Kebahagiaan adalah hal yang didambakan oleh hampir setiap orang dalam kehidupan mereka. Menjadi orang yang bahagia dipercaya bisa jadi jalan untuk menciptakan kehidupan yang lebih bermakna .

Jalan mencapai kebahagiaan bisa amat beragam. Mulai dari cara sederhana yang dilakukan sehari-hari, pun lewat pencapaian-pencapaian besar yang perlu dijangkau dengan kerja keras. Kali ini Hipwee akan memberi kamu 8 cara sederhana yang bisa kamu lakukan jika ingin jadi orang yang lebih bahagia. Penasaran apa saja caranya?

1. Jadilah Pribadi yang Baik Dan Ringan Membantu Orang Lain

Kebaikan tidak akan pernah pudar termakan waktu

Kebaikan tidak akan pernah pudar termakan waktu via taolifestudio.com

Advertisement

“Kindness will bring you no harm”

Kebaikan tidak akan pernah menyakitimu, ia jutru bisa jadi jalan untuk melipat gandakan keberkahan yang kamu terima. Salah satu jalan untuk jadi orang yang lebih bahagia adalah dengan memberi perhatian pada kebutuhan orang lain. Belajarlah untuk jadi pribadi yang tidak egois dan tidak terus mementingkan diri sendiri.

Lakukan yang kamu mampu demi meringankan beban orang lain, tanpa harus memikirkan balasan dari mereka. Cara ini bisa membuatmu melihat pencapaian dan permasalahan dalam hidup dari sudut pandang lain. Kamu akan tahu bahwa saat kamu mengeluh dan berharap dapat menjalani kehidupan lain, ada orang yang akan menggadaikan apapun demi bisa mendapatkan kehidupan yang kamu miliki.

Advertisement

Fokus berbuat baik dan ringan membantu orang lain juga bisa menciptakan tujuan yang lebih positif dalam hidupmu. Inilah cara terbaik untuk jadi orang yang benar-benar bahagia dalam hidup.

2. Ciptakan Impian-Impian yang Bisa Terjangkau Tangan

Ciptakan impian yang mungkin terjangkau

Ciptakan impian yang mungkin terjangkau via emptylighthouse.com

Punya mimpi yang ingin dicapai bisa membangkitkan semangat dan motivasi hidupmu. Sedari kecil pun kita sudah diajari untuk terus bermimpi setinggi mungkin.

Tapi, ada yang terlupakan dari ajaran untuk jangan takut bermimpi : kita kerap lupa menambahkan kata rasional di dalamnya.

Bermimpi dan berharap adalah hal yang amat sehat dan bisa membuatmu jadi orang yang tahu benar kemana hidup harus dibawa. Namun, menetapkan impian yang tidak rasional justru bisa membuatmu jadi orang yang tidak bahagia. Saat impian besar yang tidak masuk akal tersebut tidak tercapai, kamu akan kecewa dan enggan kembali berusaha.

Dalam sebuah survey, peneliti menemukan bahwa wanita yang menetapkan impian mereka berdasar logika dan rasionalitas dan mencapainya dengan usaha keras dan dedikasi jauh lebih bahagia dibandingkan mereka yang mencanangkan pencapaian-pencapaian besar yang mustahil tercapai.

3. Bawa Dirimu Menjelajahi Alam

Injakkan kakimu ke rumput hijau

Injakkan kakimu ke rumput hijau via rusticmeetsvintage.tumblr.com

Alam adalah bagian penting yang seharusnya tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sayangnya, kesibukan sebagai manusia urban kerap membuat kita terkurung dalam kubikel kantor dan bangunan beton. Bahkan kini kita makin jarang melihat matahari pagi dan matahari senja, hampir seluruh waktu kita habiskan untuk bekerja.

Bersinggungan dengan alam bebas dipercaya bisa meredakan stres dan memicu tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang membuat seseorang lebih bahagia. Jadi, tunggu apalagi? Tidakkah kamu rindu pada dinginnya rumput pagi saat ia terinjak kaki? Tidakkah kamu ingin mencium bau asin dari pantai dan mendengar debur ombak?

Kemasi barang-barangmu, lupakan sejenak gadget dan tumpukan pekerjaan sementara waktu. Pacu kendaraanmu ke pantai atau gunung terdekat dan rayakanlah kehidupan.

4. Bernafaslah Secara Sadar

Bernafaslah dengan sadar

Bernafaslah dengan sadar via sonalarorra.wordpress.com

Bernafas adalah hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia. Proses memasukkan udara dan mengeluarkan karbon dioksida ini juga yang membedakan kita dari makhluk mati lainnya. Tapi apakah kamu tahu bahwa mengatur nafas bisa jadi cara untuk membuatmu jadi orang yang lebih bahagia?

Saat dalam situasi stres dan penuh tekanan, nafas kita akan berubah menjadi lebih cepat dan tidak beraturan. Hal ini terjadi karena ada peningkatan oksigen dalam tubuh. Sementara, bernafas dengan sadar dan dalam ritme yang lebih lambat dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh — hormon serotonin adalah hormon yang membawa pengaruh pada penurunan tingkat stres.

Saat kamu sedang sedih atau dilanda masalah, cobalah teknik nafas sederhana ini:

  • Ambil nafas panjang dalam 6 hitungan
  • Tahan tiap tarikan nafas selama 6 detik
  • Kembali keluarkan nafas selama 6 hitungan
  • Ulangi cara ini sebanyak 10-20 kali, hingga perasaanmu kembali tenang

Gak susah ‘kan untuk jadi bahagia?

5. Kelilingi Dirimu Dengan Orang-Orang yang Positif

Kelilingi dirimu dengan mereka yang positif

Kelilingi dirimu dengan mereka yang positif via istillshootfilm.org

Contohnya, ibu hamil

Memilih orang yang tepat untuk mengelilingi dalam kehidupan sehari-hari juga bisa jadi penentu bagi usahamu untuk mencapai kebahagiaan. Orang-orang negatif yang terus mengeluh akan membuatmu jadi orang yang terus merasa tidak bersyukur dalam hidup. Secara tidak sadar, kamu akan mulai memandang dunia dari kaca mata mereka.

Sementara, memilih untuk dikelilingi oleh orang-orang positif yang memandang hidup dengan optimis akan membawa pengaruh berbeda. Pendampingan mereka akan memberikan perspektif bahwa selalu ada jalan untuk mencapai hal yang diinginkan dalam hidup. Keyakinan dan kepercayaan diri yang mereka miliki akan tertular pula padamu.

6. Stop Menghubungkan Semua Pencapaian Dengan Uang

Bob Dylan soal uang

Bob Dylan soal uang via quotesberry.com

Jika kamu benar-benar ingin bahagia, berhentilah memandang seluruh pencapaian yang kamu dapatkan dengan pemenuhan kebutuhan materi. Uang memang bisa memenuhi kebutuhanmu, namun tidak semua kebahagiaan bisa dibeli dengan alat tukar tersebut.

Contohnya saja ketika kamu harus bekerja jadi penulis lepas untuk surat kabar lokal dengan gaji tak seberapa. Kamu memang tak bisa beli pakaian atau kendaraan mahal, tapi pekerjaan itu membuatmu merasa hidup. Kamu bangun dan menjalani hari dengan penih semangat karena pekerjaan yang kamu geluti.

Pencapaian dan rejeki tak harus melulu soal uang. Ada hal-hal lain yang juga patut membuatmu bersyukur.

7. Ampuni Diri Atas Kesalahan yang Kamu Lakukan

Satu-satunya jalan untuk maju adalah dengan memaafkan dirimu

Satu-satunya jalan untuk maju adalah dengan memaafkan dirimu via simplereminders.com

Ada masanya kamu jadi orang yang paling keras pada dirimu sendiri. Secara sadar atau tidak kamu menghukum diri karena kesalahan yang telah kamu lakukan selama ini, mengutuk diri bodoh dan menyesali keputusan yang telah kamu ambil. Cara macam ini tidak akan pernah membuatmu jadi orang yang sepenuhnya bahagia.

Ampuni dirimu sendiri, maafkan kesalahan yang pernah kamu lakukan selama ini. Sadarilah bahwa dirimu hanya manusia biasa yang rentan terjatuh pada lubang bernama gagal dan dosa. Manfaatkan perasaan bersalah yang kamu miliki untuk bekal menjadi pribadi yang lebih baik lagi, bukan untuk dirutuki sepanjang hari.

8. Selalu Bersyukurlah Atas Apa yang Kamu Miliki

Cobalah untuk selalu bersyukur

Cobalah untuk selalu bersyukur via galleryhip.com

Mesyukuri apa yang dimiliki bisa jadi cara paling ampuh untuk jadi orang yang bahagia dalam hidup. Terlepas dari pencapaian yang belum tergenggam tangan pun kesulitan yang mesti dihadapi saban hari, selalu ada hal yang layak disyukuri.

Bukankah kesempatan membuka mata dan nafasmu hari ini juga berkah tiada tara yang diberikan Tuhan?

Selamat melanjutkan harimu! Semoga seluruh makhluk berbahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya