Sesuatu yang istimewa membutuhkan ide yang cemerlang. Namun gak jarang kita terjebak dalam kebuntuan. Sampai-sampai kadang skripsi gak kunjung kelar karena ide dan mood menulis yang gak kunjung datang. Terus mau sampai nunggu sampai kapan? Karena ide gak bisa diambil di bank, maka kamu butuh suasana yang bisa membuatmu terpicu untuk berpikir lebih kreatif.

Terkadang kita tidak perlu hal-hal besar kok untuk memanggil ide segera tiba. Hal-hal kecil dan sederhana justru bisa jadi jalan keluarnya. Nah, berikut Hipwee berikan 9 hal yang bisa kamu lakukan ketika ide gak kunjung datang. Simak yak!

1. Bersihkan tubuh sembari menyanyi keras-keras di kamar mandi. Tempat di mana momen magic paling sering terjadi

Mandi sambil nyanyi-nyanyi

Mandi sambil nyanyi-nyanyi via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Seringkali ide gak kunjung datang karena kondisi lingkungan yang stagnan atau kamu terlalu stres ketika berada di bawah tekanan. Mandi bisa jadi salah satu cara buat mengatasi itu semua. Saat kamu uring-uringan, bingung harus ngomong apa buat sambutan di seminar, gak ada salahnya kamu bergegas guyur tubuhmu agak lebih segar. Diakui atau tidak, kamar mandi ini memang kayak judul lagunya Coldplay: Magic!

Selain menjadi lebih fresh, mandi sambil bernyanyi juga membuatmu lebih rileks dalam berfikir. Rileksnya tubuhmu ini memungkinkan ide-ide segar bermunculan. Pasang musik kesukaanmu jika memungkinkan sebagai pengiring waktu mandi. Atau jika tidak, adakan konser tunggal minus musik dengan suaramu. Yang penting pastikan teman kosmu gak terganggu ya karena suaramu yang tak terdefinisikan.

2. Nikmati kopi hangat atau teh panas biar lebih bersemangat!

Secangkir kopi hangat membuat pikiranmu bersemangat

Secangkir kopi hangat membuat pikiranmu bersemangat via www.nydailynews.com

Kopi hangat dan teh hangat adalah salah satu minuman yang terbukti bisa membuat mood berubah. Kandungan kafein bisa membuatmu lebih bergairah dalam berfikir karena efeknya yang mempercepat peredaran darah. Dengan mengkonsumsi minuman berkafein maka asupan oksigen ke otak juga lebih lancar.

Advertisement

Daripada kamu lesu, ngantuk, tidak bersemangat, dan ide tidak kunjung datang gak ada salahnya beranjak dan nikmati minuman ini. Perlahan kamu akan merasa lebih semangat untuk menciptakan ide kreatif yang kamu tunggu-tunggu.

3. Jalan kaki atau bersepeda di luar rumah bisa membantumu melihat sesuatu dari prespektif berbeda

Ide itu muncul karena hasil interaksi pikiran dan lingkungan sekitar. Kalau kamu hanya mengurung diri di kamar atau di meja kerja saja, wajar kalau ide yang kamu tunggu-tunggu gak kunjung datang! Saat kebuntuan ide melanda, coba deh langkahkan kaki keluar ruangan demi menikmati suasana di sekitar.

Gak ada salahnya kamu mulai jalan-jalan disekitar kompleks rumahmu, berkeliling di daerah kantor, atau bersepeda di sekitar kampus. Dengan cara ini, pikiranmu tak hanya segar, tapi kamu juga bisa melihat sesuatu dengan prespektif yang berbeda. Pilih moda transportasi yang “lambat” macam sepeda atau bahkan berjalan kaki. Kamu akan terkejut saat menyadari banyak sekali hal yang selama ini tidak kamu perhatikan karena terlalu cepat berkendara dengan kendaraan bermotor.

JK Rowling saja mendapatkan ide untuk menulis novel Harry Potter di kereta yang penuh sesak. Kalau begitu, kenapa kamu tidak mencoba berganti suasana agar ide segera tiba? Karena terkadang ide muncul dari hal-hal yang tak disangka-sanga, temukanlah masterpiece-mu di luar sana!

4. Kamu bisa ajak teman-temanmu untuk berbincang ngalor-ngidul. Semakin kaya latar belakang kalian, semakin oke!

Ngobrol banyak hal dengan teman-teman

Ngobrol banyak hal dengan teman-teman via www.fantasytravelofgreece.com

Terkadang ide-ide keren didapatkan dari hasil akumulasi banyak pemikiran. Maka, diskusi dengan teman-teman dari berbagai latar belakang sangatlah menarik untuk menghasilkan sebuah ide yang cemerlang. Misalnya kamu yang mahasiswa pertanian minta pendapat teman dari teknik mesin untuk bicara soal penghijauan. Kamu akan mendapatkan pandangan-pandangan baru yang tidak pernah terbersit di otakmu sebelumnya.

Mulai sekarang, kalau kumpul sama teman-teman jangan cuma nongkrong heboh dan menggosip saja, ya. Kesempatan berkumpul juga bisa dimanfaatkan untuk diskusi produktif. Inilah saatnya kamu manfaatkan teman-temanmu untuk menambah pengetahuanmu.

5. Rangsang otakmu dengan mengunjungi tempat-tempat baru. Tanpa disangka, kamu bisa menemukan gagasan yang sekian lama kamu tunggu

Berkunjung ke tempat baru bisa memunculkan idemu

Berkunjung ke tempat baru bisa memunculkan idemu via id.openrice.com

Sudah menyerah karena merasa kehabisan ide? Ini saatnya kamu mengambil tas dan kunci kendaraan untuk bergegas menuju tempat baru. Hengkang segera dari meja kerja atau kamar kost-mu, segarkan pikiran dengan suasana anyar yang bisa membuat otakmu lebih segar. Ada event seni atau kafe baru yang belum pernah kamu datangi? Jajal saja, segeralah bertolak ke sana!

Menawarkan suasana baru pada diri sendiri ketika otak sedang buntu adalah pintu awal bagi datangnya ide. Atmosfir baru secara tidak langsung merangsang otakmu untuk berpindah gear ke mode berpikir kreatif nan unik. John Lennon saja mendapatkan ide menggubah lagu “For The Benefit of Mr.Kite” dari sebuah lukisan unik yang ia lihat di toko barang antik. Kalau suasana baru bisa menggerakkan kreativitas Lennon, kenapa kamu tidak menjajalnya?

6. Coba buka kamus, pilih satu kata secara acak. Kemudian kembangkan pemikiranmu dari kata random tersebut

Gali tentang satu kata yang sudah kamu temukan

Gali tentang satu kata yang sudah kamu temukan via www.natcom.org

Laporan skripsimu terbengkalai karena kamu tidak tahu harus mengetik apa lagi? Atau mungkin kamu kesusahan mencari ide brand buat bisnismu? Gak ada salahnya kamu coba buka kamus, lalu tunjuk satu kata secara acak, dan galilah lebih dalam tentang kata itu. Hubungkan juga permasalahan yang sedang kamu pikirkan dengan kata random yang kamu temukan. Cara yang terlihat aneh ini bisa merangsang otakmu untuk berpikir out of the box, sehingga ide-ide baru bisa bermunculan.

Ide-ide keren memang terkadang datang secara ajaib, maka kamu juga bisa coba mendapatkannya dengan cara-cara ajaib pula.

7. Kalau memang otakmu sudah “panas”, tidurlah dan menjauh dari gadgetmu untuk sementara.

Sleeping beauty

Waktunya tidur dengan nyenyak dan nyaman via www.goodhousekeeping.com

Ada masanya otakmu seperti mengepul karena terlalu banyak hal yang dipikirkan. Boro-boro menyambut ide, berpikir normal saja rasanya sudah sulit dilakukan. Saat momen seperti ini datang, justru jangan paksa dirimu untuk terus berpikir. Istirahatlah sejenak untuk mengembalikan kinerja tubuh dan otakmu. Kamu bisa tidur, atau melakukan gerakan meditasi ringan.

Jika tidak punya waktu untuk meditasi atau tidur, kamu bisa mengistirahatkan otakmu dengan menjauh dari semua gawai elektronikmu untuk sementara waktu. Pergilah ke luar ruangan untuk melihat ruang terbuka hijau yang bisa menyegarkan mata. Buka buku kesukaanmu dan bacalah beberapa paragraf di sana, sebelum kembali ke depan peralatan elektronik untuk mulai memeras otak lagi.

8. Bersenang-senang adalah salah satu cara paling manjur untuk membiarkan otak berpikir kreatif

Ketawa sepuasanya

Bersenang-senang adalah cara manjur untuk berfikir kreatif via galleryhip.com

Seringkali ide datang pada saat otak fit untuk berfikir cerdas. Kebugaran otak ini amat dipengaruhi oleh bagaimana kamu bisa mengendalikan perubahan emosi. Rasa bahagia, sudah terbukti bisa mengantarkan oksigen ke otak dengan lebih lancar — yang berdampak pada lancarnya proses berpikirmu.

Saat kamu merasa tidak bisa menghasilkan ide brilian, justru cobalah untuk bersenang-senang. Cpbalah bercengkerama dengan kawan, atau melihat reality show kocak yang jadi kegemaranmu. Memanggil ide dengan cara menyenangkan diri ini jadi strategi yang banyak digunakan oleh berbagai korporasi. Gak jarang perusahaan besar akan membuat kantor yang nyaman untuk memanjakan karyawannya agar lebih bahagia. Bersenang-senanglah maka kamu bisa memberikan energi untuk otakmu berfikir dan mendapatkan ide yang sudah kamu cari-cari.

9. Terkadang ide justru datang dari hal-hal yang simpel saja. Maka kamu bisa mulai perjalanan mencari kitab sucimu ide dari memikirkan hal yang paling sederhana

Mulailah dengan mengamati hal-hal kecil

Mulailah dengan mengamati hal-hal kecil via www.cinemantrix.com

Terkadang kamu gak harus memikirkan hal-hal yang rumit untuk mendapatkan ide yang cemerlang. Kamu hanya butuh memikirkan lebih dalam sebuah hal yang sebenarnya sederhana. Atau mulailah berfikir tentang hal sederhana dari perspektif yang berbeda. Bukankah ide paling cemerlang adalah ide yang bisa menjelaskan hal-hal rumit dengan mudah ke orang awam?

Berpikirlah dengan tenang, jernih, dan nyaman. Proses mencari ide itu sudah cukup berliku, jangan makin dibikin ribet!

Nah, sudah cukup ada pencerahan? Sebenarnya saat sedang buntu gagasan kamu bukan tidak punya ide, melainkan hanya perlu rangsangan untuk otakmu agar mendapatkan ide-ide cemerlang. Karena ide bisa datang dari mana saja, maka teruslah mencari sampai kamu berhasil menemukannya!

Semoga sukses!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya