Saat melakukan kesalahan, baiknya memang segera mengakui dan meminta maaf. Tapi kebanyakan orang justru memendamnya karena rasa gengsi lebih kuat menguasai diri. Akibatnya hubungan yang dulu baik bisa merenggang hingga berujung tak saling berkomunikasi.

Padahal meminta maaf terlebih dahulu tak akan buat harga dirimu jatuh, atau orang memandangmu sebelah mata. Apalagi kalau itu meminta maaf atas kesalahan yang kamu lakukan sendiri. Kesadaran untuk mengakui kesalahan sebenarnya buatmu memperoleh banyak pelajaran yang berguna untuk bekal hidupmu nanti. Untukmu yang suka bimbang saat ingin meminta maaf terlebih dahulu, berikut Hipwee berikan 6 pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan dari hal itu.

1. Kamu yang bersedia minta maaf lebih dulu adalah sosok yang berbesar hati. Sebab kamu mau mengakui kesalahan diri

Kamu punya stok sabar lebih banyak dengan berbesar hati

Advertisement

Mengakui kesalahan yang dilakukan sendiri bukanlah sebuah hal yang mudah. Kamu harus mau berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu untuk bisa mengakui kesalahan itu. Buatmu yang bersedia meminta maaf atas kesalahan lebih dulu, berarti kamu telah menunjukkan sisi berbesar hatimu. Dengan kebesaran hati itulah bukti bahwa kamu juga mempunyai stok kesabaran yang lebih banyak dari mereka. Nggak semua orang berani mengakui kesalahannya sendiri seperti apa yang kamu lakukan saat ini.

2. Dengan minta maaf duluan kamu bisa mengatur emosi diri sendiri. Tak semua orang diberikan kesempatan seperti ini

Fase di mana kamu bisa belajar mengatur emosi via www.unsplash.com

Ada kalanya saat seseorang melakukan kesalahan, dia justru menjadi pihak yang termakan emosi. Kemudian dia malah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang sebenarnya dia lakukan sendiri. Namun lain halnya denganmu. Dengan meminta maaf terlebih dahulu kamu bisa belajar bagaimana caranya mengontrol emosi diri. Fase belajar ini memang awalnya sulit untuk dijalani, tetapi akan berbuah manis di kemudian hari.

3. Kamu juga bisa belajar tentang makna ketulusan. Karena meminta maaf lebih dulu itu nyatanya sulit dilakukan

Ketulusan hati

Sekadar mengucapkan kata maaf memang mudah. Namun untuk benar-benar meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan memang sulit untuk dilakukan. Apalagi ketika lingkungan di sekitar tak mendukung niat baikmu itu, Padahal sebenarnya niat baikmu untuk duluan minta maaf bisa dijadikan sebagai proses belajar tentang makna ketulusan. Mungkin pada awalnya akan sulit untuk dilakukan, tetapi pelan-pelan kamu akan paham bahwa meminta maaf itu harus diikuti dengan hati yang ikhlas.

4. Keberanianmu untuk meminta maaf buatmu memahami arti kedewasaan. Tak seharusnya ego merusak hubungan pertemanan

Belajar Kedewasaan via www.unsplash.com

Advertisement

Belajar tentang menjadi dewasa juga bisa kamu dapatkan dengan berani meminta maaf atas kesalahan yang udah kamu lakukan. Rasa gengsi yang sudah kamu singkirkan menjadi tanda bahwa kamu tengah berproses untuk menjadi dewasa. Sebab kamu tak mementingkan ego diri sendiri yang bisa merusak hubungan pertemanan yang telah lama dibangun bersama. Dari hal itu kamu juga berhasil membuktikan bahwa menjadi dewasa bukan perkara usia, tetapi lebih ke sikap dan perilaku terhadap sesama.

5. Permintaan maaf yang kamu lakukan, jadi wadahmu untuk menempa sisi tanggung jawabmu sebagai seorang pribadi

Sisi tanggung jawabmu ditempa

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa apa yang telah dimulai harus bisa diakhiri dengan berani. Seperti saat membuat kesalahan, sengaja atau tak sengaja kamu tetap harus meminta maaf. Karena keberanianmu untuk meminta maaf itu tanda bahwa kamu tengah berproses untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab. Meski dicap sebagai pihak yang kalah, sesungguhnya dirimu tengah ditempa untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam hal tanggung jawab diri.

6. Minta maaf duluan bukan berarti kamu kalah. Justru menjadi bukti bahwa kamu juara dalam melawan ego diri sendiri

Kamu bukan pecundang. Kamu adalah pemenang!

Lho kok minta maaf duluan? Ngaku kalah ya?

Meminta maaf duluan bukan berarti mengaku kalah. Namun kamu hanya berani mengakui kesalahan yang telah kamu perbuat sebelumnya. Justru kamu merupakan sosok pemenang yang sebenarnya. Karena mampu bertahan dalam melawan ego diri sendiri yang pasti ingin mengajakmu lari dari kenyataan. Kamu seharusnya bisa berbangga karena dengan besar hati mengucap maaf, sebab tak semua orang memiliki keberanian seperti ini.

Meski kadang minta maaf tak sepenuhnya menyelesaikan masalah, namun paling tidak kamu udah berniat baik untuk kembali memperbaiki hubungan pertemananmu. Jangan takut dianggap sebagai pecundang hanya karena kamu minta maaf duluan. Kalau enam pelajaran hidup di atas bakalan kamu dapatkan, masih ragu nggak untuk mengatakan maaf terlebih dahulu atas kesalahan yang kamu lakukan itu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya