Kamu yang suka menyendiri, tak jarang mendapatkan pandangan aneh dari orang sekitar. Berbagai respon mulai dari dianggap aneh, dikira marah, disangka tidak punya teman, sampai dikhawatirkan karena dikira sedang sedih sudah biasa kamu dapatkan. Padahal, kamu nggak kenapa-napa. Kamu memang hanya lebih suka melakukan apa-apa sendirian.

Kalau sifatmu itu sering membuatmu merasa berbeda, tidak perlu berkecil hati. Para penyendiri ternyata punya potensi untuk lebih sukses di masa depan. Kamu yang suka menyendiri, mulai hari ini akan lebih merasa beruntung memiliki kepribadian yang cenderung nggak begitu suka hingar bingar ini. Kesendirian memungkinkanmu untuk punya waktu berpikir lebih. Kemampuan berpikir lebih ini adalah sebuah keuntungan yang mengantarkan mereka para penyendiri menuju kesuksesan. Nggak percaya? Sederet poin-poin ini bisa jadi buktinya.

1. Mereka bekerja bukan untuk mendapat pengakuan, melainkan untuk kepuasan pribadi. Karena itu, mereka menikmati kerja keras menuju kesuksesan

Udah punya standar

Kamu udah punya standar sendiri dalam bekerja. via favim.com

Advertisement

Kamu yang suka menyendiri biasanya adalah pribadi yang punya standar sendiri dalam bekerja. Kamu bisa mengambil keputusan menuju kesuksesan yang membuatmu nyaman melakukannya. Contoh nyatanya adalah perkara memilih jurusan kuliah. Kamu mungkin nggak memilih jurusan yang banyak peminatnya, namun cenderung tertarik pada jurusan yang sepi peminat, misalnya Sastra Indonesia. Akan tetapi, kamu udah tahu ke depannya mau ngapain. Kamu udah menyiapkan rencana hingga 5-10 tahun ke depan dengan berbekal ilmu yang kamu pilih tersebut. Bagimu, pantang memilih jurusan hanya sekadar gengsi.

2. Hampir sebagian besar penyendiri memanfaatkan waktu mereka untuk berpikir. Tak heran, mereka adalah pengambil keputusan yang bijak

Penyendiri adalah pemikir yang hebat,

Penyendiri adalah pengambil keputusan yang bijak. via www.huffingtonpost.com

Banyak yang bilang bahwa mereka yang suka menyendiri adalah para pemikir yang hebat. Setiap hal dalam hidupnya dipikirkan dengan sangat matang. Dalam hal pekerjaan, mereka paham betul bagaimana membuat agenda kerja yang tepat waktu. Mereka nggak merasa terbebani ketika harus mencuri waktu libur mereka untuk memikirkan agenda kerja seminggu bahkan beberapa bulan ke depan. Ketika ada masalah di kantor, mereka bisa menyelesaikannya dengan kepala dingin. Mereka akan mengambil keputusan yang adil buat semuanya, bukan hanya untuk dirinya sendiri.

P.S: Kayaknya Indonesia butuh pemimpin yang suka menyendiri deh. 😛

3. Seringnya mereka adalah pendengar yang baik, karenanya cocok menjadi konsultan sekaligus pemimpin masa depan

Mereka juga pendengar yang baik lho.

Mereka juga pendengar yang baik lho. via www.lifehack.org

Advertisement

Hobi menyendiri membuat mereka lebih gemar menjadi pendengar ketimbang pembicara saat dalam sebuah forum. Nggak salah kalau mereka yang hobi menyendiri kerap dijuluki sebagai pendengar yang baik oleh teman dan kerabat mereka. Kemampuan menjadi pendengar yang baik ini membuat mereka memiliki peluang lebih untuk memiliki lebih banyak sudut pandang dalam mempertimbangkan banyak hal, seperti seorang konsultan. Oleh karenanya, orang lain selalu percaya kepada saran-saran mereka.

Para penyendiri memang tipe pendengar dan pemberi solusi yang baik, baik di lingkungan pertemanan maupun lingkungan kerja. Kualitas ini membuat mereka layak jadi pemimpin masa depan. Yup, karena si pemimpin masa depan haruslah seseorang yang mampu mendengar dan memahami orang lain dengan baik.

4. Memang public speaking bukanlah keahlian mereka, tapi urusan mengungkapkan pendapat bisa dengan baik mereka tuangkan via tulisan

Mengungkapkan pendapat mereka sampaikan via tulisan.

Mengungkapkan pendapat mereka sampaikan via tulisan. via favim.com

Biasanya mereka yang hobi menyendiri memang nggak terlalu jago dalam hal berbicara di depan umum. Namun, soal menulis dan merencanakan sesuatu, mereka juaranya. Yup, mereka yang hobi menyendiri lebih nyaman mengungkapkan pendapat via tulisan ketimbang secara lisan. Nggak salah jika banyak dari penulis ternama dunia adalah seorang pemikir yang suka menyendiri. Sebut saja J.K Rowling yang ketimpaan ide menulis Harry Potter saat ia tengah jalan-jalan sendirian dan menanti kereta dari Manchester menuju London yang tertunda. Tuh, hobi menyendiri ternyata berpotensi menelurkan karya lho!

5. Terbiasa bekerja sendiri membuat mereka tidak tergantung kepada orang lain. Tipe seperti ini sangat terpercaya dan bisa diandalkan

Juga seorang pekerja yang bisa diandalkan.

Para penyendiri adalah pekerja yang bisa diandalkan. via elitedaily.com

Untuk urusan pekerjaan, mereka yang hobi menyendiri adalah pribadi yang udah biasa banget bekerja sendirian. Jika ditempatkan dalam kerja kelompok, mereka tergolong pribadi yang bisa diandalkan. Yup, karena mereka udah terlatih menyelesaikan rintangan dalam pekerjaan dengan sendirian. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa menempatkan diri dalam kelompok. Saat bergabung dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan tim, para penyendiri ini akan membuat pembagian tugas dengan efektif. Mereka mampu mengurangi urusan main-main yang bisa memperlambat pekerjaan, dan juga memacu anggota kelompok yang lain untuk melakukan hal yang sama. Tuh kan, memang mereka paling bisa diandalakan dalam segala urusan pekerjaan!

6. Soal pertemanan, mereka lebih memilih punya sedikit sahabat tapi berkualitas dan punya kedekatan yang erat

Sedikit teman yang penting deket banget.

Sedikit teman yang penting deket banget. via www.lifehack.org

Meski sering menyendiri, bukan berarti mereka nggak punya teman lho. Bagi mereka, teman sedikit saja, asalkan berkualitas dan bisa banget diandalkan. Ini juga ada hubungannya dengan pribadi mereka yang memiliki kepekaan tinggi dan cenderung menekankan pada kedalaman perasaan. Ketimbang punya kenalan banyak tapi nggak ada yang punya ikatan emosional yang kuat, mereka lebih memilih punya sedikit teman tapi memiliki kedekatan yang erat.  #DalemBanget.

7. Oleh karena mereka adalah pribadi yang pemikir, soal keuangan pun mereka cerdas dalam mengelolanya

Cerdas juga mengelola keuangan.

Cerdas juga mengelola keuangan. via www.lifehack.org

Pernah denger dong, kalau katanya orang yang sukses adalah mereka yang jago mengelola keuangan? Nah, ini juga yang jadi kelebihan dari mereka yang suka menyendiri. Yup, karena terbiasa untuk berpikir matang sebelum bertindak, soal keuangan mereka pandai berhemat. Mereka bisa membedakan mana yang harus diprioritaskan dan mana yang hanya sekadar hawa nafsu. Hmm, mulai sekarang jika ada acara kampus, kamu bisa nih menggandeng temanmu yang penyendiri untuk dijadikan bendahara! 😀

Ternyata mereka yang hobi menyendiri punya segudang kelebihan yang berpeluang mengantarkan mereka menuju kesuksesan. Jadi, jangan merasa rendah diri ya kalau kamu tergolong pribadi yang hobi menyendiri. Tetap semangat dan optimis ya! #SalamMotivasiHipwee #migmeindonesia

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya