Apakah sih yang seharusnya kita lakukan di umur 20an? Kalau kita mau sukses dan bahagia di masa tua nanti, apa yang dilakukan saat ini udah yang bener? Nah, ini adalah pertanyaan klasik di benak kita anak umur 20an. Wajar kok untuk kita bertanya – tanya mengenai sikap apa yang tepat untuk menjadi pemuda yang baik dan sukses di masa depan. Dan jangan sampai kita menyesali masa muda ya kawan.  Mau bikin masa 20an kamu lebih bermakna kan? Simak 11 pesan berharga ini.

1. Travelling

just get lost ! via 500px.com

Ya! benar sekali, berjalan – jalan. Meski pikiranmu penuh dengan pertanyaan mau jadi apa kamu dimasa depan. Meski kantongmu masih tipis. Meski kamu harus pake gaya minimalis buat jalan- jalan. Meski kamu masih ga yakin mau kemana. Udah, jalan – jalan aja. Percaya deh, kamu nggak akan nyesel. Supaya nggak bingung ini beberapa saran  buat rencana travelling-mu :

Jangan pergi ketempat biasa. Kenapa? karena kalau besok udah tua dan memiliki uang yang cukup, kamu juga bisa pergi kesana kok. Carilah sesuatu yang menantang, misalnya ke pedalaman dan ke pelosok-pelosok. Belum tentu di masa tua kita, kita masih bisa menjelajahi semua itu.

Travelling-lah untuk belajar dan mengekplorasi duniamu. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita dapatkan dari berjalan-jalan yang pada akhirnya membantu kita menjadi lebih dewasa dalam hidup

Advertisement

Pergilah ke tempat yang membuatmu semakin matang berpikir akan masa depanmu. Setiap daerah tempat travelling punya karakternya masing- masing. Pilih yang menantangmu untuk berpikir lebih jauh. Get lost !

2. Ciptakan sesuatu

Mari berkarya via 500px.com

Jangan menghabiskan waktumu terlalu banyak membicarakan ide milik orang lain. Kalaupun perlu, lakukan secukupnya saja. Karena entah kamu sadari atau tidak idemu juga sama berharganya loh dengan ide milik orang lain, sama pentingnya. Ada yang bilang “Meetings are where ideas goes to die”, dan itu nggak sepenuhnya salah. Habiskan waktumu lebih banyak untuk berkreasi dan berinovasi dalam hal apapun. Dan tidak ada salahnya untuk meninggalkan sesuatu yang tidak sesuai dengan pemikiranmu. Do it your own way !

3. Baca, baca, baca

knowledge is power via 500px.com

Yap, bacalah! Apa sih susahnya membaca? Baca apapun yang kamu suka dan juga apapun yang kamu nggak terlalu suka. Perluas wawasanmu. Selipkan buku kecil ditasmu. Membaca lah di setiap kesempatan yang kamu punya. Pernah denger kan kalau ‘membaca itu jendela dunia’, dan itu sama sekali nggak bohong. Cobalah tanya orang sukses yang ada di sekitarmu saat ini. Jadi, beri sedikit lebih banyak lagi waktu untuk membaca dan jadi lebih bijaksana lagi yuk.

4. Berhenti nonton TV

berhenti nonton tv via 500px.com

Berapa jam dalam sehari kamu menghabiskan waktu buat nonton TV? 3 jam? 4 jam ? 5 jam? Aahh.. sebanyak apapun kamu menonton TV sama sekali tidak akan membuatmu lebih baik jika dibandingkan dengan aktifitas lainnya. Kalaupun memang mencari hiburan, carilah hiburan yang yang bermanfaat serta melibatkan interaksi dengan orang lain, ajak teman- temanmu. Dan kalaupun memang harus menonton TV, jangan cuma nonton gosip selebriti atau sinetron, tetapi tontonlah sesuatu yang memperkaya pengetahuanmu dan jangan lupa untuk selalu berpikir kritis dalam menyerap setiap informasi yang kamu dapatkan .

5. Berwirausahalah

ayo berwirausaha! via 500px.com

Jadilah entrepreneur sejati. Ini kalau kamu memang ingin bekerja secara bebas dan penuh tantangan. Banyak sekali hal yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi wirausahawan. Selain kamu bisa membentuk model dan gaya perusahaanmu sendiri kamu juga berkesempatan memberi lapangan pekerjaan buat orang lain. Menyenangkan bukan?

6. Berikan kepercayaan

trust me via 500px.com

Buatlah  orang – orang disekitarmu mempercayaimu. Beri mereka alasan yang kuat untuk bisa percaya padamu. Berlakulah jujur dan sebisa mungkin tidak berbohong. Yah, walaupun hal tersebut tidak akan menjamin orang lain juga berlaku jujur padamu. Kamu mungkin akan dikhianati, kamu mungkin akan dibuat kecewa oleh orang yang telah kamu berikan kepercayaan, oleh sahabat, kekasih, atau rekan kerjamu. Tetapi semua hal itu tidak seharusnya menjadi alasanmu  untuk tidak berlaku jujur kepada mereka. Jadilah jujur dan buat mereka tidak lagi memiliki alasan untuk tidak memberikan kepercayaan mereka juga kepadamu.

7. Perhatikan orang- orang disekitarmu

happy holi via 500px.com

Silahkan kamu amati orang – orang yang ada disekitarmu. Coba amati bagaimana mereka menjalani hidup dalam kesehariannya dan bagaimana kualitas hidup yang mereka miliki. Apakah kamu ingin menjadi seperti mereka? Lalu apa yang akan kamu lakukan? Kamu sudah tumbuh menjadi anak muda yang mandiri sekarang. Keputusan sikap hidupmu ada di tanganmu, temukan orang-orang yang mampu memotivasimu untuk menjadi lebih baik.

8. Hargai waktumu

time is so precious via 500px.com

Jangan habiskan waktu kepada mereka yang tidak bisa kamu percaya. Jangan habiskan waktumu bersama dengan pasangan yang mengkhianati cintamu. Jangan habiskan waktumu dengan teman- temanmu yang tidak memperlakukanmu dengan baik atau bahkan malah mempengaruhimu ke dalam hal – hal yang kurang baik. Waktumu terlalu berharga untuk dibuang bagi suatu hal yang tidak berkualitas. Jangan juga terlambat dalam setiap kuliah, pertemuan atau pekerjaan yang kamu miliki. Dengan begitu kamu juga bisa belajar menghargai waktu milik orang lain. Jangan membuat orang lain menunggu, sama seperti halnya kamu tidak suka dibuat menunggu oleh mereka. Hargailah waktu.

9. Gagal-lah

don’t be sad via 500px.com

Gak percaya? Iya, kamu harus gagal. Gagal lah secepat mungkin. Gagal lah dalam percintaan, dalam kuliahmu, dalam pekerjaanmu, atau gagal lah dalam berteman. Kenapa kamu harus segera gagal? Karena itu berarti kamu telah melakukan sesuatu dan itu bagus. Lakukan lah semua hal, cobalah ini dan itu. Kalau salah dan gagal, itu wajar kok. Tetapi satu hal yang paling penting dari kegagalan kita adalah segera bangkit dan pelajari sesuatu dari kegagalan kita. Semakin cepat kamu gagal, semakin cepat kamu akan mengetahui apa yang salah, semakin cepat kamu belajar dan semakin cepat kamu memperbaiki diri. Jangan melulu memandang sebuah kegagalan sebagai sesuatu yang buruk, kegagalan adalah cara yang baik untuk memperbaiki kualitas hidupmu.

10. Sukses? lalu apa?

what’s next? via 500px.com

Apa sih sukses menurutmu? Lalu kalau hal itu sudah bisa tercapai apa kamu akan berhenti berjuang? Sebenarnya tidak ada titik dimana kita bisa dikatakan sukses secara sepenuhnya. Setelah kita berhasil mencapai suatu hal, maka akan hadir lagi target pencapaian yang baru, begitu seterusnya. Itulah mengapa kita harus senantiasa berjuang mencapai sebuah sukses kecil lalu menetapkan sukses yang baru. Jangan bermalas – malasan karena hidup itu memang sebuah perjuangan menuju kata sukses yang sebenarnya tidak akan selesai, tetapi juga jangan terlalu memaksakan dirimu. Selama kamu dan orang – orang disekitarmu merasa bahagia dengan kondisimu saat ini mungkin saja kamu sudah cukup sukses.

11. Sabarkan hatimu

i’m waiting via 500px.com

Jadilah sabar. Tidak ada yang perlu kamu khawatirkan secara berlebih. Because eventually all the pieces will fall into place. Selalu lakukan dan berikan yang terbaik untuk semua pekerjaan yang dipercayakan padamu. Sabarkanlah hatimu, percayalah akan hal yang baik, dan lihatlah bahwa semua akan kembali padamu sebaik apa yang kamu usahakan.

Kamu tidak perlu melakukan semua hal tersebut kalau itu memang tidak mudah bagimu. Tetapi kalau kamu tidak mau menyesal di masa tuamu nanti, maka ada baiknya kalo kamu melakukan paling tidak sebagian dari semua hal diatas. Hiduplah penuh makna di masa mudamu.