5 Checklist Sederhana untuk Jadi Pribadi yang Lebih Dewasa

Kedewasaan itu sama sekali bukan perkara umur, tapi pemikiran

Pribadi yang dewasa tidak tergantung pada berapa umur kamu. Banyak orang yang sudah memiliki umur yang sudah dianggap dewasa namun nyatanya belum juga dewasa secara nyata. Ada juga orang yang masih tergolong kecil dalam segi usia, tapi nyatanya sudah lebih dahulu dewasa. Karenanya banyak juga orang-orang yang terus berusaha melatih diri untuk segera menjadi pribadi dewasa.

Lalu sebenarnya apa saja yang mendorong seseorang untuk menjadi pribadi yang dewasa bukan hanya dari segi usia? Yuk Sobat Hipwee, kita bareng-bareng cek beberapa poin penting tentang apa-apa saja yang diperlukan untuk bisa sepenuhnya menjadi dewasa~

ADVERTISEMENT

1. Melatih pengendalian diri

Self Control

Self Control | Photo by Jordy Zamora / @jordy_catalonia on Unsplash

Pengendalian diri adalah syarat pertama untuk menjadi pribadi yang dewasa. Mengapa demikian?

Karena ketika kita dihadapkan kepada suatu masalah, reaksi kita dapat menandakan apakah kita seorang pribadi yang dewasa. Orang yang sudah dewasa seutuhnya, akan tetap berpikir jernih apabila dihadapkan pada suatu masalah. Sekalipun masalah tersebut menyakiti dirinya sendiri. Ia akan tetap tenang sambil memikirkan apa yang harus ia lakukan selanjutnya, bukan malah meluapkan emosinya kemana-mana.

ADVERTISEMENT

2. Membangun kepercayaan pada diri sendiri

Self Confidence

Self Confidence | Photo by : Thomas Mowe / @thomasmowe on Unsplash

Percaya diri bukan berarti berani melakukan apa saja. Tapi dimulai dari bisa menerima masa lalu yang pernah terjadi serta keburukan yang dimiliki. Kemudian percaya bahwa diri ini bisa melakukan yang terbaik.

Siapa sih yang tidak punya masa lalu? Siapa juga yang tidak pernah mengalami kegagalan? Tapi dengan menerima semua itu, justru akan menguatkan diri kita sendiri serta percaya bahwa diri ini bisa menjadi yang terbaik.

ADVERTISEMENT

3. Punya tujuan hidup

People on purpose

People on purpose | Photo by : Mubariz Mehdizadeh / @mehdizadeh on Unsplash

Pribadi yang dewasa selalu memiliki tujuan hidup. Sekecil apapun tujuan itu, justru berarti bahwa kamu sudah menyadari arti hidup ini. Sekadar ingin memiliki kebiasaan hidup sehat pun termasuk tujuan hidup. Untuk mencapainya gak mudah, lho. Justru banyak godaan, iya kan?

ADVERTISEMENT

4. Terus berusaha & belajar

Learning Alone

Learning alone | Photo by : Kelly Sikkema / @kellysikkema on Unsplash

Memiliki tujuan saja belum cukup, tapi pribadi yang dewasa juga akan terus berusaha dan belajar. Mereka akan terus mengasah kemampuan yang dimiliki hingga mempelajari hal-hal baru. Karena tujuan tanpa usaha tentunya tidak akan membuahkan hasil, bukan begitu, SoHip?

ADVERTISEMENT

5. Menghindari hal negatif

Avoid Negativity

Avoid Negativity | Photo by : Priscilla Du Preez / @priscilladupreez on Unsplash

Berani berkata “TIDAK” pada hal-hal yang negatif juga merupakan usaha untuk kamu menjadi pribadi yang dewasa. Karena pribadi yang dewasa seyogyanya adalah orang-orang yang dikelilingi oleh energi positif. Karena itu, yuk mulai saat ini ciptakan getaran-getaran positif di sekeliling kita. Biar makin cepat jadi pribadi yang dewasa, ya gak, SoHip?

Nah, itu dia 5 (lima) checklist point penting buat SoHip yang ingin segera menjadi pribadi yang dewasa. Gak bisa dinego untuk salah satu saja, lho. Karena memang susah untuk menjadi pribadi yang dewasa. Penuh tantangan, juga cobaan. Tapi kalau sudah menjadi dewasa, alhasil diri ini juga bakal jadi lebih damai~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day