Dulu saat masih usia 20 ke bawah, buka bersama atau bukber di bulan Ramadan adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Senang rasanya akan bertemu teman lama. Lagipula sering mengunggap foto bukber dengan geng ini dan geng itu juga membuatmu terlihat hits dan gaul. Makanya, kamu senang-senang saja kalau diminta jadi panitia.

Tapi sekarang kok rasanya berubah. Jangankan jadi panitia bukber. Saat undangan bukber tiba, kamu malah sibuk mengarang alasan untuk tak datang tanpa terkesan sombong. Apa iya, kamu sekarang jadi antisosial? Apa iya sekarang kamu nggak punya teman? Tenang saja, bukan hanya kamu kok yang mengalami. Seiring bertambahnya usia, rasanya kamu semakin jarang bukber. Ini dia alasannnya~

1. Makin dewasa kesibukan makin nambah juga. Waktu yang luang penginnya untuk istirahat saja

capek via unsplash.com

Dulu kamu masih kuliah, sekarang kamu sudah kerja. Dulu tugas kuliah menumpuk di akhir semester, sekarang deadline menumpuk setiap harinya. Pulang kerja rasanya tubuh luluh lantak. Jangankan mau ikut bukber, kadang weekend saja kamu cuma tidur seharian. Karena itulah, semakin bertambah usia kamu semakin malas ikut bukber. Mending istirahat di rumah!

2. Sudah semestinya semakin dewasa semakin ingin habiskan waktu dengan keluarga

buka puasa bareng keluarga via www.istockphoto.com

Tanpa kamu sadari, kini keluarga menjadi prioritas utama. Kamu menyadari bahwa semakin kamu bertambah usia, orangtuamu pun semakin menua. Uban di rambut Ibu dan Ayah semakin banyak saja. Setelah kesibukanmu bekerja delapan jam setiap harinya, kamu merasa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga jauh lebih penting dibanding acara apa pun juga. Apalagi kalau kamu anak rantau yang pulang sudah mepet-mepet lebaran. Rasanya begitu semakin sayang melewatkan buka bersama bersama keluarga.

3. Meski seru, bukber juga butuh biaya. Kadang kamu harus memilih mana yang harus diprioritaskan

harus mengatur budget via www.istockphoto.com

Entah itu di restoran atau di rumah teman, bukber tetap saja butuh biaya yang tidak sedikit. Di sini, usia dewasa menuntutmu untuk menyusun prioritas dengan baik. Karena semakin dewasa, kebutuhanmu juga semakin banyak saja. Cicilah rumah, cicilan kendaraan, kiriman kepada orangtua, biaya rencana lanjut S2, atau mungkin tabungan pernikahan. Wajar kalau sekarang kamu sering berpikir dua kali untuk acara-acara yang ada biayanya. Bukannya pelit, hanya saja mendahulukan mana yang lebih penting.

4. Kamu semakin selektif dalam menghadiri undangan. Semangatnya cuma kalau bukber bareng teman-teman terdekat doang

semangat kalau sama bestie doang via www.istockphoto.com

Mungkin sebenarnya undangan yang kamu terima cukup banyak. Namun kamu selalu selektif mana yang harus kamu hadiri dan tidak. Bagaimana pun juga, kamu sadar kalau kadang bukber yang harusnya jadi ajang silaturahmi malah sekadar jadi ajang pamer kesuksesan diri. Apalagi kalau hubungan pertemanannya nggak terlalu dekat. Bisa-bisa malah berakhir sibuk main HP sendiri. Beda kalau bukbernya barang bestie atau sahabat-sahabat terdekat. Bahkan apa pun menu bukbernya akan tetap berkesan. Setiap momennya terasa berharga dan patut diabadikan dengan OPPO F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package With Instax.

Dengan OPPO F11 Jewelry White kamu nggak perlu khawatir lokasi bukber yang kurang cantik karena gelap karena kamera 48 MPnya dilengkapi dengan teknologi Ultra Night Mode dan Dazzle Color Mode yang bakal bikin foto kalian tetap terang dan jelas meski di malam hari dan kurang cahaya. Plus, foto-foto seru kalian bisa dicetak langsung dengan mini printer yang terkoneksi langsung dengan smartphone. Karena dalam pembelian  OPPO F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package With Instax kamu akan mendapatkan OPPO F11 Jewelry white yang desainnya super elegan, Instax SHARE SP-2 serta instax mini Macaron Film (kertas foto khusus Instax yang dapat membuat hasil cetak tampil semakin menarik).

Paket istimewa tersebut bisa kamu dapatkan dengan Pre Order selama 8-14 Mei 2019 dengan harga Rp. 4.499.000 eksklusif hanya di blibli.com. Momen buka bersama makin seru. Dan sampai rumah, foto-fotonya bisa langsung dipajang sebagai hiasan kamar.

5. Disadari atau tidak, semakin bertambah usia jumlah teman memang berkurang. Tapi kualitasnya justru semakin tinggi

jumlah teman menipis via www.istockphoto.com

Percaya atau tidak, jumlah teman biasanya menyusut seiring bertambahnya usia. Dulu mungkin temanmu banyak sekali. Tapi yang bertahan hingga kini barangkali bisa dihitung dengan jari. Tak perlu sedih, karena banyak kok yang mengalami hal ini. Kesibukan dan jarak menjadi dua faktor utama yang memangkas jumlah teman. Tapi di usia-usia ini, kamu akan mengerti tentang perbedaan teman doang dan sahabat sejati. Karena dia yang bertahan tentu kualitasnya lebih tinggi.

Semakin jarang ikut bukber seiring bertambahnya usia bukan perkara anti sosial atau nggak punya teman kok. Karena di usia dewasa, banyak hal yang harus kamu pikirkan. Mulai soal keuangan, keluarga, pekerjaan, dan banyak hal lainnya. Wajar kalau kamu jadi selektif dan pilih-pilih saat diundang ke acara buka bersama. Yang penting momen bukber bareng sahabat terdekat nggak terlewat dan terabadikan dengan kenangannya dengan OPPO F11 Jewelry White. Jepret langsung cetak deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya