Pernah kesal gara-gara penerbangan delay? Atau bosan terjebak macet, padahal ada meeting penting yang harus kamu datangi? Dua hal itu merupakan kejadian yang sering kamu alami selama hidup. Kesal sih, tapi kamu harus ikhlas terima kenyatan yang seperti gitu.

Saking bosannya dengan realita yang menyebalkan, ada kalanya kamu gemas ingin lakukan perubahan. Tapi, kalau dipikir-pikir coba mengontrol hal seperti itu nggak gampang. Apalagi kamu cuma masyarakat biasa dan bukan siapa-siapa. Mau nggak mau, kamu memang harus ikhlasin hal-hal yang nggak bisa kamu kontrol seumur hidup. Karena tak semua yang ada di dunia ini bisa kamu ubah.

1. Adanya perubahan mulai dari diri seseorang sampai kebijakan kantor yang nggak sesuai dengan keinginan

perubahan yang terjadi di kantor via www.pexels.com

Advertisement

Di dunia ini, kerap kali terjadi perubahan dalam berbagai hal. Tak sekadar perubahan dalam diri teman atau anggota keluarga, tapi kebijakan kantor juga. Perubahan ini sering nggak sesuai dengan keinginan. Semisal teman yang tadinya cerewet terus sekarang menjadi pendiam bikin kamu kurang nyaman sama mereka. Begitupun dengan fasilitas kantor yang kalau mau pakai awalnya nggak ribet, eh sekarang malah harus nulis keterangan pemakaiannya dulu sebelum gunakan. Kamu memang bisa utarakan tentang keberatan, cuma nggak selalu bisa diubah kembali seperti yang kamu mau.

2. Mau hujan atau panas, dimana-mana cuaca cuma bisa diprediksi tanpa bisa kamu kontrol, lho!

cuaca bisa kamu prediksi via unsplash.com

Pernah bete gara-gara hujan tiap hari? Atau pengen banget cuaca cerah supaya resepsi ala garden party-mu berjalan lancar? Banyak banget hal dalam hidup yang kamu andalkan lewat cuaca. Meski sudah pakai pawang hujan, belum tentu hari itu bakal bebas dari hujan. Ramalan cuaca yang diumumkan berdasarkan sains pun tak melulu sesuai dengan kenyataan. Memang deh, cuaca nggak bisa kamu kontrol selamanya.

3. Kondisi jalanan macet memang menyebalkan. Bukan cuma bikin kamu telat, tapi membuat fisikmu drop juga

jalanan macet via www.pexels.com

Jujur saja kalau kondisi jalanan macet membuat waktumu terbuang sia-sia. Bukan cuma telat dipotong gaji saja, tapi diomelin atasan dan pekerjaanmu tertunda juga. Kesal ya? Ditambah lagi sering terkena macet lama-lama bikin tubuh drop. Kamu cuma bisa berharap sama pemerintah agar membuat kebijakan yang pas dalam mengatasi persoalan satu ini sambil membantunya dengan naik transportasi umum. Namun tetap saja jalanan macet sulit diatasi karena masih banyak yang senang naik kendaraan pribadi tanpa ada rasa peduli untuk bantu mengurangi kemacetan. Ya sudah, pasrah saja deh kalau macet.

4. Kenyatannya, apa yang terjadi masa lalu tak bisa diubah. Masa depan pun tak bisa diprediksi

masa lalu dan masa depan yang nggak bisa kamu kontrol via www.pexels.com

Advertisement

Penyesalan terhadap apa yang kamu lakukan di masa lalu nggak bisa diubah. Hal tersebut mutlak, sehingga jangan ada harapan lagi bisa balik ke masa lalu, walau pakai mesin waktu-nya Doraemon sekalipun. Yang kamu bisa lakukan adalah memperbaiki masa lalu di masa sekarang. Misalnya kalau dulu kamu sering marah-marah ke siapapun tanpa sebab sampai menyakiti orang lain, kini coba dikurangi dengan berlatih mengontrol emosi. Di sisi lain, masa depan pun tak bisa kamu prediksi. Well, siapa sih yang bisa tahu secara pasti kalau nanti kamu bisa menjadi presiden? Seperti masa lalu tadi, kamu cuma bisa lakukan apa yang dapat dilakukan saat ini saja tanpa bisa mengontrol masa depan.

5. Stop mikirin omongan orang lain. ‘Kan tiap orang beda-beda, pasti omongannya juga nggak sama

Kadang kamu memang nggak perlu mikirin omongan mereka via www.unsplash.com

Pada dasarnya tiap orang itu beda-beda. Jadi, kamu nggak usah pusing dan heran sama pikiran mereka yang nggak sama. Apalagi kalau kamu sedang bingung untuk mengambil keputusan. Kamu boleh minta masukan baik itu saran atau kritik dari mereka, tapi jangan sampai dipusingkan banget, ya. Filter saja mana yang bisa kamu ambil tanpa merusak keputusan atau dirimu sendiri. Sambil fokus dengan apa yang kamu lakukan dan yang terbaik untuk ke depannya.

6. Kadang, simpati dan empatimu terhadap kebahagiaan atau kesedihan orang lain menguat. Hanya saja kamu harus paham kalau dua hal itu nggak bisa kamu kontrol, selamanya

kebahagiaan yang tak bisa diubah via www.pexels.com

Lihat teman lagi sedih karena putus cinta membuatmu ingin mengubah suasana hatinya. Kamu ajak jalan-jalan atau makan-makan enak, raut wajahnya sudah bisa happy kembali. Tapi kamu nggak tahu seperti apa perasaannya sekarang, meski kamu sudah menghiburnya. Bisa saja saat jalan-jalan dan makan-makan sama kamu, dia malah teringat momen lakukan hal itu sama mantannya. Wajah memang bisa ceria, tapi dibalik itu hati malah makin teriris. Well, kebahagiaan dan kesedihan orang lain kenyataannya nggak bisa kamu kontrol selamanya.

Banyak hal yang ada di dunia tak bisa kamu ubah, prediksi, atau kontrol sekalipun. Mau nggak mau kamu harus belajar ikhlas menghadapinya. Mulai sekarang kurang-kurangi overthinking ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya