintas alam. Perjuangan White dalam mengejar keberhasilan tersebut sungguh luar biasa.

Dalam cerita, awalnya dia hanyalah guru olahraga yang berjuang hidup demi kariernya setelah dipecat dari sekolahnya yang lama akibat dinilai terlalu keras dalam memimpin anak asuhnya. Kemudian dia mendapatkan pekerjaan yang sama sebagai guru olahraga di daerah yang masih tak semaju daerah lainnya di Amerika Serikat. Di sekolahnya yang baru, White melihat kemampuan lari dan stamina luar biasa dari beberapa muridnya. Mereka berlari untuk pergi dan pulang sekolah yang jaraknya tak dekat dengan rumah.

White menemukan cara untuk membuat kehidupan mereka – yang kebanyakan kerja sebagai buruh tani di pagi hari sebelum jam sekolah dimulai – menjadi lebih baik. White benar-benar penemu dan pengasah bakat yang ulung. Perjuangan lebih lengkapnya harus kamu tonton sendiri di filmnya. Hipwee yakin bakal bikin bulu kuduk kamu merinding. Takjub dengan perjuangan mereka sebagai tim.

5. Spare Parts, petualangan seru seorang guru dan murid yang bertekad menjadi pemain utama dalam kompetisi bergengsi

Spare Parts

Spare Parts via trailers.apple.com

Tak berbeda dengan film McFarland. Film berjudul Spare Parts pun diangkat dari kisah nyata sekumpulan anak-anak imigran Meksiko di Amerika Serikat. Kisah mereka benar-benar menunjukan bagaimana ungkapan from zero to hero berlaku.

Awalnya, seorang pemuda Oscar Vazquez sedang menunggu untuk wawancara untuk masuk angkatan militer Amerikas Serikat. Ketika itu juga ia melihat pengumuman video dan brosur tentang lomba robot dalam air yang disponsori oleh NASA. Statusnya sebagai imigran tanpa dokumen membuat niat Vazquez untuk masuk angkatan militer AS sirna. Ia mulai mewujudkan mimpinya di bidang teknologi dengan membentuk tim dan mengkonsultasikan keinginannya dengan pihak sekolah.

Di sisi lain, sekolah tempat almamater Vazquez kedatangan guru baru yang juga seorang engineer bernama Fredi Cameron. Cameron tertarik dengan lomba tersebut dan menjadi pembimbing untuk tim dari sekolah. Setelah belajar tentang peraturan kompetisi dan persyaratan, Cameron dan Vazquez mulai memulai petualangan serunya dalam rangka mengikuti lomba tersebut. Mulai dari merekrut murid-murid yang punya potensi dalam hal robotik, berjuang dengan peralatan dan bahan seadanya, melakukan ratusan percobaan membuat robot, sampai benar-benar diakui keberadaanya di tengah kompetitor-kompetitornya yang jauh berada di atas mereka.