Percayakah jika kamu bisa jadi musuh buat dirimu sendiri? Alasannya sederhana, kamu sering melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak baik untuk hidupmu. Padahal, banyak hal sederhana yang sebenarnya bisa membuat hidup kita lebih bahagia lho.

Sayang, kadang kita justru melakukan hal-hal yang justru membuat hidup kita berantakan. Apakah saat ini kamu sedang merasa hidupmu berjalan di luar kendali? Jika iya, bisa jadi karena kamu terlalu sering melakukan hal-hal kecil ini…

Advertisement

1. Tanpa Sadar, Kamu Menyia-Nyiakan Hidup Dengan Membuang Waktu

buang-buang waktu

buang-buang waktu via timemanagementninja.com

Setiap hari, kamu punya waktu 24 jam yang harus benar-benar dimanfaatkan. Kamu perlu makan, tidur, bekerja, belajar, dan lain-lain. Nggak perlu buang-buang waktu buat mengurung diri di kamar dan meratapi kisah cintamu ‘kan?

Sebaiknya, kerjakan apa yang emang jadi tugasmu dan harus kamu lakukan. Yang nggak penting? Nggak usah aja lah..

2. Kamu Frustasi Karena Tidak Pintar Mengatur Waktu

terlalu banyak kegiatan = frustasi

terlalu banyak kegiatan = frustasi via www.hatikupercaya.com

Advertisement

24 jam itu cukup kok buat melakukan semua kegiatanmu. Kuncinya, kamu harus benar-benar selektif dalam memilih kegiatan yang akan kamu kerjakan. Pintar-pintarlah menyusun jadwal kegiatan sehari-harimu.

Jangan bersikap ambisius untuk bisa mengerjakan semua hal. Akhirnya, kamu justru akan merasa frustasi karena merasa nggak bisa maksimal.

3. Tubuhmu Juga Perlu Dicintai. Kenapa Malah Makan Makanan yang Membuatmu Alergi?

udah tau alergi, kenapa dimakan?

udah tau alergi, kenapa dimakan? via resepmasakann.info

Satu-satunya yang tau tentang tubuhmu, ya dirimu sendiri. Jangan nekat makan kepiting kalau tau itu bisa membuat tubuhmu gatal-gatal. Buat apa menuruti nafsu kalau akhirnya kamu sendiri yang repot?

Makanlah apa yang bisa diterima tubuhmu. Makanan sehat dengan porsi secukupnya akan membuat tubuhmu tetap sehat dan giat. Ya, syukur-syukur kalau kesehatan membuat umurmu lebih panjang ‘kan…

4. Malas Olahraga

malas olahraga?

malas olahraga? via instagram.com

Tubuhmu butuh bergerak, maka kamu wajib olahraga. Usahakan buat lari pagi paling nggak setengah jam setiap hari. Bisa juga dengan pergi ke gym 3-4 kali dalam seminggu. Sadari bahwa tubuhmu nggak akan bisa berfungsi secara maksimal kalau kamu nggak olahraga.

5.  Sudah Seimbangkah Hidupmu? Jangan-Jangan Kamu Selalu “Menggila” Di Akhir Pekan

gila-gilaan di akhir pekan

gila-gilaan di akhir pekan via ganlob.com

Guys, nggak ada yang melarang kamu buat bersenang-senang di akhir pekan. Tapi, kalau kamu kelewatan dan nggak bisa mengontrol diri sendiri itu juga nggak baik. Kamu mungkin sangat disiplin selama hari kerja. Bisa jadi, hal ini yang bikin kamu kangen banget sama akhir pekan.

Nah, sebaiknya kamu mulai belajar adil sama dirimu sendiri. Di hari kerja, bersantai di cafe setelah menyelesaikan tugas kantor itu sah-sah aja kok. Pastikan kalau hidupmu bisa seimbang.

6. Akhir Pekan = Balas Dendam

akhir pekan = balas dendam

akhir pekan = balas dendam via paulmayers.blogs.com

Hayo, siapa yang sering melakukan ini? Yup, kamu mungkin sengaja buat balas dendam di akhir pekan. Misalnya, kamu puas-puasin buat begadang nonton film. Lalu, kamu baru bangun setelah jam 12 siang. Ini nggak bagus buat pola hidupmu, lho!

Kalau udah biasa tidur jam 10 malam dan bangun jam 7 pagi, sebaiknya tetap lakukan kebiasaan itu. Jangan sampai kamu bangun terlambat di hari Senin karena kebiasaan di hari Sabtu dan Minggu.

7. Kurang Tidur, Kebanyakan Tidur, Dan Minum Obat Tidur Itu Sama-Sama Nggak Bagus

jangan minum obat tidur

jangan minum obat tidur via www.redorbit.com

Jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan kenapa kamu kurang tidur. Pasalnya, tidur cukup itu penting banget buat menjaga metabolisme tubuhmu. Tapi, kebanyakan tidur juga nggak baik, guys! Hal ini justru bikin tubuhmu lemas dan nggak fit.

Kamu mungkin aja terbiasa menelan obat tidur yang dijual di warung-warung. Entah karena sering susah tidur atau kamu menderita insomnia. Tapi, obat-obatan itu jelas punya efek samping. Walaupun terlihat bisa pulas tertidur, kamu nggak akan merasakan efek positif dari tidur yang berkualitas.

8. Kacaunya Hidup Itu Bisa Juga Karena Pertemanan yang Salah yang Tetap Kamu Pertahankan Dalam Hidup

temanmu baik nggak?

temanmu baik nggak? via www.flickr.com

Bukannya mau bersikap oportunis atau egois, tapi teman emang bisa memberi pengaruh besar dalam perkembangan dirimu. Lihat berapa banyak teman yang ada di sekitarmu. Apakah mereka semua benar-benar menjadi pengaru?

Yup, untuk menjadi orang yang baik, kamu harus bergaul dengan orang-orang baik. Sementara, untuk mendapat kehidupan yang lebih baik, kamu juga harus berteman dengan mereka yang memberi pengaruh positif dan mendukung perkembanganmu.

9. Kamu Bisa Merasa Kesepian dan Sendirian Karena Gagal Menjaga Ikatan Pertemanan

nggak punya teman atau kenalan

nggak punya teman atau kenalan via www.returnyoga.org

Jaringan pertemanan itu ibarat seninya hidup, guys! Bukan cuma sekedar koleksi nomor telepon, berapa banyak temanmu di Facebook, atau berapa jumlah follower-mu di Twitter. Nomor telepon dan jumlah follower itu nggak ada artinya kalau kamu nggak berinteraksi sama mereka. Kamu harus benar-benar kontak sama mereka. Menjaga hubungan baik dengan teman dan kenalanmu.

Menghubungi teman atau kenalan pas lagi butuh akan membuat mereka merasa seperti dimanfaatkan.

10. Giatilah Pekerjaan yang Bisa Kamu Cinta. Itulah Satu-Satunya Cara Kamu Bisa Bahagia

menghadapi pekerjaan yang nggak kamu suka

menghadapi pekerjaan yang nggak kamu suka via www.payscale.com

Kalau kamu harus jujur, apakah kamu benar-benar menyukai pekerjaanmu saat ini? Apakah kamu benar-benar merasa itu panggilan hatimu, bahwa apa yang kamu lakukan memberi arti bagi hidupmu? Terlalu banyak dari kita yang membohongi diri sendiri agar bisa merasa “bahagia”. Akibatnya, kita merasa tersiksa, tapi tetap saja memaksa diri kita mengerjakan hal itu.

Pilihan kamu ada dua. Pertama, walaupun nggak suka atau nggak bisa kamu tetap fokus mengerjakan pekerjaanmu itu. Kedua, kamu memilih berhenti dan menata ulang hidupmu ke titik nol. Nah, sebelum kamu benar-benar memilih untuk berhenti, pertimbangkan apakah kamu mampu menanggung segala resiko finansial yang pasti akan datang. Pertimbangkan juga apa dampaknya pada rekan-rekan kerja di kantormu. Pastikan juga pekerjaan barumu lebih baik daripada pekerjaan yang ingin kamu lepaskan. Sebenarnya, semua bisa dilakukan asal kamu sudah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik.

11. Terlalu Banyak Bermimpi Tanpa Ada Usaha Untuk Mewujudkan

kamu sedang bermimpi

kamu sedang bermimpi via junglok.org

Apa yang kamu inginkan di masa depan mungkin sudah ada di kepala dan angan-anganmu sekarang. Tapi, apa kamu sudah berusaha untuk mewujudkannya? Jika belum, kamu berarti masih sedang bermimipi ‘kan?

Percaya deh, itu nggak akan bikin hidupmu lebih baik. Jangan cuma jadi pemimpi, tapi segera lakukan sesuatu untuk membuat mimpimu jadi kenyataan.

12. Berlama-Lama Bertahan Di Hubungan Tanpa Masa Depan

pasangan nggak tepat

pasangan nggak tepat via www.hillcitybride.com

Dalam mencari pasangan kamu mungkin udah punya kriteria khusus. Harus cakep, pinter, sholeh, sabar, dan sebagainya. Kamu merasa telah menemukan segalanya di pasanganmu yang sekarang, walaupun banyak bukti bahwa kalian berdua sebenarnya kurang cocok. “Pokoknya aku mau sama dia selamanya!”

Padahal, kamu telah berkali-kali putus-sambung dengan pasanganmu itu. Kamu yakin mau putus untuk kesekian kalinya? Siapa sih yang rela merasakan patah hati berkali-kali? Coba deh, kenali dirimu dan pertanyakan sekali lagi apakah dia memang yang paling pas buat kamu. Kali ini, kamu harus benar-benar jujur.

13. Mudah Panik Setiap Menghadapi Masalah

nggak bisa berpikir tenang

nggak bisa berpikir tenang via imgarcade.com

Merenung, meditasi, atau apalah itu. Dalam menghadapi suatu masalah, pikiran harus diendapkan terlebih dahulu. Ada saat-saat dimana kamu harus duduk santai, tenang, dan ‘merasakan’ dirimu sendiri.

Cobalah untuk mendengar suara hatimu. Kamu mungkin akan tau tentang apa yang harus kamu kerjakan atau mana yang harus kamu pilih.

14. Selalu bertanya “Kenapa Aku Nggak Sempurna?”

kenapa aku nggak sempurna

kenapa aku nggak sempurna via www.deviantart.com

Di dalam dirimu, selalu ada kekurangan dan kelebihan. Cobalah untuk semaksimal mungkin memperbaiki kekuranganmu. Ketika hal itu masih bisa diubah, jangan lelah untuk berjuang.

Tapi, ketika kekurangan itu emang nggak bisa diubah, ikhlaskan hatimu buat menerimanya. Satu lagi, jangan lupa bersyukur untuk kelebihan yang kamu punya.

15. Menciptakan dan Mempercayai Kebohongan

percaya kebohongan

percaya kebohongan via agbeat.com

Mungkin kamu takut untuk jujur, atau merasa mengutarakan kebenaran terlalu merepotkan. Tapi, hal itu bukan alasan buat kamu untuk mengandalkan perbuatan bohong. Membiarkan dirimu merasa tenang dalam kebohongan itu bukan perilaku yang bisa dipertahankan. Apa kamu benar-benar yakin kalau kamu nggak akan pernah ketahuan?

Well, semua orang tentu ingin hidup bahagia dan siapapun pasti bisa bahagia. Kalau kamu punya keinginan yang sama, sebaiknya mulailah dengan mengubah hal-hal di atas, ya! Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya