Kata orang bekerja sesuai passion itu asik. Saat bekerja kita bakal mendapat semangat lebih karena melakukan sesuatu yang disukai. Yap, barangkali memang benar begitu adanya. Sayangnya nggak semua orang beruntung bisa bekerja sesuai passion. Beberapa orang mengalami hal yang kurang beruntung, nggak bisa bekerja sesuai kesukaan.

Hidup memang seringkali berjalan nggak sesuai keinginan. Kamu dipaksa memilih untuk bekerja nggak sesuai passionmu. Nah untukmu yang sedang merasakan kebimbangan hati ingin pergi tapi nggak bisa, kali ini Hipwee Motivasi akan memaparkan beberapa hal yang bikin semangatmu selalu on meski kerjaanmu nggak sesuai passion.

1. Meski nggak sesuai passion, seenggaknya kamu lebih beruntung dari mereka yang susah dapat kerja. Syukuri dan betah-betahkan di sana

Lihatlah ke bawah via photo.sindonews.com

Advertisement

Kamu mungkin sering merasa kesulitan dengan pekerjaanmu yang sekarang karena nggak sesuai dengan bidang atau kesukaanmu. Sempat terbersit di pikiranmu untuk resign mencari pekerjaan baru, tapi sebelum itu terjadi ada baiknya jika kamu mengingat bahwa begitu banyak orang yang ingin berada di posisimu sekarang. Mereka ingin sepertimu, punya kerjaan yang gajinya jelas, iklim kerja yang asik, profesi yang bisa dibanggakan, dan lain-lain. Kamu sebenarnya lebih beruntung dari mereka.

2. Saat sedang merasa ingin pergi, pikirkan sekali lagi. Ingat orangtua di rumah, masa iya kamu mau menyusahkan mereka lagi

Pastikan nggak menyusahkan orang tua via www.unsplash.com

Bekerja nggak sesuai passion terkadang membuatmu galau di tengah jalan. Namun sebelum kamu berpikir untuk resign, pikirkan terlebih dahulu masa depanmu. Dari mana penghasilanmu setelah resign? Apakah pekerjaan penggantinya sesuai passionmu? Kalau semua itu belum terpenuhi maka baiknya kamu fokus dengan pekerjaan yang sekarang. Daripada kamu hanya menyusahkan orang tuamu saja di rumah jadi pengangguran? Lebih baik lanjutkan pekerjaanmu.

3. Ingat kamu sedang menabung untuk melunasi janji menghalalkan hubungan. Jangan sampai molor kelamaan

Ingat tabungan via www.unsplash.com

Alasan yang paling sering saat orang memilih bekerja di luar passion adalah gajinya lebih besar. Bener nggak? Nah untuk menambah motivasi kerja, kamu bisa gunakan janjimu menikahi kekasihmu menjadi penyemangat agar kamu giat bekerja. Paling nggak kamu mesti terus bekerja dan memperoleh penghasilan yang jelas sampai tabunganmu cukup untuk membawa dia duduk di pelaminan bersamamu.

4. Coba ubah sudut pandangmu, justru dengan melakukan sesuatu yang baru pengetahuan dan pengalamanmu semakin bertambah

Menambah pengetahuan dan pengalaman via www.unsplash.com

Advertisement

Biar semangat lagi, coba deh kamu ubah sudut pandangmu. Jangan lihat pekerjaanmu dari sisi nggak enaknya, lihat dari sisi yang enak-enaknya saja. Misalnya jangan mengingat-ingat kesulitan yang kamu alami, ingat hal-hal yang menyenangkan dari bekerja. Selain itu, kamu bisa menjadikan pekerjaanmu ini sebagai wadah belajar bagimu. Bukankah sesuatu yang baru bisa menambah pengetahuan dan pengalaman hidupmu? Nikmati saja dulu selama pekerjaanmu ini masih bisa kamu jalani.

5. Kamu masih muda, kerja sesuai passion masih bisa dijalani dua atau tiga tahun lagi. Sekarang, pengalaman kerjamu lebih penting bagi karir ke depannya

Buat portofolio via www.pexels.com

Meski nggak sesuai passion tapi ingatlah bahwa pekerjaanmu yang sekarang tergolong prestisius dan sumber pengalaman –bagus untuk portofoliomu ke depannya. Betah-betah saja di perusahaan, minimal setahun sampai dua tahun lah sampai kamu punya ‘nama’ barulah kamu bisa mengikuti kata hatimu bekerja sesuai passion. Lagi pula usiamu masih tergolong muda, manfaatkanlah setiap kesempatanmu untuk belajar dan mencari banyak pengalaman.

6. Kamu sebenarnya masih bisa mengakali kejenuhan bekerja dengan sering-sering melakukan hobimu. Tinggal kamunya yang mesti pandai mengatur waktu

Mengatur waktu via www.pexels.com

Biasanya pekerjaan yang sesuai passion berkenaan dengan hobi. Misalnya dulu kamu ingin menjadi penulis besar namun sekarang terjebak bekerja kantoran. Nggak usah bingung, sejatinya kamu masih bisa mewujudkan mimpimu dengan mencolong-colong waktu menulis kala senggang. Pelan-pelan cicil menulis cerita, nanti lama-lama juga jadi buku –entah cerpen atau novel. Terus iseng-iseng aja kirim ke penerbit, kali aja diterima.

Bekerja nggak sesuai passion memang berat dijalani. Tapi kalau itu memang situasi memaksamu untuk menjalaninya, jalani saja dengan ikhlas dan kesungguhan. Dalam hidup, terkadang kita perlu menahan diri untuk sesuatu yang nggak kita sukai. Percayalah, nggak ada yang sia-sia dalam hidup ini. Tetap semangat! Semua akan indah pada waktunya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya