Ngapain juga mikirin jodoh yang belum dateng-dateng. Toh, kalau udah waktunya pasti kita bakal nikah. Nikmatin aja kesendirian…

– Ani –

Perbincangan tentang masih melajang di usia yang nyaris seperempat abad, tepatnya usia 24 tahun, tentulah menjadi bahasan yang seru. Terutama buat kamu para cewek. Menginjak usia 24, obrolan bersama sahabat pasti nggak akan lepas dari yang namanya pelaminan dan pertanyaan seputar jodoh. Kapan ya dilamar? Kapan ya ketemu jodoh? serta ratusan pertanyaan galau badai lainnya.

Beruntungnya, di tengah pertanyaan yang tak kunjung berjodoh dengan jawaban tersebut, kamu masih bisa berdamai dengan kesendirian. Lebih dari itu, pada akhirnya kamu justru menikmatinya. Karena kamu mengerti, hal-hal ini bikin kamu bahagia meski tanpa pasangan.

1. Menjomblo adalah masa-masanya kamu senang memperkaya pengalaman. Tak perlu ragu dengan rencana melanjutkan pendidikan

bisa fokus melanjutkan pendidikan tinggi via m.voaindonesia.com

Ada alasan mengapa kamu masih diizinkan sendiri di usia ketika semua teman sudah sibuk menikah. Anggaplah itu anugerah, kamu jadi punya kesempatan untuk mengembangkan diri dan memperkaya pengalaman. Kamu yang punya keinginan untuk melanjutkan kuliah pun bisa fokus dengan rencana-rencana akademismu.

Advertisement

Ketimbang hari-harimu diisi dengan kegalauan akan jodoh, baiknya kamu isi dengan kesibukan yang memberdayakan dirimu. Rencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3) jadi target yang tampaknya bisa kamu lakukan dengan maksimal. Karena masih sendiri, kamu belum perlu menyesuaikan rencana studi dengan rencana hidup orang lain yang kelak akan jadi pasanganmu kalau sudah menikah. Fokus pada diri sendiri membuat jalanmu lebih mudah. Toh jika kamu masih bimbang ingin melanjutkan kuliah lantaran kesulitan biaya, kamu bisa lho memulainya dengan mencari beasiswa dalam dan luar negeri.

P.S: dari pada galauin jodoh, mending langsung klik aja info beasiswa di link ini. 😛

2. Tidak ada kewajiban untuk mengabarkan pasangan. Kamu punya kebebasan penuh dalam setiap langkahmu

Nggak ada kewajiban untuk mengabarkan pasangan. via favim.com

Bebas aja dan nggak ada kewajiban buat ngabarin pacar.

– Andina –

Ini yang sangat disyukuri oleh mereka yang masih jomblo di umur 24 tahun. Kamu merasa bebas saja menjalani kesibukan tiap harinya. Tidak ada kewajiban untuk memberi kabar kepada pacar. Bersyukur kamu cukup mendengar Kangen Band nyanyi “kamu di mana, sama siapa” saja. Rententan pertanyaan ini tidak kamu dengar dari seseorang yang kamu panggil pacar. Juga, tak akan ada seseorang yang cemburu dengan kesibukanmu. Rasanya hidup jauh lebih lepas dan santai. Iya nggak?

3. Kamu bisa bebas melakukan hal-hal asyik dengan teman-teman. Tak ada kekhawatiran dicemburui seseorang

Kamu jadi bebas berteman dengan siapa saja. via www.hercampus.com

Kamu lagi sama siapa?

Teman kamu cewek atau cowok?

*Yaelah, kaya lagi diinterogasi sama Buser.

Serunya menjadi jomblo adalah kesempatan untuk punya banyak teman. Coba kamu perhatikan teman-temanmu yang udah punya pacar, biasanya sih mereka nggak bisa sebebas kamu yang masih sendiri. Kamu bisa dengan mudahnya bergaul dengan lawan jenis, berbeda dengan mereka yang sering diliputi rasa khawatir lantaran takut pacarnya cemburu. Kalau pun pada akhirnya tetap berteman atau jalan dengan yang teman lawan jenis yang dicemburui, akhirnya terpaksa bohong juga ke pacar untuk menghindari pertengkaran.

Kamu bersyukur hidupmu nggak seribet itu.

4. Kamu belum perlu memikul beban untuk membahagiakan pasangan. Saat ini kamu hanya perlu membahagiakan dirimu sendiri

Membahagiakan diri sendiri… via favim.com

Hal yang menyenangkan dari kesendirian adalah kamu nggak punya kewajiban untuk membahagiakan pacar. Kamu hanya perlu membahagiakan dirimu sendiri. Berbeda dengan kamu yang tengah memiliki pasangan yang setidaknya terlintas pikiran untuk berusaha membahagiakan dirinya.

Kalau aku begini, dia kecewa nggak yah?

Ambil contoh soal penampilan. Saat kamu punya pacar, tentu kamu selalu ingin tampil menarik di hadapannya. Tampil kucel sedikit saja, kamu diliputi rasa khawatir dia akan berpaling ke orang lain. Kekhawatiran tersebut nggak akan pernah menghinggapi kamu yang masih single. Dandan nggak dandan, santai saja….

5. Kendali penuh ada di tanganmu, terutama untuk fokus kepada karir. Biar kemapanan materi bisa kamu dapat sebelum usia 30an!

fokus kerja demi karir via bewerbung.com

Banyak juga yang memilih untuk tetap sendiri lantaran masih ingin menikmati waktu untuk mengembangkan karir. Bagimu, saat ini yang terpenting adalah meningkatkan jenjang karir demi meraih kemapanan sebelum umur 30an. Fokus bekerja demi melunasi cicilan KPR dan mobil pribadi. Tak lupa juga tabungan masa depan yang sudah dengan matang kamu persiapkan. Meski belum ada rencana untuk menikah, setidaknya kamu sudah mulai menyicil persiapan hidup di masa depan dari segi materi.

6. Kamu bisa banyak jalan-jalan, cerita perjalananmu bisa kamu ceritakan pada anak-anakmu kelak 🙂

Isi waktumu dengan traveling.. via www.nyip.edu

Sudah berapa banyak negeri impian yang sudah kamu kunjungi? Jika jawabannya masih sedikit atau bahkan belum satu pun, sekaranglah saatnya bagimu untuk sering-sering mengepak ransel dan memulai perjalanan. Isi kesendirianmu dengan traveling. Supaya nanti saat kamu sudah menjadi ibu, kamu punya banyak cerita perjalanan yang bisa diceritakan pada anak-anakmu kelak. Menyenangkan bukan, mendongengi anak-anakmu nanti dengan cerita petualanganmu menjelajahi banyak negeri?

7. Bukan berarti duniamu jadi penuh dengan dirimu sendiri. Justru waktumu bersama orangtua dan keluarga jadi lebih berharga

Kamu jadi punya banyak waktu dengan orangtua. via www.liesyoungwomenbelieve.com

Tidak ada yang lebih membahagiakan dari momen saat bersama keluarga. Ada banyak hal yang belum tentu bisa kamu lakukan saat masih punya pacar dan hanya bisa kamu lakukan saat single. Misalnya saja memasak untuk keluarga di rumah saat malam Minggu, menonton DVD bersama di ruang tamu, atau sekadar menemani ibumu belanja di supermarket. Ini adalah hal yang paling kamu syukuri saat melajang. Waktumu jadi tercurah untuk membahagiakan orangtua dan keluarga.

Kesendirian bukan untuk dirutuki, melainkan untuk dinikmati dan disyukuri. Yakin saja, kalau sudah tiba waktunya kamu pun akan menemukan tambatan hati dan berkomitmen layaknya yang lain. Tapi kalau sekarang belum ada, justru ini adalah waktu yang tepat untukmu mengembangkan diri. Salam jomblo! ;p