Apakah kamu percaya kalau kehidupanmu saat ini adalah buah dari apa yang kamu lakukan di masa lalu? Kalau iya, berarti kamu telah menyadari bahwa masa depanmu itu ada di tanganmu sendiri. Apa yang akan terjadi pada kehidupanmu di masa mendatang adalah hasil dari kontrol atas kehidupanmu mulai dari sekarang.

Agar kamu bisa mengatur dan mengontrol kehidupanmu sendiri, kamu perlu tahu hal-hal ini terlebih dulu!

1. Kamu Hadir di Dunia Ini Untuk Jadi Pemenang

Kamu adalah seorang pemenang via smutnehistoryjki2.blog.onet.pl

Saat kamu lagi nge-down atau kehilangan semangat, renungkanlah kembali hal-hal yang bisa menguatkan mentalmu lagi. Ingatlah perjuangan-perjuanganmu yang pernah kamu lakukan. Berapa banyak tenaga, pikiran dan materi yang sudah kamu keluarkan.

Kamu sudah bisa bertahan dan berjuang hingga sampai sejauh ini adalah bukti bahwa kamu adalah seorang pejuang yang tangguh. Dan hanya seorang pejuang tangguhlah yang pantas untuk jadi pemenang yang sesungguhnya. Percayalah pada kemampuanmu sendiri, dan yakin bahwa kamu bisa menjadi seorang pemenang dalam kehidupan ini.

2. Beranikan Diri Untuk Melawan Rasa Takutmu

Advertisement

Lawan rasa takutmu via www.russia-online.cn

Apa yang bisa kamu dapatkan jika terus-terusan memelihara rasa takut? Kalau kamu selalu terkekang oleh rasa takut, apakah kamu bisa pergi keluar rumah dan menjelajahi indahnya dunia? Kalau kamu takut, apakah kamu bisa mendapatkan apa yang kamu impikan? Bayangkan betapa bebasnya hidupmu tanpa rasa takut!

Berhentilah menjadi seorang penakut, dan mulailah menjadi seorang pemberani.  Seorang penakut hanya bisa bermimpi saja, sedangkan seorang pemberani bisa mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan.

3. Kehidupanmu Adalah Pilihanmu

life is a choice via myemail.constantcontact.com

Kehidupan yang kamu jalani saat ini, adalah kehidupan yang telah kamu pilih. Kamu menjadi seorang dokter, pengacara, penulis, atau melanjutkan kuliah lagi, itu semua pilihanmu. Jadi, sebenci apapun dirimu dengan kehidupanmu saat ini, ini adalah kehidupan yang telah kamu ciptakan sendiri.

Stop menyalahkan orang lain dan keadaan. Kamulah yang bertanggung jawab atas pilihan-pilihan hidup yang kamu ambil. Saat kamu menginginkan hidup yang lebih baik, semua itu akan terjadi jika kamu memilih untuk hidup lebih baik . Apa yang kamu pilih, adalah apa yang akan kamu miliki nanti.

4. Kamu Punya Kekuatan Untuk Menciptakan Kehidupanmu Sendiri

Ciptakan kehidupanmu sendiri via www.esoftload.info

Kamu sepenuhnya punya kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang kamu inginkan. Rasa tidak mampu yang membebanimu selama ini hanya muncul dari kecemasan dan rasa takit yang menghantui. Yang perlu kamu lakukan hanyalah percaya bahwa kamu bisa, lalu berusaha dan wujudkanlah. Tidak ada cara lain selain melakukan hal itu.

Jika kamu selalu ragu dengan kemampuanmu sendiri, dan di dalam pikiranmu kamu selalu berpikir bahwa, “Ini adalah hal yang mustahil!”, maka sampai kamu mati pun apa yang kamu impikan tidak akan pernah terwujud.

5. Pikiranmu Dapat Mengontrol Hidupmu

Pikiranmu dapat mengontrol kehidupanmu via www.fiz-x.com

Pikiranmu memiliki peran yang penting dalam mengatur kehidupanmu. Semua tindakanmu berawal dari apa yang ada di dalam kepala. Saat kamu berpikir dan yakin bahwa kamu bisa melakukan sesuatu, maka kamu akan berusaha untuk melakukannya.

Perlu kamu sadari bahwa kekuatan sesungguhnya adalah apa yang ada di dalam pikiranmu, bukan pikiran orang tuamu atau teman-temanmu. Berpikirlah positif, maka kamupun akan bertindak positif.

6. Jadikan Kekalahan Sebagai Batu Pijakan Menuju Kesuksesan

Jadikan kekalahan sebagai baju pijakan via alifearchitect.wordpress.com

Hidup adalah sebuah pertandingan. Kamu akan bersaing dengan orang lain untuk bisa bertahan, dan kamu harus selalu siap untuk kalah maupun menang. Kamu mungkin saja kalah dari orang-orang yang lebih pintar dan lebih berpengalaman darimu.

Tapi saat kamu selalu bisa berusaha bangkit dari kekalahanmu, kamu tidaklah sedang mengalami kekalahan. Jadikanlah kekalahanmu sebagai sebuah batu pijakan untuk bisa meraih kemenangan.

7. Jangan Takut Untuk Jadi Seseorang yang Berbeda

Jadilah orang yang berbeda dengan caramu sendiri via www.chrismoss.ca

Jangan takut untuk mengekspresikan dirimu yang sesungguhnya, karena menjadi diri sendiri adalah hak buatmu. Memang, masyarakat selalu menuntut kita untuk bisa mencocokkan diri dengan mereka. Jika kita memilih untuk menjadi berbeda dengan orang kebanyakan, kemungkinan besar kita akan dijauhi. Tapi menjadi diri sendiri adalah cara terbaik untuk meraih kesuksesanmu sendiri.

Kalau orang lain berpikiran buruk terhadapmu, itu terserah mereka. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa menjadi orang yang diterima dengan caramu sendiri, dan bahkan orang lain bisa menilai bahwa kamu adalah orang yang luar biasa.

8. Yang Kamu Butuhkan Adalah Kelebihanmu, Bukan Kekuranganmu

Fokuslah pada kelebihanmu, bukan kelemahanmu via www.flickr.com

Mungkin tanpa sengaja kita sering berpikir tentang hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan. Kamu menjadi pesimis dengan dirimu sendiri karena terlalu sering memikirkan kelemahanmu, sampai-sampai kamu lupa kalau kamu juga punya kelebihan.

Jangan mengubur kelebihan yang kamu miliki dengan kelemahanmu. Tapi gunakan kelebihanmu untuk menutupi kelemahanmu. Fokuslah pada kelebihan-kelebihan yang kamu punya, itu akan membuatmu optimis dan pentang untuk menyerah!

9. Kesuksesanmu Sedang Menunggu Untuk Dijemput

Cari dan temukanlah kesuksesanmu via www.cuaconsultancy.nl

Kesempatan itu bukan untuk ditunggu, melainkan untuk dicari dan dijemput. Kesuksesan itu bukan hal yang ajaib, yang bisa tiba-tiba datang menghampirimu. Kalau kamu ingin jadi orang yang sukses, pergi dan temukanlah kesuksesanmu itu.

Orang yang sukses adalah orang-orang yang mau berusaha keras untuk menemukan kesuksesannya. Jadi kalau kamu nggak mau mencarinya, kamu akan kehilangan kesempatanmu untuk bisa meraih kesuksesan.

10. Keluarlah Dari Zona Nyamanmu

Kenyamananmu akan membuatmu tidak berkembang via hitchcockblonde.typepad.com

Terlalu nyaman berada di dalam zona nyaman akan membuat hidupmu seolah-olah baik-baik saja. Berada di zona nyaman bisa membuatmu tidak bisa berkembang, kamu hanya akan terlihat sebagai seseorang yang biasa-biasa saja. Lalu apa yang akan kamu dapatkan jika kamu selalu hidup dalam kehidupan yang biasa-biasa saja?

Kenyamananmu ini justru bisa bisa menjadi belenggu dalam kehidupanmu sendiri. Banyak hal yang bisa kamu pelajari saat kamu berani untuk menapakkan kakimu dari zona nyamanmu.

11. Jangan Takut Untuk Melakukan Perubahan Besar

Jangan takut untuk melakukan perubhana besar via successismandatorytoday.com

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja. Mereka memilih untuk hidup biasa-biasa saja karena enggan mengambil risiko yang terlalu besar.

Kalau kamu ingin sukses, jelas hal ini adalah hal yang nggak boleh kamu lakukan. Beranilah untuk melakukan perubahan besar. Meskipun hambatan dan risiko yang harus kamu lalui besar, kamu juga akan mendapatkan hasil yang sepadan besarnya.

12. Percayalah Dengan Kekuatan Doa-mu

Berusaha dan disertai doa via successismandatorytoday.com

Ada beberapa hal  yang terjadi diluar kuasa kita. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha sekuat tenaga. Bagaimana hasilnya nanti, itu kita serahkan kepada-Nya. Ketika kamu sudah berusaha sekuat tenaga, jangan lupa untuk berdoa.

Doa-doamu akan mengantarmu kepada rezekimu. Asalkan kamu tetap bersaha dan tidak patah semangat, Tuhan dan semsta akan selalu memberikan balasan yang setimpal kepadamu. Tenanglah, keajaiban itu selalu ada ketika kamu mempercayainya.

13. Kamulah yang Seharusnya Mengendalikan Kehidupanmu

Kamuliah seharusnya yang mengendalikan kehidupanmu sendiri via psy.opmlink.com

Seringkali kita membiarkan diri kita terbawa oleh arus kehidupan kita sendiri. Padahal, seharusnya kitalah yang mengontrol kehidupan kita, bukan kehidupan yang mengontrol kita. Kitalah yang punya kendali atas kehiduan yang kita jalani. Mau dibawa kemana dan mau seperti apa nantinya.

Jika kamu ingin menentukan bagaimana masa depanmu nanti, kendalikan dan arahkan kehiduanmu dari sekarang.

14. Bersabar dan Bertahanlah, Karena Kesuksesanmu (sesungguhnya) ada Di Depan Mata

Bersabarlah, kesuksesanmu sudah di depan mata via www.pickthebrain.com

Terkadang kamu sering merasa bahwa semua mimpimu hanya angan-angan belaka. Rasa-rasanya sangat sulit sekali untuk mewujudkannya, karena begitu banyak rintangan yang menghadangmu di depan mata. Sampai akhirnya kamu pun merasa lelah dan patah arang, dan membiarkan mimpimu pergi begitu saja dari hadapanmu.

Jika kamu merasakan hal ini, tetaplah bersabar dan bertahanlah untuk meraih mimpimu. Mungkin saja mimpimu ternyata hanya ada satu langkah saja di depanmu!

15. Jauhilah Orang-Orang yang Memiliki Pikiran Negatif

Jauhi orang-orang yang membawa dampak egatif padamu via nedhardy.com

Suatu hal yang negatif  itu seperti sebuah penyakit. Ketika kamu bergaul dengan orang-orang yang memiliki pikiran-pikiran yang negatif, tanpa kamu sadari lama-lama kamu pun akan mengikuti kebiasaan itu. Pemikiran yang negatif akan menghasilkan sebuah keyakinan dan hasil yang negatif pada kehidupanmu.

Hindari bergaul dengan orang-orang yang akan membawa dampak negatif padamu, tapi justru selalu kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif.

16. Jadikanlah Hambatanmu Jadi Sebuah Peluang

Jadikan hambatanmu sebagai peluangmu via tuhinternational.com

Dalam perjalanan meraih kesuksesan, kamu akan menemui banyak hambatan yang harus kamu lalui. Perbedaan orang sukses dan tidak sukses adalah kejelian mereka dalam melihat peluang dan kesempatan. Untuk bisa menjadi orang yang sukses, kamu harus bisa menjadikan hambatanmu itu sebagai sebuah peluang besar bagimu untuk berkembang.

17. Ingatlah, Dirimu Adalah Orang yang Spesial

Hargai dan cintai dirimu sendiri via www.elephantjournal.com

Apakah kamu pernah berpikir seperti ini?

“Aku adalah orang yang biasa-biasa aja, nggak punya kelebihan apa-apa yang bisa dibanggakan

Saat kamu menganggap remeh dirimu sendiri, itu artinya kamu sudah menganggap bahwa dirimu adalah seorang korban yang tak berdaya dan nggak punya kekuatan untuk melakukan apapun. Sekali kamu menganggap dirimu seperti itu, maka kamu tidak akan bisa bangkit untuk meraih kesuksesanmu. Orang-orang yang sukses, tidak akan diam saja saat keadaan buruk menimpanya. Kalau kamu merasa kamu kurang spesial, gali dan tekuni kelebihan yang kamu punya!

18. Keluarlah Dari Hidupmu yang Biasa-Biasa Saja

Jangna mau hidup biasa-biasa saja via jeslacasse.com

Hentikanlah kebiasaanmu untuk menerima kehidupan yang biasa-biasa saja. Jika kamu ingin mendapatkan kehidupan sesuai dengan impianmu, maka kamu harus rela bekerja keras agar bisa mewujudkannya. Jika kamu ingin jadi penulis, kamu harus rela punggungmu sakit sebab duduk sepanjang hari. Kalau kamu mau jadi dokter, kamu pun harus ikhlas saat masa mudamu habis untuk memelototi text book tebal.

Bagaimana bisa kamu mendapatkan hal-hal yang kamu impikan jika kamu hanya bisa diam saja dan menerima hal-hal biasa yang bahkan sama sekali bukan keinginanmu?

19. Milikilah Kegigihan dan Keyakinan

Gigih dan yakin via www.vebidoo.com

Usaha dan doa pun tidak akan cukup untuk membawamu pada kesuksesan. Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah sebuah kegigihan dan keyakinan. Kegigihan dan keyakinan harus kamu pupuk dalam jiwamu. Kamu akan menjadi orang yang pantang untuk menyerah. Dari kegigihan dan keyakinanmu dalam melakukan sebuah usaha, kamu akan menuai keberhasilan di akhir perjuanganmu nanti.

20. Jadilah Dirimu Sendiri

Jadilah dirimu sendiri via vk.com

Kamu wajib untuk menjadi dirimu sendiri. Temukan apa yang paling membuatmu bersemangat dan tergerak untuk menjalani hidup. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat sukses di mata orang lain, kamu berusaha untuk mengejar kesuksesan yang dipikirkan oleh orang lain.

Hidupmu di dunia ini hanya satu kali saja, apalah gunanya jika kamu menghabiskan waktumu hanya untuk berpura-pura menjadi orang lain? Ketahuilah bahwa dirimu sangat berharga, maka hargai dan bahagiakanlah dirimu sendiri.

Cara terbaik untuk melihat masa depanmu adalah dengan cara menciptakannya. Kalau kamu ingin mengubah nasibmu di masa depan menjadi lebih baik lagi, maka inilah saat yang tepat untuk mengubahnya. Semua kebaikan yang kamu lakukan saat ini, kamu akan mendapatkan hasilnya di masa mendatang. Ayo, ciptakan masa depanmu sendiri!