Ketika hidup sedang baik baik, kesehatan baik, keuangan cukup, hubungan keluarga baik, pekerjaan baik, biasanya kita cepat mengucapkan syukur. Namun jika salah satu atau semuanya memburuk, cobaan mulai datang bagaikan badai yang sedang mengamuk mendatangi kita. Syukur jadi mulai terlupa, berganti dengan gelisah dan ragu. Kita mulai bertanya-tanya apakah benar ada kuasa yang melihat tapi terus membiarkan semuanya ini terjadi?

Terkadang kita hanya butuh diingatkan, bahwa masalah kecil kita hanya sepersekian dari problem lebih besar yang ada di dunia. Terkadang kita juga perlu melihat keadaan orang lain, sebelum berkaca dan bersyukur karena keadaan kita jauh lebih baik. Kita butuh mengetahui bahwa keajaiban Tuhan itu benar ada.

Advertisement

Lewat kisah-kisah yang dihadirkan lewat film ini, kamu akan mendapatkan pelajaran berharga tentang keajaiban semesta. Film-film ini akan membuatmu percaya, ada kuasa di luar manusia yang menaungi kita, dalam masalah yang sangat sulit sekalipun.

1. Facing The Giants, cerita bahwa kemenangan bukan jadi target utama dalam hidup kita yang fana

“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

Film ini bercerita tentang pengalaman seorang pelatih football. Selama 6 tahun melatih tim football-nya, tim asuhannya selalu gagal, belum sekalipun berhasil menjuarai pertandingan apapun. Dia kemudian menemukan bahwa tujuan utama dalam hidup bukanlah target atau hasil yang bisa dicapai, tetapi bagaimana melakukan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya sebagai ibadah kepada Tuhan. Dengan keteguhan dan keyakinan hatinya, maka ia dan timnya berhasil mencapai kemenangan.

2. 127 Hours, kisah nyata tentang seorang pecinta alam yang berkorban untuk bertahan hidup

Aron ketika lengannya terjepit batu

Aron ketika lengannya terjepit batu via www.google.co.id

Advertisement

Film ini merupakan sebuah kisah nyata dari Aron Ralston yang merupakan seorang pencinta alam yang sangat luar biasa. Kisah dimulai saat dirinya terjepit oleh batu besar dalam gua selama 127 jam lamanya seorang diri. Hal ini membuat Aron membutuhkan mental dan fisik untuk dapat melewati hal tersebut, hingga harus memotong lengannya sendiri untuk bisa lolos.

Meski harus kehilangan sebelah lengannya, ketabahan Aron selama menghadapi situasi yang panjang dan melelahkan layak dikagumi. Di ambang kehilangan nyawa, hanya kuasa Tuhan yang bisa membuatnya bertahan. Kita yang ketika dihimpit kesulitan sedikit langsung ingin menyerah, harusnya jadi mengerti bahwa pertolongan datang ketika di saat sulit pun kita tetap percaya dan berusaha.

3. Sang Pemimpi mengajarkan tentang pentingnya punya sahabat yang bersama-sama menjaga dan mewujudkan mimpi

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.”

Film arahan Riri Riza ini diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi yang kedua yang ditulis oleh Andrea Hirata.Masih bercerita tentang kehidupan Ikal dan Arai di pulau Belitung. Dari latar belakang serba kekurangan, sebuah cita-cita besar mengantarkan mereka pada perjalanan yang lebih jauh lagi. Bekerja di Jakarta dan bertemu lagi dalam studi di Paris, kedua tokoh utama dalam film ini mewujudkan persahabatan mereka yang erat oleh mimpi-mimpi. Film ini berhasil menggugah hati para penonton mengenai kehidupan ini. Bahwa semua hal yang diperjuangkan pasti akan mendapat hasil.

4. Kecerdasan di bawah rata-rata tidak membuat Forrest Gump putus asa. Ia berjuang, dengan segenap talenta yang ia punya

Forest Gump

Forrest Gump via parade.com

“My mother always said, life was like a box of chocolates, you never know what you’re gonna get.”

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibunya dengan penuh perjuangan. Forrest sering diejek dan dijauhi oleh kawan-kawannya karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata. Namun di luar ketidakmampuannya itu, ia memiliki kemampuan lari yang cepat. Berkat kemampuannya, ia menjadi penyelamat banyak tentara dan mendapatkan medali atas kepahlawanannya.

Pesan moral yang bisa kita ambil dari film ini adalah bahwa Tuhan menganugerahkan kita dengan talenta. Setiap orang punya keunikan masing-masing. Kita hanya perlu berbaik sangka dan menjalankan peran sebaik-baiknya.

5. Life of Pi, kisah penuh keajaiban yang membuat orang percaya akan campur tangan Tuhan

Pi berjuang melawan badai

Pi berjuang melawan badai via www.google.co.id

Dikisahkan petualangan Pi selama lebih dari tujuh bulan dalam sekoci yang terombang-ambing di tengah-tengah Samudera Pasifik bersama-sama dengan seekor zebra yang kakinya patah, seekor orang-utan, seekor hyana tutul yang ganas, dan seekor harimau Royal Bengal seberat 225 kilogram. Kisah yang sangat luar biasa dan penuh keajaiban itu, yang membuat seorang tokoh di novel itu berkata, kisah ini akan membuat orang percaya kepada Tuhan.

Film ini memberikan pelajaran kepada kita tentang interaksi dengan Tuhan di kala kita mendapatkan musibah, mendapatkan nikmat yang lebih, atau ketika keinginan sudah tercapai.

6. Soul Surfer, kisah nyata tentang iman seorang wanita peselancar yang berjuang dalam keterbatasan fisik

Bethani Hamilton, surfer bertangan satu

Bethani Hamilton, surfer bertangan satu via www.google.co.id

“… And if you have faith, anything is possible, anything at all ” – Bethany Hamilton.

Soul Surfer adalah kisah nyata yang memperlihatkan iman dan keberanian salah seorang peselancar wanita terbaik dunia bernama Bethany Hamilton. Bethany adalah peselancar remaja yang kehilangan lengan kirinya dalam serangan hiu. Dengan iman dan tekad yang kuat dia berhasil mengalahkan segala rintangan baik kekurangan fisik maupun tantangan psikis berupa trauma dan akhirnya dia berhasil kembali menjadi juara.

7. Doa yang Mengancam, dialog dengan Tuhan yang membawa seorang hamba pada pencarian iman yang dalam

sosok Madrim dalam Doa yang Mengancam

sosok Madrim dalam Doa yang Mengancam via www.google.co.id

Sungguh malang apa yang menimpa Madrim. Sudah miskin, pekerja kelas bawah, terlilit hutang masih dihadapkan dengan kenyataan ditinggalkan istri yang sangat dicintainya. Belum cukup? Dia juga diusir dari rumah kontrakan yang tak beda dengan kandang. Madrim berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan selain semakin giat bekerja. Hasilnya? Nasibnya tidak jauh beda, malah semakin parah. Dalam keputusasaan yang teramat sangat dia mencoba menggugat Tuhan lewat doa yang mengancam.

Namun hidup bukanlah sebuah permintaan, karena seringkali kita dihadapkan pada pilihan hidup yang sulit. Lalu apa lagi yang perlu dilakukan ketika usaha keras dan banyak doa tidak lagi mempan? Jawabannya hanya satu, percaya pada kuasa Tuhan.

8. Cast Away berpesan, tetaplah percaya pada keajaiban walau dalam keterasingan

Chuck Nolan bertahan hidup di pulau tak berpenghuni

Chuck Nolan bertahan hidup di pulau tak berpenghuni via www.google.co.id

Cast away merupakan sebuah film yang menceritakan tentang Chuck Nolan, seorang karyawan fedEx yang terdampar di pulau sepi setelah melakukan penerbangan di pasifik bagian selatan. Setelah terdampar selama 4 tahun, Chuck menjadi terbiasa hidup di pulau tak berpenghuni. Namun karena kerinduannya akan rumah, dia pun nekat membuat sebuah rakit yang berhasil membawanya pulang ke asalnya.

9. The Pursuit of Happiness, sebuah kisah tentang manisnya harapan

Christopher Gardner bersama anaknya

Christopher Gardner bersama anaknya via www.google.co.id

Film yang dibintangi oleh Will dan Jaden Smith ini menceritakan tentang perjalanan hidup Chris Gadner, dari saat dia menjadi gelandangan hingga menjadi CEO dari perusahaan pialang saham yang ia rintis. Pengalaman dan semangat dari Chris Gadner inilah yang akan memberimu inspirasi untuk terus mencari kesempatan yang lebih baik. The Pursuit of Happiness mengajarkan kita untuk berpengharapan, karena Tuhan akan selalu beserta kita untuk berjuang dalam keadaan sesulit apapun.

Lewat film-film tersebut, kita diajarkan untuk tetap tegar menghadapi masalah, sebab Tuhan maha mengetahui dan memahami keberadaan kita. Jangan mudah putus asa dan patah semangat, melainkan terus berharap kepadaNya. Percayalah, Tuhan peduli dan selalu siap menolong kita dalam segala perkara.

Baca juga info tentang film dan selebriti lainnya di @migmeseleb!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya