Sering merasa gugup saat akan presentasi di depan kelas atau tidak berani mengajak orang berbicara duluan? Walaupun kamu orang yang ramai jika sudah kenal akrab dengan seseorang, kamu sedikit malu atau segan jika bertemu orang baru. Kamu pun akan menemukan tantangan yang sama ketika harus berdiri dan tampil di hadapan orang lain, apalagi dalam jumlah yang banyak.

Tenang saja, masalahmu juga dirasakan banyak orang, kok. Namun walaupun banyak orang merasakannya, bukan berarti tidak ada cara yang bisa kamu terapkan untuk menangkisnya. Untuk itu, coba cara-cara berikut yuk supaya kamu bisa lebih percaya dengan dirimu!

1. Kamu pasti punya bakat yang mengagumkan. Jadi, mulailah harimu dengan melakukan 1-2 hal yang kamu kuasai dengan baik

Jika pandai memasak, bukalah hari dengan membuat sarapan atau bekal via onsugar.com

Advertisement

Bagaimana cara harimu dimulai, pastinya akan memberikan pengaruh besar bagimu untuk menjalani aktivitas sampai malam nanti, termasuk untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Memulai hari dengan penuh energi positif akan lebih memudahkanmu untuk mendapatkan rasa percaya diri dan hari yang baik.

Sebelum beraktivitas setiap harinya, isilah pagimu dengan melakukan 1 atau 2 hal yang kamu kuasai dengan baik. Kalau kamu pandai memasak, mulailah hari dengan membuat sarapan. Atau kalau kamu suka berolahraga, sempatkan waktumu untuk jogging keliling kompleks setiap paginya. Lakukan secara rutin setiap paginya. Dengan begitu, rasa percaya dirimu sepanjang hari akan naik karena dimulai dengan kemampuan untuk melakukan dan menyelesaikan sesuatu.

2. Pikiran negatif hanya akan membuatmu cemas. Untuk itu, letakkanlah fokus pikiranmu pada hal-hal yang positif saja

Berpikirlah dengan positif via humansofseoul.com

Sadar atau tidak, rasa tidak percaya diri itu hadir karena kamu terlalu takut dan cemas akan hasil yang kelak didapat. Padahal, sebenarnya takut dan cemas itu tidak perlu untuk kamu rasakan. Toh, selama ini kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Advertisement

Supaya rasa percaya dirimu itu kembali dan lebih tinggi lagi, letakkanlah fokus pikiranmu hanya pada hal-hal positif saja. Misalnya, besok lusa kamu akan ada presentasi besar. Daripada fokus memikirkan apa saja yang akan ditanyakan dan bagaimana killer-nya dosen yang menguji, lebih baik fokuskan pikiranmu pada pengayaan dan penguasaan materi yang akan dipresentasikan. Kalau kamu sudah belajar dengan baik, hasil yang memuaskan juga tentu akan kamu dapatkan, kok.

3. Begitu kamu merasa grogi, dengungkanlah “mantra-mantra” yang bisa menambah semangat dan keyakinan dalam diri

Berkacalah dan dengungkan mantra-mantra penyemangat via ninfabi.blogspot.hk

Saat akan menjalani presentasi atau pertama kali menjadi MC, wajar saja kalau kamu merasa grogi dan tidak percaya diri. Mungkin kamu takut jika nanti ada kata yang salah diucapkan atau materi yang lupa untuk disampaikan. Tapi rasa ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Kamu harus segera mengatasinya.

Salah satu cara untuk meningkatkan lagi rasa percaya dirimu yang mulai turun ini adalah dengan mengucapkan “mantra-mantra”. Mantra yang dimaksudkan di sini adalah kalimat-kalimat penyemangat yang bisa membuatmu lebih yakin dan percaya diri. Misalnya:

“Ada suara dalam kepalaku yang berkata bahwa aku tidak bisa. Sekarang aku akan membuktikan bahwa suara itu salah.”

“Aku sudah pernah menghadapi tantangan yang jauh lebih berat. Kalau ini sih, gampang!”

“Aku nggak punya alasan untuk bilang aku nggak bisa. Kalau ada yang bilang begitu padaku, itu bukan alasan. Itu tuduhan.”

Ucapkan kalimat tersebut secara berulang-ulang, sehingga kamu akan lebih tenang dan merasa yakin pada dirimu sendiri.

4. Cari tahu hal-hal apa saja yang bisa membuatmu merasa awesome, dan lakukanlah setiap hari

Jika musik membuatmu merasa awesome, dengarkanlah setiap hari via huffingtonpost.com

Mendapatkan rasa percaya diri setiap hari sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menanamkan energi positif tanpa henti yang akan membuatmu merasa lebih berharga dan berarti. Dengan memahami bahwa dirimu itu berharga, keyakinanmu pada diri sendiri akan bertambah dan dari situlah rasa percaya diri perlahan akan muncul.

Salah satu cara termudah untuk mewujudkan rasa ini adalah dengan mencari tahu hal-hal apa saja yang membuat dirimu merasa awesome dan melakukannya setiap hari. Bisa dengan berolahraga, mendengarkan musik, bernyanyi, atau bahkan menari. Apapun itu, lakukanlah sesering mungkin supaya kamu semakin merasa awesome, berharga, dan percaya diri.

5. Buatlah 1 pencapaian kecil setiap hari supaya kamu tahu bahwa dirimu memiliki kemampuan yang luar biasa

Buat pencapaian kecil via two-forty-six.blogspot.com

Untuk bisa merasa percaya diri, tentu kamu harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jelas, keyakinan ini tidak bisa datang begitu saja. Kamu harus rutin menguji diri supaya tahu sampai mana batas kemampuan yang dimiliki.

Setiap harinya, buatlah 1 pencapaian yang harus bisa kamu wujudkan. Tidak perlu pencapaian besar, cukup yang kecil saja namun layak untuk dibanggakan. Misalnya:

“Hari ini aku bangun pagi, terus pamit ke Ayah-Ibu sebelum ngampus. Tumben, biasanya langsung ngacir gitu aja karena buru-buru. Bangganya bikin Ayah-Ibu senang, hehehe.”

“Udah seminggu diniatin, baru sekarang bisa lari pagi! Hehehe. Besok lagi ah…”

“Tadi aku dan pacar marahan. Tapi kami berhasil ngomong baik-baik sebelum dia nganter aku pulang. Nggak perlu deh drama atau ngambek seharian. Lega.”

Saat kamu berhasil mewujudkan pencapaian tersebut, kamu pasti akan merasa senang dan akhirnya menyadari bahwa kamu mampu menghadapi tantangan. Kesadaran itulah yang akhirnya membuat rasa percaya dirimu bertambah secara bertahap.

6. Untuk bisa percaya diri, kamu tidak perlu jadi sosok sempurna. Dirimu berharga dengan segala kelebihan dan kekurangannya

Buka topengmu, jadilah diri sendiri via galleryhip.com

Supaya bisa terlihat berwibawa dan penuh percaya diri bukan berarti harus menjadi sosok yang sempurna. Memang, untuk yang berwajah rupawan dan memiliki kemampuan luar biasa, rasa percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya. Namun, sebenarnya bukan kelebihan itulah yang menjadi kunci percaya diri mereka.

Kepercayaan diri yang muncul di dalam diri mereka hadir karena adanya rasa menerima dengan apa yang dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. Mereka tidak membandingkan diri dengan orang lain karena tahu itu akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Dan prinsip inilah yang perlu untuk kamu amini dan lakoni untuk menaikkan rasa percaya dirimu.

7. Duduk dan berdiri dengan tegak, berjalanlah dengan tegap. Bahasa tubuh bisa “berbicara” banyak mengenai rasa percaya dirimu

Berdiri dengan tegak, pandangan lurus ke depan via www.uc.ac.id

Sudah tahu ‘kan kalau dari bahasa tubuh saja, orang lain bisa “membaca” diri kita? Nah, begitu juga dengan rasa percaya dirimu. Kepercayaan diri hadir tidak hanya dari rasa yakin pada kemampuan dan kelebihan diri sendiri saja, tetapi juga bisa terlihat dari bahasa tubuh yang kamu miliki. Lalu, bagaimana supaya bisa terlihat lebih percaya diri?

Pertama, duduk atau berdirilah dengan tegak dan memandang lurus ke arah depan. Posisi seperti ini akan membuatmu lebih “terlihat” oleh orang lain. Saat berbicara, gunakanlah artikulasi yang jelas dan pandanglah mata lawan bicaramu, supaya bicaramu lebih didengar dan diperhatikan. Kemudian, berjalanlah dengan tegap untuk memperlihatkan wibawa. Jangan membungkuk ataupun melihat ke arah bawah karena bisa memberikan kesan rendah diri dan memberi aura negatif untuk sekelilingmu.

8. Perkaya dirimu dengan banyak pengetahuan. Kamupun akan lebih percaya diri saat harus berbicara di hadapan banyak orang

Perbanyak pengetahuanmu via bullesetbottillons.com

Secara umum, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memperbanyak pengetahuan yang kamu miliki. Misalnya, saat akan presentasi materi kuliah, jangan hanya terpaku pada 1 diktat saja. Perkaya pengetahuanmu mengenai materi tersebut dengan membaca buku, diktat, dan jurnal penunjang lainnya. Bukan hanya kamu akan semakin pintar, kamu pun akan merasa lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan kelak. Maklum, sudah banyak referensi yang dibaca, sih.

9. Supaya tidak mendapatkan kegagalan di akhir dan membuat rasa percaya dirimu turun, selalu persiapkan dirimu dengan baik

Persiapkan dirimu dengan baik

Susah rasanya untuk mendapatkan rasa percaya diri kalau kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik. Seakan, kamu menyerahkan dirimu begitu saja untuk mengalami kegagalan dan akibatnya, rasa percaya dirimu malah semakin menurun. Maka dari itu, demi mendapatkan kepercayaan diri, penting bagimu untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Ingat, keberuntungan tidak akan datang sembarangan. Ia hanya mau menghampirimu ketika kamu sepenuh hati melakukan persiapan.

Misalnya, 2 hari lagi kamu akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Kalau kamu tidak belajar, kamu akan merasa grogi saat mengerjakan dan cemas berkepanjangan saat menunggu hasilnya. Tapi kalau kamu belajar secara tekun, kamu akan memiliki rasa percaya diri lebih untuk menyelesaikan seluruh soal dengan lancar. Materi ujiannya sudah dipahami dan dikuasai, sih. Tidak perlu grogi lagi melihat soal, apapun bentuk dan pertanyaannya. Bukan begitu?

10. Penampilan sangat berpengaruh pada rasa percaya diri. Kamu akan kaget menyadari bahwa pujian satu orang bisa membuatmu PD seharian.

Tampilan terbaikmu via lookbook.nu

Kalau ditanya kapan saat kamu paling percaya diri, mungkin hampir seluruh orang menjawab saat sedang tampil cantik atau tampan. Ya, penampilan yang baik memang berpengaruh sekali dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Untuk itu, biasakanlah dirimu untuk selalu tampil dengan baik setiap harinya. Mulai dari mandi dengan bersih, menata rambut, memulas wajah dengan riasan sederhana, sampai mengenakan pakaian yang rapi dan modis. Setelah itu, patutlah dirimu lewat cermin dan yakini bahwa tampilan hari ini adalah yang terbaik.

11. Terakhir, jangan pernah luput untuk mengukir senyum. Energi positif yang ditimbulkan bisa membuatmu merasa lebih bahagia

Apapun yang kamu lakukan, tersenyumlah via huffingtonpost.com

Cara terakhir ini memang terdengar klise, tapi cukup berhasil untuk menaikkan rasa percaya dirimu. Senyum ini memiliki energi positif yang dapat memberikan perasaan bahagia, baik untuk dirimu maupun orang lain di sekitarmu. Untuk itu, ukirkanlah selalu senyum di wajahmu, mulai dari bangun tidur, beraktivitas, sampai tidur kembali. Karena hanya dengan senyum yang kecil, harimu bisa berjalan dan berubah menjadi lebih baik.

Rasa percaya diri sebenarnya bisa hadir karena kamu yakin pada dirimu sendiri. Untuk itu, selalu hargailah apa yang ada di dalam dirimu, baik kelebihannya maupun segala kekurangannya. Kalau bukan kamu yang mulai menghargai diri sendiri, siapa lagi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya