Jadi orang yang gampang gugup sering bikin kamu senewen dalam hati. Mau lakukan apa saja kok gugup melulu, semisal mau kenalan, presentasi, sampai mau ngobrol sama calon mertua untuk kesekian kalinya masih saja nervous. Berbagai cara kayak yang diutarakan para pembicara handal public speaking sudah kamu terapkan. Tapi, kenapa belum sembuh juga ya?

Mungkin, cara yang selama ini kamu lakukan belum cocok dengan karaktermu. Bisa saja cara yang lebih pas kamu ikuti dalam mengatasi kegugupan adalah hal-hal receh yang sebelumnya nggak pernah terpikirkan. Kayak gimana tuh? Simak delapan cara receh berikut ini supaya kamu nggak gugupan mele ya!

1. Banyak yang bilang atur napas itu penting dilakukan supaya nervous-mu berkurang. Yuk coba buktikan

tarik napas dalam-dalam, lalu buang secara perlahan via unsplash.com

Advertisement

Kalau kamu masih belum percaya tentang khasiat dari mengatur napas dalam mengatasi kegugupan, nggak ada salahnya sekarang coba buktikan. Kamu bisa coba melatih diri menarik napas panjang, lalu buang secara perlahan ketika sedang gugup. Atau kamu juga latihan mengatur napas tanpa selalu dalam keadaan nervous, misalnya setiap pagi hari di teras atau menghadap jendela sambil dibuka jendelanya. Dengan begitu, udara pagi yang masih segar bisa bantu menetralisir kegugupanmu.

2.Baca bismillah ya ukhti dan akhi, biar aktivitas lancar, penuh berkah, dan nervous-nya hilang

baca bismillah ya via www.instagram.com

Bagi kamu yang beragama Islam, cara satu ini harus banget dicoba sebelum mulai suatu hal yang sudah didahului dengan kemunculan rasa gugup. Ya, baca basmalah atau ucapkan ‘bismillah’ itu biasa dilakuan umat Muslim sebelum melakuan suatu hal biar diperlancar dan selalu berkah. Maka dari itu, kamu bisa ucapkah ‘bismillah’ saat mau bertemu klien atau presentasi di depan kelas supaya lancar dan nervous-nya hilang. Aamiin

3. Biasakan berpikir positif mulai sekarang. Kalau sudah serba positif, nervous-nya bakal teratasi

berpikir positif via unsplash.com

Nervous biasa disebabkan karena banyak hal yang kamu khawatirkan. Entah karena takut presentasinya jelek atau khawatir sama first impression menurut orang yang baru kenalan tadi kamu dianggap ‘B’ saja. Padahal, segala bentuk kekhawatiran yang ada dalam otak nggak semuanya terjadi. Daripada buang-buang waktu khawatir melulu, mendingan kamu basakan berpikir positif di manapun dan kapanpun demi menghindarkan rasa nervous yang sering muncul.

4. Nge-jokes sama teman biar groginya berkurang. Distraksi seperti ini yang kamu butuhkan

nge-jokes sama teman via unsplash.com

Advertisement

Pernah lihat ada orang ngelucu, tapi bahannya garing? Orang yang begini jangan pandang aneh lagi ya. Karena nge-jokes garingnya dia bisa jadi salah satu cara untuk mendistraksi dirinya supaya nggak gugupan melulu. Nggak percaya? Cara receh ini bisa banget kamu terapkan, hehe.

5. Ngemil apa saja yang kamu suka. Biar hati dan pikiran tenang

ngemil apa saja via unsplash.com

Selain nge-jokes, kamu bisa ngemil makanan apapaun yang kamu suka. Hal ini bikin kamu jadi lebih nyaman dan tenang selama gugupan. Mau makanan berat, camilan kayak snack, atau cuma permen sekalipun, selama itu bisa bikin kamu lebih rileks tentu nggak masalah.

6. Sibukin diri kayak nyanyi-nyanyi sesuka hati. Cuekin saja kalau ada yang protes!

nyanyi-nyanyi sesuka hati via unsplash.com

Hal receh lainnya yang bisa menurunkan level nervous-mu yaitu nyanyi-nyanyi sesuka hati. Lagu-lagu yang kamu nyanyikan boleh apa saja, apalagi kalau bikin anggota tubuhmu bergoyang. Semakin nyaman kamu bernyanyi, maka semakin bagus dirimu mengatasi rasa gugup. Cuekin sajalah kalau ada yang protes karena keberisikan suara sumbangmu. Ups!

7. Ngedumel sendiri bukan berarti gila. Yang penting tubuhmu rileks saja

ngedumel sendiri via unsplash.com

Bakat nyanyi pas-pasan, mau ngemil takut gemuk, eh nge-jokes receh pun khawatir dijauhi teman-teman. Daripada bingung, lebih baik kamu coba ngedumel sendiri saja saat agi merasa gugup. Meski dianggap orang gila, sebenarnya cara ini tanpa disadari bikin tubuh rileks, lho. Yuk, siapkan bahan omelanmu sendiri dari sekarang.

8. Celingak-celinguk ke sekeliling. Siapa tahu nemuin orang-orang yang jauh lebih nervous

perhatikan sekelilingmu via unsplash.com

Males lakukan ketujuh cara tadi? Kamu bisa coba cara satu ini yaitu celingak-ceinguk ke sekeliling. Tanpa ribet dan hanya modal bola mata yang berputar, kamu bisa perhatikan orang-orang yang ada di sekitarmu. Nah, lumayan ‘kan kalau nanti nemuin orang-orang yang ternyata jauh lebih nervous dari kamu. Hehe.

Nervous itu nggak perlu kamu khawatirkan lagi. Dengan coba terapkan delapan cara receh ini, kamu bisa lebih selow mengatasi rasa gugup. Nggap percaya? Buktikan sendiri deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya