– Arisan Keluarga Besar-

Uwak: “Eneng, kapan nikah? Umur udah 25 masa mau sendiri aja?”

Kamu: “Nanti Wa, mau lanjut S2 dulu.”

Uwak: “Emang punya tabungan?”

Kamu: “Rencananya mau nyoba beasiswa, Wak.”

Ketika kamu frustasi nggak dapet-dapet jodoh, daftar beasiswa bisa jadi jalan keluar dari penatnya pertanyaan kapan nikah. Kali aja kamu ketemu jodoh saat lanjut S2…

Untuk kamu yang sudah lulus kuliah, pertanyaan tentang kapan menuju pelaminan sungguh bikin bete nggak ketulungan. Beruntung kamu yang udah punya calon, tinggal tunggu waktu dihalalkan aja. Lalu apa kabarnya kamu yang jomblo? Saat udah mulai bosan kerja dan pertanyaan tentang kapan nikah udah kamu dengar sehari tiga kali kayak jadwal minum obat, melanjutkan kuliah adalah solusi yang baik.

Biaya dari mana kuliah lagi? Minta ortu gengsi, tabungan juga nggak punya.

Nggak usah, khawatir. Coba deh tantang diri dan keberuntunganmu untuk daftar beasiswa S2 berikut ini. Sambil menyelam minum aer, sambil menuntut ilmu – sambil juga mencari pendamping hidup. Kali aja dia yang ditakdirkan untukmu juga sedang menjajaki jalan yang sama, dan kalian akan ketemu di sana.

1. Dari pada baperin mantan yang udah naik pelaminan, lebih baik berusaha agar beasiswa LPDP ada di genggaman

Beasiswa LPDP yang masih jadi hits di kalangan scholarship hunter. via www.unsri.ac.id

Advertisement

Memang sedih saat mantan tersayang udah naik pelaminan. Tapi kamu pantang sedih berlama-lama ya. Kamu yang kebetulan masih jomblo dan niat lanjut kuliah lagi, kenapa nggak coba aja beasiswa LPDP?

Beasiswa yang tetap jadi hits di kalangan scholarship hunter ini bisa dikatakan sebagai salah satu beasiswa idaman. Beasiswa LPDP nggak hanya mencakup biaya pendidikanmu aja, tapi juga biaya non-pendidikan seperti biaya hidup bulanan, visa, seminar internasional, dan lainnya. Beasiswa untuk studi S2 dan S3 ini didanai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan RI.

Pendaftaran beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali. Untuk syarat dan info lanjut tentang beasiswa yang satu ini, kamu bisa klik di sini.

2. Soal kapan nikah bisa ditangguhkan dulu. Untuk kamu yang kebetulan bercita-cita jadi dosen, perjuangin nih beasiswa PMDSU!

Buat kamu yang punya cita-cita ingin jadi dosen, bisa coba beasiswa yang satu ini. via www.hexjam.com

Banyak yang bilang kalau kelamaan menuntut ilmu malah bikin kamu jadi susah dapet jodoh. Itu hanya mitos, guys! Harusnya kamu yakin aja kalau menuntut ilmu juga bagian dari memantaskan diri. Bisa aja kamu ketemu jodohmu ketika sedang menuntut ilmu. Nah, buat kamu yang belum dapet petunjuk soal kapan nikah dan kebetulan mengidamkan untuk menjadi dosen, kenapa kamu nggak mencoba beasiswa PMDSU aja!

PMDSU (Program Magister Menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul) adalah beasiswa untuk lulusan S1 berprestasi yang ingin jadi dosen. Kamu diharuskan untuk menuntaskan program S2 hingga S3 dalam waktu 4 tahun. Kalau kamu berhasil lolos beasiswa ini kamu bakal menandatangani kontrak sebagai calon dosen dengan DIKTI.

P.S: Seleksi calon penerima beasiswa PMDSU Batch III akan dilakukan pada tahun 2017. Klik di sini untuk info lanjut seputar beasiswa ini.

3. Jangan iri lihat sahabat jadi manten. Daftar short course StuNed aja biar nggak kalah keren. Siapa tahu berjodoh ke Negeri Kincir Angin

Kali aja bisa ketemu jodoh di Belanda! via pendidikan.id

Teruntuk kamu yang masih suka iri liat sohibmu udah naik pelaminan, sementara kamu belum, udah bukan zamannya lagi kamu merasa frustasi. Mungkin kamu sedang diberi waktu sama Tuhan untuk memantaskan diri.

Bisa jadi juga mengikuti short course adalah jalanmu untuk bertemu jodoh. Kamu bisa mendaftar short course ke Belanda melalui beasiswa short course StuNed. Siapa tahu kamu justru ketemu jodoh di Belanda. Kembali ke pasal satu, yakni sambil menyelam, minum aer. Sambil short course, sekalian juga nyari jodoh. Untuk info lebih lanjut mengenai short course ini, klik di sini.

4. Udah bukan waktunya lagi galau kapan dihalalkan. Kamu bisa mencoba Au Pair untuk tambah pengalaman

Coba deh daftar Au Pair. Seru lho. via lapetrich0r.wordpress.com

Au pair bisa dikatakan sebagai ajang pertukaran budaya. Jika kamu lolos seleksi program ini, kamu akan tinggal bersama host family-mu di negara tujuan (Perancis, USA, dll). Selama tinggal bersama host family, kamu punya beberapa tugas, yakni mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga ringan.

Sebagai Au Pair, kamu punya kedudukan yang sejajar dengan keluarga dimana kamu tinggal. Dengan kata lain, kamu jadi bagian keluarga tersebut. Serunya, selain dapat tempat tinggal dan makan gratis, kamu juga berhak kursus bahasa untuk mengenal bahasa dan budaya di negara tempat kamu tinggal. Penasaran? klik di sini untuk info lanjutnya ya, guys!

5. Nggak ada ruginya juga mencoba beasiswa dari pemerintah Malaysia. Besar kemungkinan jodoh kamu ada di negeri tetangga

Kuliah di Malaysia aja. Bisa saja jodohmu dari negeri Jiran. via www.villamerah.web.id

Pemerintah Malaysia juga menawarkan beasiswa yang bisa kamu coba, yakni Malaysian International Scholarship (MIS). Beasiswa ini bisa digunakan untuk melanjutkan studi S2-mu di Malaysia. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah di kampus tujuanmu di Malaysia, tunjangan hidup bulanan, tunjangan buku, asuransi kesehatan, hingga tiket pesawat ke Malaysia. Untuk info lebih lanjutnya, kamu bisa klik di sini.

P.S: untuk tahun 2016 belum ada kabar akan dibuka pendaftaran kapan, tapi kamu bisa mencari referensinya tentang beasiswa ini di tahun sebelum-sebelumnya. Kamu bisa klik link ini.

6. Beasiswa dari Pemerintah Kerajaan Thailand ini untuk orang-orang terpilih. Bisa saja kamu dan dia dipertemukan di negeri Gajah Putih

Kamu bisa mendaftar beasiswa ke negeri Gajah Putih. via www.grasshopperadventures.com

Sawadee Khap

Pemerintah kerajaan Thailand juga menawarkan beasiswa S2 yang bisa kamu coba. Melalui dua beasiswa, yakni His Majesty the King’s Scholarships dan Her Majesty the Queen’s Scholarships. Siapa tahu kamu bakalan ketemu jodoh di negeri Gajah Putih. Untuk info lebih lanjut tentang beasiswa ini, bisa klik di sini.

Buat kamu yang tengah galau lantaran tak kunjung naik pelaminan, nggak ada salahnya kembali ke bangku perkuliahan dengan jalan beasiswa. Selain menimba ilmu, kamu juga bisa mencari kemungkinan. Kemungkinan ketemu jodoh. Okeh, semoga list beasiswa di atas bermanfaat ya buat kamu. 😉

Selamat berjuang untuk jodoh beasiswa! 😛