9 Pelajaran dari Anak Muda yang Bekerja Tak Sesuai Passion, Tapi Mampu Bertahan

Saat masih duduk di bangku kuliah, kamu diam-diam udah menyiapkan daftar pekerjaan impian. Semua pekerjaan itu pasti nggak jauh-jauh dari passion dan nominal gaji yang telah lama kamu dambakan. Namun setelah kamu lulus kuliah, kenyataanya justru sebaliknya. Kamu terasa kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu. Sedangkan pekerjaan yang berada di luar passion justru kian menjamur dan menawarimu kesempatan baru. Saat berada pada momen itu, bimbang dan dilema pasti kamu rasa.

Ingin terus mencari pekerjaan yang sesuai passion tapi kok belum dapat juga. Sementara kalau kamu ambil pekerjaan lain, nanti kamu dikira pribadi yang mempercundangi passion sendiri?

Untukmu yang tengah dilema antara passion dan pekerjaan yang ada, Hipwee ada sedikit pencerahannya. Hipwee berhasil mengumpulkan beberapa anak muda yang bekerja nggak sesuai passion namun mampu bertahan hingga saat ini. Anak-anak muda tersebut bergelut dalam berbagai bidang, mulai dari karyawan swasta sampai pegawai di instansi pemerintahan. Siapa tahu pengalaman mereka bisa membantumu keluar dalam zona kegalauan.

1. Makin dewasa, sebaiknya makin jadi pribadi yang realistis. Kalau ada kesempatan bagus di depan, kenapa nggak dicoba dulu?

Realistis aja~

Tujuanku kerja untuk cari duit, syukur-syukur bisa buat bantuin orangtua. Dua puluh tahun minta duit sama orangtua tuh udah lebih dari cukup. Sekarang saatnya buat mandiri. Kalau pun aku kerja di bidang yang nggak sesuai passion ya nggak apa-apa. Toh dari sana aku bisa produktif dan menghasilkan. Realistis aja lah~ (Jojo, karyawan swasta).

2. Sebuah pekerjaan itu yang penting ada manfaatnya buat orang lain. Perihal sesuai passion atau tidak, itu bonus masing-masing

Bermanfaat buat orang lain via www.unsplash.com

Sebenernya passion-ku sederhana. Kerja, dapat duit trus bisa bermanfaat bagi orang lain tanpa diatur-atur. Kalau pun sekarang belom kerja yang sesuai passion sih santai aja. Anggap aja jadi lahan amal dan ibadah, (Dea, staf pemerintahan).

3. Meskipun jauh dari passion, tapi masih ada hal baik dalam pekerjaan ini. Salah satunya, kamu bisa mendapatkan kemampuan baru dari sini

Bisa dapet hal-hal baru via www.unsplash.com

Hmmm susah juga ya? Kalau gue sih yang penting bisa dapat sesuatu dari pekerjaan ini. Meskipun nggak sesuai passion tapi dapet skill, pengalaman, sama dapet gebetan (eh maaf) nggak apa-apa sih. Nggak ada ruginya kok kerja di bidang yang bukan passion-nya, (Faldy, pegawai perusahaan startup).

4. Passion nggak lagi jadi masalah, ketika kamu udah merasa nyaman dengan lingkungan pekerjaan

Asal udah nyaman~ via www.unsplash.com

Aku dulu nggak mikirin passion hehehe. Kerja ya kerja aja. Asal kerjaannya bisa dipelajarin, bisa menghasilkan dan aku nyaman sama lingkungannya, kenapa nggak? Beneran deh kalau udah nyaman dan enak sama lingkungan kerjanya, passion atau nggak, nggak akan jadi masalah, (Diy, pegawai e-commerce).

5. Kerja di bidang yang nggak sesuai passion itu mendobrak zona nyaman. Ketangguhan dan pengalaman baru adalah dua hal yang pasti didapatkan

Keluar dari zona nyaman via www.unsplash.com

Iya aku kerjanya belum sesuai passion. Tapi sejauh ini nggak masalah tuh. Menurutku kalau kerja nggak sesuai passion justru bisa mendobrak zona nyaman. Bisa sekalian nguji ketangguhan, bonusnya ya pengalaman baru, (Burhan, pegawai swasta).

6. Selagi masih muda, coba-coba kerja di dunia yang nggak sesuai passion itu nggak ada salahnya. Siapa tahu passion-mu bisa melebur dengan pekerjaanmu saat ini?

Passion itu dinamis kok via www.unsplash.com

Awalnya pekerjaan ini bukan passion-ku sih. Tapi lama-kelamaan, jadi nyaman aja. Menurutku selagi masih muda, ya dicoba aja semua kesempatan yang ada. Soalnya passion itu dinamis kok, bisa berubah-ubah dan menyesuaikan, (Nn, editor media online).

7. Meski nggak sepenuhnya kerja di bidang yang sesuai passion, asal bisa terus berkarya sih nggak masalah

Asal bisa terus berkarya, nggak masalah! via www.unsplash.com

Passion ya? Hahaha. Sebenernya apapun pekerjaannya nggak terlalu penting sih. Asal bisa terus berkarya dan kerjaannya masih aku suka, hayuk aja dikerjain, (Gals, penulis).

 8. Kerja nggak sesuai passion itu justru menarik. Ada hal baru yang selalu kamu pelajari terlebih dahulu

Kerja nggak sesuai passion? Menarik jawabanya! via www.unsplash.com

Kerja bukan di passion-nya itu menarik. Bayangin deh dari yang nggak ngerti soal digital marketing sama sekali, sekarang jadi tahu sampai ke dalem-dalemnya. Rasanya kayak belajar hal baru tapi digaji. Eh sama dikasih deadline dan target juga sih 🙁 (Sekar, staf agency).

9. Kadang passion perlu dikesampingkan demi bisa menegakkan tiang-tiang perekonomian. Apalagi buat kamu yang lagi belajar mandiri

Kemandirian itu butuh modal, Sob! via www.unsplash.com

Dikuat-kuatin kerja di bidang yang nggak sesuai passion. Soalnya emang udah saatnya kerja dan kebetulan kesempatan yang dateng duluan itu. Hidup mandiri juga butuh modal, Sob! (Pamungkas, pegawai di pemerintahan).

Tulisan ini merupakan hasil kepo Hipwee dengan teman-teman yang bekerja nggak sesuai  passion mereka. Beberapa di antaranya menganggap kerja nggak sesuai passion itu ada untungnya juga, beberapa lagi ada yang dinikmati aja alias mikir realistis dan dikuat-kuatin. Dari sekian banyak pelajaran hidup tentang bekerja nggak sesuai passion tersebut, semoga salah satunya bisa memecahkan kegalauanmu. Atau kamu punya pandangan sendiri nih soal kerja yang nggak sesuai passion? Yuk bagi dengan Hipwee di sini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Not that millennial in digital era.

27 Comments

  1. Okki Ari Astina berkata:

    Kayak gue lulusan Sarjana Teknik yg terjun keenakan ke Dunia Hospitality. Hahaha ga sesuai passion dan background pendidikan gapapa tp salary nya gede. eh :p

  2. Minamoto Shizuka berkata:

    tapi bikin capek semua ya hati ya pikiran

  3. Ini qt Desminta Rosianna Sihaloho ???
    S.Pd tp kerja ny d RS ma Dealer ???

  4. Heru Sanjaya berkata:

    Kandidat S.Hut, kuliah sambil kerja, kerja bagian Civil Enginering?

  5. Lisa Elisabeth berkata:

    Bosen main game online yang gitu-gitu aja sist or gan , tapi kalau hadiahnya uang jutan rupiah kenapa tidak ??
    kunjungi www(dot)dewa168(dot)com

  6. Axella Tjandra berkata:

    SAGAPOKER TURNOVER BULANAN :

    LINK DAFTAR : https://goo.gl/SPTDD1

    Syarat Dan ketentuan :
    – Tabel Di Bawah Berlaku Untuk Game Texaspoker,Live Poker & Domino

    – Khusus Game Ceme Keliling,Bandar Ceme & Bandar Capsa Turnover Akan di Bagi 2 Untuk Mencapai TO Target TO Diatas
    (Contoh : Bermain Game Ceme TO Bulanan 50.000.000,Maka TO kami Bagi 2 = 25.000.000,Kemudian Di cocokan Di tabel Bawah)

    – Turnover Di hitung Di awal Bulan – Akhir Bulan,dan di bagikan Awal Bulan Berikut nya.Paling Lambat di bagikan Pukul 15:00 WIB

    – Berlaku Untuk Seluruh Player Sagapoker menang / Kalah tetap dapat BONUS
    – Minimal Deposit Sagapoker Rp 10.000
    – Member Juga bisa mendapatkan Bonus TO harian Juga
    – Untuk Info Lengkap anda bisa menghubungi Customer Service di LiveChat Kami.

    LINK DAFTAR : https://goo.gl/SPTDD1

    Daftar Hadiah Turnover Bulanan Sagapoker :

    Total Turnover Bonus Bulanan

    25 Juta Rp 125.000
    50 Juta Rp 250.000
    100 Juta Rp 500.000
    250 Juta Rp 1.250.000
    500 Juta Rp 2.500.000
    750 Juta Rp 3.750.000
    1 Milyar Rp 5.000.000
    1,5 Milyar Rp 7.500.000
    2 Milyar Rp 10.000.000
    4 Milyar Rp 20.000.000
    6 Milyar Rp 30.000.000
    8 Milyar Rp 40.000.000
    9 Milyar Rp 45.000.000
    10 Milyar Rp 50.000.000
    12,5 Milyar Rp 62.500.000
    15 Milyar Rp 75.000.000
    50 Milyar Honda Mobilio Facelift RS 2017

    Tingkatkan Terus Turnover Anda ,Dapatkan Hadiah Utama Mobilio Facelift RS 2017, Yuk Segera Bergabung Bersama Kami Di : https://goo.gl/SPTDD1

CLOSE