Siapa sih yang nggak mau bekerja sesuai dengan impian dan harapan? Pekerjaan yang, walaupun bikin capek, juga bikin senang. Sesuai hobi dan renjana, gaji pun lebih dari cukup untuk menutup kebutuhan.

Hmm, kenyataannya, nggak semua orang seberuntung itu. Mungkin kamu pernah melamar di beberapa tempat, tapi justru nggak mendapat pekerjaan yang sebenarnya paling kamu harapkan. Akhirnya, kamu pun memutuskan bekerja di tempat lain.

Tapi, jangan remehkan beberapa hal baik dari pekerjaanmu yang saat ini. Notabene bukan “pekerjaan impian”, tapi ia tetap memberikanmu banyak pelajaran!

1. Kamu sudah diterima di perusahaanmu sekarang, itu tandanya perusahaanmu percaya dengan kompetensimu.

Nggak mungkin mereka asal comot via vibizmedia.com

Dunia kerja bukanlah dunia main-main. Nggak mungkin sebuah perusahaan asal comot orang untuk dijadikan karyawan. Tentu ada kriteria khusus karyawan yang diharapkan oleh perusahaan. Bahkan, dari semua pelamar, hanya beberapa yang diundang untuk wawancara. Mereka yang dapat panggilan wawancara pun nggak semuanya diterima, masih ada seleksi lanjutan untuk dipilih mana yang terbaik untuk diterima kerja.

Advertisement

Nah, kamu yang sudah diterima kerja perlu sadar bahwa kamu telah melewati proses yang ketat itu. Kamu ada di sana saat ini adalah bukti bahwa perusahaan percaya dengan kompetensimu plus mereka membutuhkan kamu. Kamu layak bangga bahwa kamu adalah orang yang dibutuhkan.

2. Pekerjaan yang kamu jalani sekarang, akan membantu menggapai impian. Pengalaman kerjamu jadi sesuatu yang berharga di tahap kariermu selanjutnya.

yang kamu dapatkan sekarang akan membantumu di masa depan via weheartit.com

Setelah kamu terbukti diterima dan bisa bekerja di perusahaan itu selama sekian bulan, kamu telah mengantongi pengalaman sebanyak waktu yang telah kamu tempuh di sana. Pengalaman bekerja nggak bisa dibeli dengan uang. Cuma ada satu cara mendapatkannya: bekerja.

Pengalaman kerja, baik dari sisi sosial dan pengembangan kemampuan, akan sangat berharga. Kamu sudah terbiasa berada di lingkungan kerja, dan bisa menyesuaikan sikapmu sesuai dengan lingkungan profesional itu. Kamu juga sudah mengembangkan banyak skill, misalnya saja membaca statistik, menulis laporan, dan memecahkan masalah yang dihadapi perusahaan. Bandingkan aja dengan apa yang kamu dapat kalau memutuskan untuk tidak bekerja dulu selepas kuliah demi masuk ke perusahaan impian. Saat kamu melamar di tempat yang kamu impikan, dengan pengalaman ini kamu akan menjadi kandidat yang lebih berkualitas. Perusahaanmu nanti akan mempertimbangkan hal itu.

3. Tenang, kamu tidak sedang buang-buang waktu. Justru kamu sedang belajar banyak hal baru.

kamu dapat berbagai hal mulai dari yang kamu suka sampai yang nggak kamu suka via startworknow.com

Apa yang kamu dapat di perusahaan kamu sekarang? Pasti ada dong, nggak mungkin nggak. Pasti ada saja yang kamu pelajari, entah itu gambaran dunia kerja, sosial, ide, kedisiplinan, organisasi, managemen, dan lain-lain. Mulai dari hal sepele sampai hal-hal yang serius terkait pekerjaan pasti kamu dapatkan.

Pengalamanmu selama kuliah juga nggak bisa disamakan dengan dunia kerja. Di kampus kamu hanya dipersiapkan untuk masuk dunia kerja, sedangkan dunia kerja adalah dunia aslimu sekarang, termasuk tempat kerjamu sekarang. Konteksnya pun sudah jelas beda. Orang-orangnya beda, ritme kerja berbeda, suasana juga pasti beda. Jadi, kamu nggak bisa bilang kalau saat ini kamu sedang membuang waktu. Buktinya, kamu belajar sesuatu yang baru di tempat kerjamu sekarang.

4. Di sinilah kamu punya kesempatan untuk menempa diri untuk menghadapi tantangan yang lebih besar.

selalu ada kesempatan untuk menempa dirimu agar lebih siap menghadapi tantangan yang lebih besar via jaymitlo.com

Nggak selamanya kamu berjalan smooth-smooth aja di sana. Mungkin saat ini kamu mulai merasakan beban yang harus kamu pikul sebagai tanggung jawab kamu bekerja.

Siapa bilang pekerjaan impian bebas masalah dan tanggung jawab? Semakin tinggi pekerjaan, semakin tinggi pula tanggung jawab yang bakal kamu pikul. Kamu juga bakal merasakan tanggung jawab yang mungkin bakal lebih berat dari yang saat ini kamu pikul.

Dari hal-hal yang telah kamu dapatkan dari tempat kerjamu sekarang, kamu pasti menemukan evaluasi terhadap dirimu sendiri. Sebenarnya, itulah kesempatanmu untuk membenahi diri untuk lebih siap lagi menggapai karier yang lebih tinggi. Semakin terasa bahwa semua itu berguna, bukan?

5. Di tempat kerjamu sekarang, peluang untuk memperluas jaringan terbuka lebar. Siapa tahu dari sini, pekerjaan impianmu semakin dekat.

rekan adalah jaringan yang bisa mendekatkanmu pada mimpimu via www.allparenting.com

Ingat, kamu nggak sendiri. Semua orang, termasuk rekan-rekan kerjamu di kantor sekarang, punya impiannya masing-masing. Perlu disadari bahwa dalam menggapai pekerjaan impian, jaringan adalah syarat yang wajib. Jaringan sangatlah membantu kamu memperoleh informasi dari mana-mana. Semakin besar jaringan, semakin besar pula kesempatan kamu untuk semakin dekat dengan impian yang kamu incar.

Bangunlah jaringan yang baik di tempat kerjamu sekarang. Siapa tahu mereka adalah jembatan yang mendekatkan kamu pada impianmu. Siapa tahu juga kamu juga adalah jembatan yang sama bagi mereka.

6. Mengejar pekerjaan impian memang kadang butuh perjuangan. Maka inilah saatnya kamu memulai perjuangan itu.

di sinilah langkah pertamamu via www.babysisterssong.org

Nggak ada hukumnya seseorang hanya duduk-duduk, tidur-tiduran tapi bisa makan. Saat masih kecil mungkin iya, tapi setelah kamu lepas dari orangtua, nggak ada lagi kata ongkang-ongkang. Kamu harus berjuang demi hidupmu sendiri. Untuk hidup saja kamu harus berjuang, apalagi untuk menggapai mimpimu.

Tao pernah berkata, “Seribu mil perjalanan selalu berawal dari satu langkah.” Jangan patah semangat kalau kamu belum menginjakkan kaki di atas mimpimu. Lalu, dari mana kamu akan memulai perjuangan hidupmu dan perjuangan mencapai mimpimu? Di tempat kejamu sekaranglah kamu akan merintis karier. Di sinilah kamu meninggalkan jejak dan di sinilah kamu mulai merasakan perjuangan itu.

Nah, yang namanya impian tentu saja harus diimbangi dengan kenyataan. Walau kini pekerjaanmu bukan impianmu, setiap momen dalam hidupmu berharga. Kalau sekarang kamu belum merasakan dan kamu masih mengidam-idamkan pekerjaan impianmu, ingatlah bahwa kelak kamu akan merasa saat ini sungguh bermakna.