Momen itu datang kembali. Setelah sepekan beraktivitas, muncul hasrat di kepalamu untuk berdiam diri sendirian, bebas dari gangguan orang lain. Laptop udah kamu lipat, dan ponsel kamu matikan. Namun apa daya, selalu ada pengalih perhatian kamu: keluarga yang ngajak makan bareng, teman yang tiba-tiba berkunjung, atau pacar yang minta dijemput.

Kamu menghela napas: kalau gini, kapan kamu bisa dapat waktu sendiri?

Advertisement

Tapi apa pentingnya sih waktu buat sendiri alias “me time” ini? Bukannya ini hanya alasan untuk bermalas-malasan? Tidak sama sekali! Ini kenapa kamu harus punya waktu untuk diri sendiri, dan bagaimana kamu bisa mendapatkannya, di tengah-tengah kesibukan yang seolah tanpa henti ini:

1. Dengan memberikan dirimu sendiri waktu, otakmu akan jadi lebih fresh

Demi kesegaran pikiran

Demi kesegaran pikiran via eleonoraemme.blogspot.com

Terus-terusan bekerja bikin otak kamu gak punya kesempatan untuk beristirahat dan kembali segar. Agar pikiranmu kembali fokus, kamu butuh “me time” tanpa gangguan sedikit pun. Kesendirian mampu merevitalisasi tubuh dan pikiran kamu.

2. “Me Time” Akan Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitasmu

Lebih produktif

Lebih produktif via freerangeliving.blogspot.com

Jika kamu mampu menyingkirkan gangguan dan gak terdistraksi lagi oleh banyak hal, konsentrasi kamu akan meningkat tajam. Dengan begitu kinerjamu juga meningkat. Kamu pun bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat saat sendirian.

3. Dengan Berbicara Pada Dirimu, Kamu Bisa Menemukan Kembali Apa Yang Kamu Mau

Bernapas untuk membuang penumpukan karbon dioksida

Renungkan kembali apa yang kamu mau via www.theooda.com

Advertisement

Ketika kamu berada dalam kelompok, selalu ada kemungkinan buatmu untuk ngikut aja dengan suara mayoritas. Apa yang dikerjakan dan dikatakan banyak orang akan rela kamu ikutin. Lain halnya jika kamu sedang sendirian, Dalam kasus ini, cuma kamu yang berkepentingan. Kamu bisa berkomunikasi dengan dirimu sendiri, dan menemukan kembali apa yang kamu mau. Kamu bisa kembali mengeluarkan pendapat tanpa khawatir ada tekanan dari pihak lain.

4. Kamu Punya Kesempatan Untuk Berpikir Matang-Matang Tentang Suatu Keputusan

Dipikir-pikir lagi

Dipikir-pikir lagi via aeonmagazine.tumblr.com

Kesibukan sehari-hari bikin jadwal kamu seakan gak pernah kosong. Luangkan waktu untuk berdiam dalam kesendirian, berpikir secara mendalam tentang apa yang telah kamu capai dan apa yang masih ingin kamu raih.

5. Kamu Jadi Bisa Memecahkan Masalah Dengan Efektif

v

Problem solving via storylineblog.com

Sulit rasanya untuk membereskan masalah jika kita terus-menerus diganggu oleh terpaan arus informasi, baik dari media maupun dari manusia. Tanpa sadar, keputusan yang kamu ambil akan dipengaruhi oleh apa yang terjadi di luar sana. Namun jika kamu mau meluangkan waktu sendirian dan melihat masalah dari sudut pandangmu sendiri, kamu bisa menemukan cara yang menurutmu paling efektif dalam meredakan dan menghilangkan masalah.

6. Meningkatkan Kualitas Hubungan Kamu Dengan Orang Lain

Jomblo? Aku rapopo

Jomblo? Aku rapopo via duniahujanima.blogspot.com

Dengan menghabiskan waktu sendirian kamu akan memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang hidup. Kamu akan bisa membuat keputusan yang bijak: dengan siapa kamu memang ingin menghabiskan waktu? Jika dipikir-pikir sendirian, kamu akan lebih menghargai hubungan yang sedang kamu saat ini.

7. Mengurangi Stres

Bisa sambil senam

Bisa sambil senam via www.alixrose.com

Semua orang bisa jadi stres. Kerjaan, sekolah, keuangan, dan jadwal yang super padat bisa jadi penyebabnya. Stres yang berlebihan bisa bikin kamu capek dengan kerjaan dan akhirnya kamu mentok dan burn out. Akibatnya, kamu gak bakal bisa ngelanjutin kerjaan. Makanya, luangkan sedikit waktu untuk tenang sendirian.

8. Kamu Pun Akan Jadi Lebih Kreatif

Kan bermanfaat

Kan bermanfaat via bondahariz.blogspot.com

Kita jadi lebih kreatif saat sendirian. Tanpa sadar inspirasi dan ide datang saat kamu benar-benar merenung tanpa distraksi dari luar. Penulis pemenang penghargaan Pulitzer, John Updike (yang menulis sekitar 51 buku), mengatakan bahwa berdiam sendirian adalah waktu yang ideal untuk dia menulis.

Lalu, Gimana Caranya Biar Kamu Bisa Menikmati “Me Time”?

Masing-masing dari kita punya cara sendiri dalam menikmati “me time”. Ada yang pergi ke ke spa tiap akhir pekan, ada yang ke salon, dan ada juga yang cukup mengurung diri di kamar. Namun bagi beberapa orang menyendiri itu susahnya minta ampun — kayaknya gak ada waktu yang bisa diluangkan untuk memanjakan diri.

Hipwee udah siapin cara-cara mudah agar kamu bisa menikmati kesendirianmu:

1. Disconnect

Untuk permulaan, kamu mesti memutuskan hubungan dengan dunia luar. Matikan TV, ponsel, dan radio. Jika kamu lagi bekerja dengan komputer, matikan koneksi internetnya agar kamu gak mendengar suara notifikasi, buzz, atau semacamnya.

2. Bangun Lebih Awal

Bangun satu jam lebih awal dibanding orang-orang lain di rumahmu. Manfaatkan waktu sepi ini untuk membuat sesuatu, menulis, meditasi, membaca, atau apapun yang bisa bikin kamu senang.

3. Tutup Pintu Kamar

Cukup simpel tapi efektif: pintu yang tertutup udah bikin isyarat bahwa kamu lagi gak mau diganggu sehingga keluarga kamu bisa memahami itu. Namun kalau mereka gak juga paham, sertakan tulisan di pintu “Jangan Diganggu. Lagi Belajar.” Kamu gak harus benar-benar belajar kok di dalam kamar.

4. Manfaatkan Waktu Makan Siang

Sesekali cari tempat makan siang yang jauh dari rekan sekantor. Atau cari warung yang bukan dalam area kampus/sekolah. Lakukan sendirian: beli makan siang yang bisa kamu santap sambil berjalan dan bersantai di taman.

5. Jadwalkan “Me Time”

Iya, jadwalkan slot untuk kamu menikmati waktu sendirian. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali. Kalau kamu bisa menjadwalkan waktu untuk nongkrong bareng teman-teman di kafe, pasti kamu bisa menemukan waktu yang pas untuk sendirian.

Nah, bagaimana dengan kamu sendiri saat ini? Apakah kamu udah bisa menikmati waktu untuk sendirian?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya