Namanya sebuah hubungan pasti ada pasang surutnya, nggak terkecuali hubungan orangtua dan anak. Nggak bisa dipungkiri bahwa kadang kala hubungan kita dengan orangtua merenggang. Penyebabnya macam-macam tapi biasanya bermula dari perbuatan kita yang mengecewakan mereka.

Sadar nggak sih saking seringnya kita mengecewakan orangtua, mereka jadi semakin kehilangan kepercayaan kepada kita. Penyikapan yang mereka lakukan kepada kita dengan kepada saudara kita menjadi sedikit berbeda. Tentunya membuatmu kurang nyaman. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengembalikan situasinya seperti sedia kala. Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kepercayaan orangtua kepadamu.

1. Tunjukkan kepada mereka bahwa pelan-pelan kamu berusaha nggak mengulangi kesalahan, dan beri bukti biar nggak hanya sekedar janji

Beri bukti via www.unsplash.com

Advertisement

Nggak cuma kamu saja, setiap orang pernah melakukan kesalahan di masa lalunya. Maka dari itu kamu nggak perlu berkecil hati secara berlebihan. Tenang, kamu bisa memperbaiki semuanya. Kamu bisa mengembalikan kepercayaan mama-papamu dengan menunjukkan usaha untuk berubah. Sebab berjanji saja nggak cukup untuk membuat mereka percaya.

Misal kamu pernah membuat orangtuamu kecewa karena kamu bergaul di lingkungan yang buruk. Nah dengan menjauhi lingkungan lamamu sejatinya kamu telah menunjukkan usahamu kepada mereka. Sekarang tinggal perubahan sikapmu yang mesti kamu perhatikan lagi.

2. Sudah sepatutnya kamu menuruti setiap perkataan atau nasihat yang orangtua berikan. Toh semuanya yang diucapkan didasarkan pada kebaikan semata

Lebih penurut via www.unsplash.com

Kamu mungkin pernah melakukan dosa besar yang membuat mama-papamu kecewa berat denganmu, tapi bukan orangtua namanya kalau nggak bisa memberi maaf kepada anaknya. Yap! setiap orangtua pasti tetap menyayangi anaknya meski telah dikecewakan. Nah salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan mereka adalah mulailah untuk menuruti nasihat-nasihat yang mereka bilang kepadamu.

Advertisement

Jangan jadikan jiwa muda dan kebebasanmu menjadi alasan untuk kamu bertindak sesuka hati. Kembalilah seperti dulu, turutilah apa kata mereka. Yakinlah bahwa semuanya demi kebaikanmu, sekarang ataupun di masa depan.

3. Tingkatkan kepedulian terhadap mereka lebih dari sebelumnya. Sempatkanlah mengucapkan terima kasih atas kasih sayang yang nggak pernah putus diberikan kepadamu

Peduli via www.unsplash.com

Bukti bahwa kedua orangtuamu menyayangimu sepenuh hati adalah ia masih mau menerimamu meski kamu telah mengecewakan mereka di masa lalu. Maka dari itu sudah sepatutnya kamu meningkatkan kepedulian kepada mereka lebih dari sebelumnya. Salah satu caranya bisa dengan melakukan hal-hal sederhana semacam membantu mama di dapur, memijat ayah selepas kerja, atau memberi bunga sebagai ucap terima kasih terhadap kasih sayang mereka selama ini.

4. Buatlah pencapaian yang membuat orangtua bahagia. Agar mereka kembali percaya bahwa kamu berprestasi dan bisa dibanggakan

Buat pencapaian via www.unsplash.com

Satu hal ampuh yang bisa mengembalikan kepercayaan orangtuamu adalah dengan membuat pencapaian. Bikin mama-papa bangga dengan prestasi yang telah kamu capai. Pencapaian ini sekaligus bukti nyata bahwa kamu sudah berubah dan bisa jadi kebanggaan orangtua. Setelahnya, niscaya mereka akan kembali menaruh respect kepadamu.

5. Mulailah berhenti mengandalkan kiriman dari mereka. Buktikan bahwa kamu sudah dewasa dan mandiri, bisa bertanggung jawab pada diri sendiri

Belajar mandiri via www.unsplash.com

Usaha lain yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kepercayaanmu adalah dengan berhenti menggantungkan hidup dari mereka. Mulailah belajar mandiri, buktikan bahwa kamu sedang berusaha untuk berhenti menyusahkan mereka dalam hal finansial. Jika secara keuangan kamu sudah bisa mandiri, niscaya orangtuamu akan mempercayaimu sebab kamu telah bertanggung jawab terhadap hidupmu sendiri.

6. Kalau kamu telah mapan, jangan lupa untuk membantu mereka dalam mencukupi kehidupan keluarga

Termasuk membantu membiayai adik kuliah via www.pexels.com

Setelah segala kebutuhan hidupmu terpenuhi, jangan lupakan tanggung jawabmu kepada keluarga. Bikin mama-papamu bangga dengan niat luhurmu membantu membiayai kebutuhan hidup keluarga. Kalau kamu segan mengirimkan uang untuk mereka karena takut ayah tersinggung, maka kamu bisa menyiasatinya dengan membantu kuliah adikmu. Meski hanya sekadar membayar uang sewa indekos atau uang jajan, sejatinya itu sudah lebih dari cukup.

Siapapun pernah melakukan kesalahan dan sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang berani meminta maaf dan melakukan perubahan. Sebanyak apapun janji kepada orangtuamu mereka nggak akan menggubrismu kalau kamu masih melakukan kebiasaan lama. Mereka membutuhkan perubahan nyata darimu. Maka buktikanlah bahwa kamu memang serius meminta maaf dan benar-benar ingin berubah. Buatlah mereka bangga, bangkitkan kepercayaan mereka.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya