Sering merasa cemas, gelisah, dan serba khawatiran kayaknya sulit banget lepas dari dirimu. Sudah coba upgrade kebiasaan ke hal-hal positif, tetap saja masih kamu alami. Rasa cemas seperti itu kadang sulit diprediksi. Semisal ketika sedang jalan bareng teman-teman bisa muncul mendadak. Tapi, nggak jarang juga perasaan itu ada saat diri sedang galau merana.

Tanpa harus susah payah memikirkan, sebenarnya ada hal sepele yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Meski sederhana banget, hal-hal receh ini punya keistimewaan karena ampuh menolongmu melewati masa-masa kegelisahan. Yuk, ketahui 7 hal receh berikut ini supaya kamu nggak lagi cemas, apalagi khawatiran melulu.

1. Tata kamar tidur senyaman mungkin. Karena seburuk apapun hari yang dialami, kamu selalu punya tempat nyaman untuk pulang

punya tempat paling nyaman saat pulang via unsplash.com

Advertisement

Salah satu cara mudah untuk kurangi kecemasan yaitu dengan menata kamar tidur. Ruangan satu ini bisa dibilang sebagai tempat untuk istirahat dan memejamkan mata sejenak dari rutinitas seharian penuh. Kamu yang lagi cemas dan gelisah, ditambah lagi dengan kondisi tubuh lelah pasti ingin goler-goler sambil melepas penat. Nah, saat inilah kamar tidur hadir memanjakanmu. Dengan kamar tidur yang tertata sesuai keinginanmu, maka rasa nyaman akan segera menghampiri. Seburuk apapun hari yang telah dihadapi, kamu selalu punya tempat nyaman untuk pulang dan melepas penat.

2. Jauhkan ponsel dari jangkaun. Biasanya rasa cemas sering disebabkan dari notifikasi ponsel

jauhkan ponsel dari jangkauan via unsplash.com

Sadar atau nggak, ponsel yang sering kamu genggam ternyata menjadi penyebab rasa cemasmu muncul. Berbagai notifikasi yang berasal dari ponsel menjadi malapetaka buatmu. Notifikasi chat atau telepon dari orang yang kamu sebal atau pemberitahuan dari komentar pada foto yang kamu unggah di media sosial (medsos) adalah beberapa di antaranya. Maka dari itu, sudah selayaknya kamu jauhkan ponsel sebisa mungkin. Demi perasaan dalam diri terkontrol dengan baik.

3. Jangan ragu berbagi cerita ke orang lain tentang apa yang sedang kamu rasakan. Dengan bercerita, kamu akan lebih lega

cerita ke orang lain via unsplash.com

Tak harus cerita semua peristiwa atau yang kamu rasa, cukup inti-intinya saja sudah mendingan. Dengan sedikit bercerita kepada orang yang tepat, kamu bakal merasa lebih lega. Hati dan pikiranmu jadi lebih enteng dan nggak terbeban. Bahkan, masalah rumit sekalipun bisa terselesaikan karena mendapat tanggapan dari lawan bicaramu. Kegelisahan yang sedang kamu rasakan pun lambat laun berkurang.

4. Belajar untuk bilang “tidak” lebih baik dibanding selalu mengatakan “mungkin”. Jujurlah pada diri sendiri kalau kamu memang nggak bersedia dalam suatu hal

belajar bilang “tidak” via unsplash.com

Advertisement

Berkata “tidak” pada orang lain menjadi salah satu hal yang paling sulit kamu lakukan. Rasa nggak enak kalau menolak permintaan atau sebagai ungkapan ketidaksetujuanmu terhadap suatu hal menjadi beban berhari-hari. Kamu bakal kepikiran soal perasaan orang itu yang kamu tolak. Padahal, caramu yang sudah mengatakan “iya” atau “mungkin” berarti telah membohongi diri sendiri. Yang ada kamu menjadi sulit melakukannya dan merasa berat. Makanya, coba dari sekarang belajar berkata tidak jika memang kamu nggak suka atau nggak ingin melakukan.

5. Sepele memang, tapi memulai hari dengan melihat keindahan sinar mentari saat pagi bermanfaat sekali. Kamu melupakan sejenak berbagai hal yang bikin cemas

bersyukur melihat keindahan sinar mentari via unsplash.com

Mensyukuri karunia Tuhan seperti keindahan semesta dari cantiknya matahari bersinar saat pagi memang syahdu sekali. Ketika memandang dan menikmati hangatnya sinar mentari itu, kamu seakan-akan terhipnotis seketika. Seolah-olah saat itu yang ada di dunia hanya kamu dan sinar mentari saja. Ketika sedang mengalami hal itu, perasaan cemas, gelisah, dan khawatir berlebihan hilang seketika.

6. Jaga jarak dengan orang-orang yang membuat mood makin buruk. Jangan menambah kepusingan dengan habiskan waktu sama mereka

jaga jarak via unsplash.com

Nggak cuma ponsel yang kamu singkirkan, tapi orang-orang yang berpengaruh buruk terhadap mood perlu kamu berikan jarak. Karena jika kamu biarkan, yang ada perasaan cemas dan gelisah dalam diri makin lama hilangnya. Karena itu, jaga jarak dengan mereka dari sekarang dan habiskan waktu dengan orang-orang yang berpengaruh positif padamu.

7. Berpenampilanlah senyaman mungkin. Pakai make-up dan baju yang paling kamu suka supaya rasa gelisahnya hilang

berpenampilan senyaman mungkin via unsplash.com

Tanpa kamu sadari atau nggak, berpenampilan sesuai jati diri dan senyamanmu bakal menolong perasaan cemas itu. Kamu yang gugupan dan nggak pede-an bakal tertolong dengan penampilan. Kamu jadi lebih bersemangat menjalani hari dan membuat perasaan cemas, gelisah, dan khawatiran lama-lama menghilang.

Mau seperti apapun cemas atau gelisahnya kamu, nggak ada salahnya terapkan 7 cara tadi. Hal-hal sepele yang ternyata ampuh menolong kamu dari perasaan kayak gitu bisa mulai dicoba dari sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya