Nggak bisa dipungkiri bahwa kamu itu makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri tanpa interaksi dengan orang lain. Buktinya saat kamu merasakan kesepian karena tinggal sendiri di rumah, saat itu juga pasti dirimu menghubungi seorang teman untuk menemani.

Karena adanya kebutuhan akan interaksi sosial tadi, kamu perlu menjaga sikap dengan berperilaku baik agar mendapatkan perlakuan yang dirimu harapkan. Tapi meskipun kamu telah sebisa mungkin menjaga sikap dengan berperilaku baik, terkadang ada saja hal-hal yang luput terperhatikan. Nah sebelum kena tegur, ada baiknya kamu simak beberapa hal yang seringnya kamu lakukan tanpa sadar dan ternyata membuat orang lain merasa terganggu.

1. Saat kamu terkena flu, baiknya bawa sapu tangan untuk mengusap ingus dan menutup bersinmu agar orang lain nggak risih karenanya

Srat srut srat srut via www.pixabay.com

Advertisement

Flu salah satu penyakit yang kelihatannya sepele tapi kadang sangat menyebalkan. Lendir hidung yang terproduksi lebih banyak dari biasanya acap kali membuat kesal sendiri karena harus sering menyekanya. Bersin dan pilek yang membuat hidung sibuk ini nggak cuma mengganggu kamu yang merasakannya, melainkan juga orang lain. Alangkah baiknya jika kamu menyiapkan sapu tangan untuk mengurangi lendir dan menutup hidung serta mulutmu saat bersin supaya orang lain tak terganggu dan tertular.

2. Karena asapnya berbahaya bagi pernapasan orang lain, mau nggak mau kamu mesti pilih-pilih tempat saat ingin merokok

Perokok pasif via www.unsplash.com

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi asap yang dikeluarkan oleh rokok berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Sayangnya para perokok sangat jarang yang peka terhadap dampak asap rokoknya terhadap orang lain. Nah supaya sama-sama enak, baiknya kita menjaga jarak saat merokok dengan mereka yang bukan perokok. Ya, supaya nggak memberikan gangguan pada pernapasan serta kesehatan mereka.

3. Meskipun menyanyi menghilangkan kepenatan, tapi hendaknya pelankan sedikit suaramu saat dalam lingkungan kerja, biar tak mengganggu konsentrasi orang lain

Sing along via www.unsplash.com

Mendengarkan musik bisa meningkatkan mood dalam diri. Efek tersebut membuat musik menjadi salah satu teman wajib saat bekerja. Terlebih jika dilakukan sambil nyanyi-nyanyi, pasti bisa membuat kamu tambah bersemangat. Nah meski dampak mendengarkan musik bagus untuk menaikkan mood, tapi kebiasaan ini perlu dikontrol juga sebab sering kali saking enjoy-nya kamu jadi nggak terkontrol nyanyinya. Jelas ini dapat mengganggu rekan-rekan kerja lainnya.

4. Sering-seringlah mengecek bau mulutmu, jangan sampai bau mulut mengurangi kenyamanan lawan bicaramu

Rajin sikat gigi sih via www.unsplash.com

Advertisement

Bau mulut sering kali menganggu perbincangan. Obrolan seru dengan orang lain bisa mendadak lesu akibat bau mulutmu. Mereka pasti nggak tahan berbicara berlama-lama dengan kamu yang barangkali lupa kumur-kumur setelah makan telur asin atau makanan menyengat lainnya.

Untukmu yang sering bertatap muka dengan orang lain, sebaiknya mulai sekarang selalu persiapkan diri. Cek bau mulut dulu sebelum memulai percakapan. Takutnya mereka jadi ilfeel karena bau mulutmu.

5. Suka meminta atau mencicipi makanan teman lama-kelamaan bisa membuat mereka risih, jadi harus tetap jaga sopan santun sih

Jaga sikap via www.unsplash.com

Saking dekatnya dengan teman, acap kali orang lupa sopan santun. Kebaikan temannya sering dimanfaatkan untuk membikin dirinya senang, contohnya pinjam duit, pinjam baju, minta anterin ke sana-sini, sampai suka minta makanan temannya. Nah khusus yang terakhir, kebiasaan celamitan semacam ini kerap luput disadari bahwa nggak boleh sering-sering dilakukan. Sekali dua kali mungkin okelah, nah kalau sudah keseringan tentu temanmu akan risih karenanya.

6. Kebiasaanmu main hape saat sedang di tongkrongan juga wajib dikurangi. Sebab ketergantunganmu pada gawai jadi cerminan ketidakpedulianmu pada lingkungan sekitar

Autis gadget via www.pixabay.com

Perkembangan teknologi informasi kini sedang pesat-pesatnya. Secara disadari atau nggak hal ini membuat berubahnya perilaku dan budaya masyarakat. Dan yang paling tersorot adalah munculnya kebiasaan abai saat berada di antara perkumpulan. Meskipun perkumpulan tersebut diisi teman-teman sendiri, banyak orang yang justru sibuk dengan gawai dan dunia maya sendiri hingga melupakan kehidupan nyata yang sedang berlangsung.

Tentu saja hal ini mesti kamu hindari saat sedang kongko bersama teman-temanmu. Bagaimanapun hargailah pertemuan sebab waktu sangat berharga. Belum tentu esoknya kamu mendapatkan kesempatan serupa bisa berkumpul kembali dengan teman-teman tercinta.

Itulah beberapa hal atau kebiasaan yang sering kali nggak kita sadari sebenarnya telah membuat orang lain terganggu. Nah sebelum kamu ditegur atau bahkan dimarahi baiknya sadari dan praktikkan saat kamu sedang berada dalam suasana serupa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya