Di zaman yang serba cepat dan segalanya ingin didapat seperi ini, rasanya tak ada seorang pun yang ingin menjadi pengangguran. Pun ketika seseorang terpaksa harus di rumah, ia pasti akan mencari berbagai kegiatan yang diharapkan bisa menghasilkan. Apalagi untukmu yang baru saja lulus dan masih bau toga. Mendapatkan pekerjaan rasanya menjadi resolusi utama yang harus segera dieksekusi. Sebab menjadi seseorang yang tanpa pekerjaan di era seperti ini itu nggak enak sekali.

Iya, iya, kamu pasti sudah tak sabar ingin berkomentar bahwa mencari pekerjaan itu bukan perkara gampang. Kalau pun gampang, kamu (dan beberapa teman) mungkin tak sampai harus keluar masuk job fair untuk apply pekerjaan.

Advertisement

Tenang, meski belum juga dipertemukan dengan pekerjaan, Hipwee ada di sini untuk selalu mendukungmu. Seperti beberapa hal di bawah ini yang diam-diam bisa mencambuk semangatmu biar lebih on fire lagi.

1. Gagal sekali, coba lagi! Kalau masih gagal, mungkin sudah waktunya pilihan lain yang kamu lakoni

Terus mencari atau ciptakan sendiri! via www.unsplash.com

Kesempatan itu sebenarnya tak hanya datang satu kali. Asal kamu perlu percaya dan berusaha, kesempatan pasti akan ada. Kamu hanya perlu melakukan dua hal itu berulang kali. Tak apa berdarah-darah di awal, toh nanti kamu akan memetik hasilnya. Suatu saat nanti.

2. Apapun usahamu dalam menjemput rezeki, pastikan tujuanmu tak pernah hilang. Sebab tujuan ini yang akan buatmu kuat menjalani

Jangan sampai ubah tujuan~ via www.unsplash.com

Saat proses pencarian pekerjaan, halangan pasti akan datang. Kalau keadaan memang sudah tidak memungkinkan, kamu tak apa mengubah sedikit dari rencanamu. Asalkan pegang teguh tujuan hidupmu. Karena tujuanmu ini ibarat penerang yang akan terus menemani langkahmu.

3. Nggak apa-apa kok kalau kerja di luar passion. Asal kamu punya kerja keras, bakat sehebat apapun pasti bisa kalah

Kamu hanya perlu kerja keras! via www.unsplash.com

Advertisement

Tak perlu resah kalau memang bakatmu biasa-biasa aja. Asalkan kamu tak henti bekerja keras, pekerjaan impian tak akan mustahil didapatkan.

4. Karena nggak ada yang mustahil di dunia ini. Termasuk kamu meski sudah selama ini mencari~

Susah bukan berarti nggak bisa kan? via www.unsplash.com

Mencari pekerjaan di zaman sekarang memang tidak mudah. Malahan makin susah karena banyaknya saingan. Namun susah bukan berarti mustahil diraih, bukan?

5. Anak muda, punya banyak waktu dan menang di usia, harusnya kamu nggak mudah menyerah gitu aja

Just never give up 🙂 via www.unsplash.com

Kalau mau lekas dipertemukan dengan pekerjaan (apalagi pekerjaan impian), simpan dulu kata menyerah dalam kehidupan. Sebab kata menyerah hanya buatmu enggan mencoba lagi. Padahal kesempatan bisa datang lagi.

6. Kalau mau menjemput rezeki ya jangan malu. Malulah kalau kamu tak mau mencoba dan bergantung saja

Ngapain malu kalau memang harus memulai dari bawah? via www.unsplash.com

Selain kata menyerah, ini nih yang sering buatmu ragu untuk lebih rajin mencari pekerjaan. Kamu seringnya merasa malu dengan teman-temanmu. Apalagi mereka sudah beberapa tingkat di atasmu. Mulai sekarang, simpan baik-baik rasa malumu. Keluarkan itu kalau kamu tak mau berusaha dan bergantung saja!

7. Jangan langsung berharap gaji tinggi. Toh kalau ingin melompat, kamu butuh pijakan untuk menempatkan kaki

Sesuatu nggak ada yang instan via www.unsplash.com

Gaji yang tinggi itu proses. Dan selama prosesnya kamu butuh batu pijakan untuk bisa melompat lebih tinggi. Mulailah berdamai dengan tawaran pekerjaan dengan gaji yang sederhana. Toh dari sana kamu bisa cari modal pengalaman untuk langkahmu selanjutnya.

8. Iya sih cari pekerjaan bisa besok-besok aja, tapi yakin kamu masih punya ‘besok’ dan kesempatan yang ada?

Sudah cukup kamu menikmati waktu leha-lehamu via www.unsplash.com

Saat kamu menunda mencari pekerjaan sekarang, ada ribuan orang yang berjuang keras untuk mendapatkannya. Pun ketika kamu menunda menjemput rezekimu sekarang, waktu belum tentu memberimu kesempatan. Jadi daripada terus berleha-leha, lebih baik berjuang dari sekarang.

9. Yakin nih mau kelamaan menganggur? Kasihan tuh ilmu dan pengalamanmu kalau kelamaan tertidur…

Sayang ih sama ilmu dan pengalamanmu via www.unsplash.com

Menunda melamar pekerjaan hari ini, berarti kamu menambah ‘waktu tidur’ pengalaman dan ilmu yang selama ini kamu kantongi. Kalau lama-lama dibiarkan tidur, bukankah itu bentuk dari kesia-siaan? Apalagi kalau orang-orang yang mendukungmu belajar dulu sampai tahu.

10. Kalau sampai sekarang kamu belum juga dipertemukan dengan pekerjaan, mungkin karena kamu enggan bangun pagi

Mungkin selama ini kamu jarang bangun pagi via www.unsplash.com

Ada yang bilang rezeki itu dibagikan setiap pagi. Makanya banyak orang yang sudah menjemputnya tiap pagi-pagi buta. Kalau sampai saat ini kamu belum dipertemukan dengan pekerjaan juga, mungkin selama ini kamu terlalu sering melewatkannya. Yuk mulai rajin bangun pagi mulai sekarang.

11. Sisipkan kerja keras di setiap usahamu. Karena ‘hanya’ bekerja hanya akan buatmu kelelahan saja

Kamu nggak mau kan jadi bagian dari sebuah tragedi? via www.unsplash.com

Rasany percuma kalau kamu punya bakat yang cemerlang, tapi tak pernah bekerja keras. Malas-malasan apalagi malu untuk memulai langkah baru, merupakan satu dari banyak hal yang menjauhi kerja keras itu. Mulai sekarang yuk manfaatkan bakat dan talentamu.

12. Kalau bukan kamu yang bergerak dan mengubah nasib, lalu siapa lagi? Kalau bukan sekarang lalu kapan lagi?

Kamu adalah penentu masa depanmu via www.unsplash.com

Meski kamu punya sahabat yang solid, keluarga yang pengertian atau pacar yang 24/7 bersamamu, semuanya nggak akan bisa membantumu meraih masa depan. Sebab kamulah satu-satunya orang yang bisa meraih masa depanmu, memantaskan diri, termasuk dalam hal mendapatan pekerjaan ini. Mulai sekarang yakinlah bahwa kamu bisa dan mampu diamanahi pekerjaan impianmu ini.

Tahun baru, sambutlah dengan semangat yang baru. Semangat untuk melecut diri dan melampaui batasanmu. Kalau tahun ini kamu masih mencari, semoga di tahun depan kamu bisa dipertemukan dengan pekerjaan impian. Karena tahun 2019 itu terlalu sayang kalau dilewati dengan status pengangguran. Semangat!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya