"]

Nonton film The Avengers End Game memang bikin imajinasi melayang-layang. Pasti rasanya menyenangkan, bisa menolong banyak orang. Sementara selama ini kamu yang diam-diam prihatin atas isu-isu di sekitar, hanya bisa menyimpan niat karena tak tahu bagaimana mewujudkannya.

Padahal kalau niat-niat itu diwujudkan, kamu bisa menyelamatkan dan membantu banyak orang tanpa harus jadi superhero dulu. Sepele sih, tapi tanpa kamu sadari dampaknya besar sekali. Misalnya beberapa hal yang hipwee bahas kali ini, bisa mengubah #niatdoang jadi #niatmurni dan menjadikanmu superhero tanpa kostum keren.

1. Bawa tas belanja sendiri saat ke minimarket mungkin sepele. Namun niat murni ini sangat berarti untuk bumi yang kamu tinggali

bawa tas belanja sendiri via unsplash.com

Bukan rahasia umum kalau bumi sudah semakin tua. Di sana-sini sudah banyak kerusakan karena terlalu lama menanggung beban. Mungkin kamu juga terpikir untuk melakukan sesuatu untuk bumi, tapi apa ya? Apa yang bisa kamu lakukan sementara bumi ini begitu besar? Salah satunya adalah dengan membiasakan membawa tas belanja sendiri saat ke minimarket. Kamu sudah bisa menghemat produksi plastik, karena plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit diurai. Sepele sih. Tapi niat murni yang satu ini kadang terasa berat sekali dilakoni.

2. Bilang “Halo, kamu kenapa? Cerita ya kalau ada masalah.” saat ada teman galau di media sosial itu bisa menyelamatkan nyawa lo

peduli pada orang-orang sekitar via www.istockphoto.com

Bagi sebagian orang, media sosial adalah tempat untuk mencurahkan isi hatinya. Tapi terkadang mereka dibilang lebay dan malah dibully. Padahal bisa jadi dia benar-benar sedang stres dan tak tahu lagi harus bercerita ke mana. Depresi sangat berbahaya bila tak tertangani dengan baik. Tak perlu jadi Avengers kok untuk selamatkan nyawa. Hanya dengan kalimat singkat “Halo, kamu kenapa? Cerita ya kalau ada masalah,” yang didasari dengan niat murni untuk peduli, kamu mungkin baru saja membuang niat bunuh diri dari pikiran seseorang.

3. Niat murni menjaga kebersihan lingkungan sudah terwujud dengan menyimpan sejenak bungkus makanan sampai kamu ketemu tempat sampah

buang sampah di tempatnya via www.pexels.com

Untuk orang-orang yang punya modal dan keahlian, mungkin sampah yang menumpuk bisa dijadikan sesuatu yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Mungkin kamu berasa bahwa nggak banyak yang bisa dilakukan oleh orang biasa sepertimu. Tapi jangan salah, kamu sudah cukup membantu dengan nggak membuang sampahmu sembarangan. Saat nggak menemukan tong sampah, kantongi saja sampai kamu menemukannya. Hal sesepele itu sudah bisa mewujudkan niat murnimu menjadi aksi nyata untuk lingkungan kok.

4. Meski ngga bisa memelihara, ikutan street feeding kucing dan anjing jalanan sudah menjadikanmu pahlawan lo

Street feeding via www.pexels.com

Di jalanan ada banyak kucing dan anjing yang telantar. Mereka cari makan di tempat sampah, dan nggak jarang sampai ditendang-tendang oleh manusia. Mungkin akan sangat membantu kalau kamu bisa mendirikan sanctuary atau tempat penampungan. Tapi tentunya butuh biaya yang besar. Nggak perlu berkecil hati. Kamu bisa menunjukkan niat murnimu dengan ikutan street feeding hewan-hewan di jalanan. Meski nggak punya tempat tinggal, setidaknya mereka bisa makan dengan kenyang ‘kan.

5. Berbagi dengan sesama nggak harus menunggu kaya. Kamu berkontribusi dan bergabung campaign-campaign yang sudah ada

bantu orang lain via www.pexels.com

Dalam hati seringkali terbersit rasa sedih setiap mendengar kisah-kisah haru tentang orang-orang kekurangan di sekitar. Tentang anak-anak di pinggiran yang nggak bisa sekolah, anak-anak jalanan yang sekolahnya kebanjiran, dan masih banyak lagi. Tapi untuk bisa berbagi dengan orang lain nggak harus nunggu kaya dulu kok. Kamu bisa bergabung dengan campaign yang sedang berjalan, seperti yang sering diadakan KitaBisa. Meski sedikit, nominalmu bisa berarti banyak bagi orang yang membutuhkan.

Atau kamu bisa gabung dengan Bear Brand untuk dukung misi Ayudia, Aulion, dan Fathia Izzati untuk mewujudkan #niatmurni mereka. Ayudia ingin berbagi makanan dengan orang-orang membutuhkan selama Ramadan. Aulion ingin memberikan beasiswa untuk adik-adik yang kesulitan biaya di desa Cimenyan. Sementara Fathia ingin membantu anak-anak jalanan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak.

Caranya gampang banget. Kamu tinggal buka website #NiatMurniRamadan, tonton videonya, dan belikan votemu dengan meng-klik icon Bear Brand di bagian kiri bawah. Vote kamu sangat berarti lo, karena bila mencapai target vote, Bear Brand akan membantu mewujudkan #niatmurni tersebut. Jadi vote sebanyak-banyaknya ya! Dengan begitu, meski nggak bisa membantu secara materi kamu tetap bisa berkontribusi untuk sebuah aksi nyata.

Ada banyak cara untuk mewujudkan niat murnimu. Nah, bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk ubah #Niatdoang menjadi #NiatMurni dalam 30 hari bersama Bear Brand. Awali dengan minum Bear Brand #1KalengSaatSahur untuk menjaga tubuh tetap fit dan semangat positif. Dengan kondisi dan semangat yang senantiasa terjaga, puasa nggak akan bikin kamu malas melakukan hal-hal positif untuk orang lain. Salah satunya sesederhana membantu vote misi Ayudia, Aulion, dan Fathia Izzati di website #NiatMurniRamadan. Jadi nggak harus nunggu kaya dulu atau jadi orang berpengaruh untuk bisa membuat perubahan kan? Karena semua orang bisa bisa jadi superhero kok.

Nah, apa rencana dan #NiatMurni kamu hari ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya