Siapa sih yang nggak pengen hidupnya lebih baik lagi dari waktu ke waktu? Bukan iri, tapi jujur saat melihat temanmu yang sudah mapan, menikah, dan hidupnya nampak seru, sesekali di kepalamu terlintas pikiran, “kapan ya aku bisa kayak dia?”. Sampai akhirnya di pergantian tahun kamu berencana menyusun banyak resolusi besar, demi masa depan yang lebih baik, tentunya. Mulai dari resolusi hidup sehat sampai resolusi untuk bisa jalan-jalan mengunjungi suatu tempat.

Tak lupa, salah satu resolusi besarmu kamu sematkan pada kelanjutan hubunganmu dengan pasangan. Di tahun yang baru ini, kamu punya keinginan untuk bisa naik level dalam hubungan. Tak salah memang punya resolusi untuk menikah tahun ini, namun tentunya kamu juga harus menanti kepastian dari pasanganmu agar sama-sama bisa melangkah maju. Nah daripada kamu cuma bisa menunggu, coba deh wujudkan resolusi-resolusi ini juga. Meskipun sepele, tapi manfaatnya bagus untuk masa depanmu.

1. Demi menjaga kesehatan jangka panjang, mengurangi junkfood dan nasi bisa dimulai dari sekarang

Makan sehat via unsplash.com

Banyak yang tak bisa mendustakan kenikmatan junkfood alias makan cepat saji, termasuk kamu. Sudah mudah didapatkan dan harganya terjangkau pula. Nasi pun sama wajibnya. Bagi sebagian besar orang Indonesia, nasi adalah makanan sebenarnya. Makan tanpa nasi sih cuma nyemil. Padahal kamu tahu bahwa junkfood dan nasi yang terlalu banyak tidak bagus untuk kesehatan. Risikonya menyeramkan seperti diabetes, kolesterol, hingga kanker!

Jadi mumpung masih muda dan sehat, akan lebih bagus jika kamu perlahan-lahan mengurangi makanan cepat saji dan nasi. Kalau kamu merasa kesulitan, coba deh mulai dengan target kecil dulu. Seperti makan junkfood maksimal dua minggu sekali, dan berhenti makan nasi di malam hari. Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan the real food lainnya. Supaya kesehatan di hari tua nanti tidak kamu sesali.

2. Karena makan sehat saja nggak cukup jaga kebugaran tubuh ini, kamu perlu olahraga minimal seminggu sekali

Lari pagi di akhir pekan via unsplash.com

Tidur memang lebih nyaman dibanding lari keliling taman. Tapi perlu kamu ingat kalau yang nyaman itu belum tentu sepenuhnya baik, dan dalam hal ini ya kesehatan serta kebugaran tubuhmu. Karena menjaga kelenturan tubuh, kekokohan tulang, sampai kesegaran pikiran, kamu perlu berolahraga. Pertama memulai memang berat rasanya, tapi lama-lama jelas kamu akan menikmatinya. Paling tidak seminggu sekali cukup untuk jadi permulaan. Percaya deh, kamu akan merasakan manfaatnya.

3. Sesekali menolak ajakan teman untuk pergi jalan-jalan atau nongkrong kalau memang itu tak perlu

Menolak ajakan teman dan menikmati waktu di rumah via unsplash.com

Punya rasa nggak enakan dalam menolak sesuatu nyatanya bukan hal yang baik. Terkadang kita memaksakan diri untuk menyukai hanya supaya dianggap baik hati. Tapi mau sampai kapan kamu akan terus mengiyakan sesuatu yang sebenarnya tak kamu butuhkan? Sudah tak mendatangkan manfaat apa-apa, malah kadang merugikan.

Sementara kalau saja bisa bilang tidak, kamu bisa sedikit berhemat dan istirahat lebih banyak. Jadikan hal ini resolusi untuk tahun ini. Sebab berani mengatakan “tidak” sama juga berarti kamu berani mengemukakan pendapat dan bisa menyusun prioritas sendiri.

4. Nggak cuma mulai mengatur pengeluaran dengan baik, tapi juga belajar masak. Masa iya setelah nikah kalian makan di luar terus, sih…

Belajar masak via unsplash.com

Percaya nggak kalau kebutuhan makan jadi salah satu pengeluaran terbesar setiap bulannya? Hitung saja, kalau dalam sekali makan kamu harus merogoh kocek paling murah 10 ribu rupiah, dalam sehari harus makan 3 kali, jadi total untuk makan 30 ribu rupiah dan bahkan bisa lebih dari itu cuma untuk sehari. Belum lagi keinginan untuk cemal-cemil saat lihat ada makanan ringan yang menggoda iman.

Jadi kalau memang ingin belajar mengatur pengeluaran, ya harusnya kamu belajar memasak juga. Mau cewek atau cowok, bisa memasak makanan dasar penting hukumnya. Paling tidak, bisa memasak makanan sehari-hari, seperti sayur bayam, sup, atau sekadar bikin ayam goreng. Bukan cuma mengirit pengeluaran, tapi kamu sendiri bisa menjaga kesehatan. Karena makanan yang diolah sendiri jelas lebih bisa diatur kualitasnya. Yuk, mulai dari tahun ini~

5. Senyum minimal ke orang terdekatmu, bukan berusaha untuk ramah, tapi memang kamu meyakini kalau senyum itu ibadah

Senyum itu ibadah via unsplash.com

Bila ditanya tentang manfaat senyum, tentu ada banyak sekali jawabannya. Tak hanya bisa mengubah wajah dunia, sebuah senyuman di pagi hari juga akan menyebarkan semangat ke banyak orang. Belum lagi, senyum juga bisa menambah manis wajah seseorang. Yuk awali tahun ini dengan resolusi memperbanyak senyum setiap harinya. Caranya mudah saja, mulai dengan tekad untuk tersenyum dan menyapa orang pertama yang kamu temui saat keluar rumah.

Sebab senyum bisa jadi awalan baik menyambut hari-hari selanjutnya di awal tahun 2018 ini. Apalagi kalau senyum itu didukung dengan sederet gigi yang bersih dan napas yang segar. Bukan hanya membuatmu lebih ramah tapi juga menarik. Dan senyum semanis itu bisa kamu dapat kalau kamu rajin mengosok gigi dengan Closeup Ever Fresh. Formula baru Antibacterial Mouthwash Formula, Crystal Micro Shine dan Flouride akan membuat napasmu lebih segar hingga 12 jam. Karena mampu melawan kuman penyebab bau mulut hingga 99 persen, dan juga bisa membantu gigi tampak lebih putih dan kuat. Jadi kian pede untuk #StartFresh2018 dengan senyum segar nih.

Closeup Ever Fresh

6. Belajar mengerti dan berkompromi dengan pendapat orang lain, karena itu kunci keharmonisan setiap hubungan

Dewasa via unsplash.com

Salah itu manusiawi. Begitupula dengan sikap-sikap yang dirasa kurang baik. Tapi karena manusia dibekali kemampuan berpikir yang baik, harusnya bisa terus berbenah diri. Paling tidak, perlahan-lahan menumbuhkan rasa toleransi, belajar mengendalikan emosi, hingga mengenali apa yang baik dan tidak dirimu sendiri. Sambil menunggu diseriusi pasangan, yuk belajar mengendalikan emosi dan berkompromi. Toh dua hal itu jadi kunci penting dalam keharmonisan hubungan.

Menyambut tahun baru tentu kita berharap ada kebaikan-kebaikan baru yang datang. Salah satu caranya adalah membuat resolusi-resolusi yang memang akan dilakukan bukan hanya dicanangkan. Resolusi tak harus besar, yang penting berdampak baik untuk kita. Sambil nunggu diseriusi pasangan, yuk, #StartFresh2018 dengan hal-hal yang positif dan segar seperti Closeup Ever Fresh. Biar setiap tahun bertambah positif, sehingga kalau waktunya tiba kamu sudah siap sepenuhnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya