Dalam kehidupan sehari-hari kamu tentu pernah bertemu atau mungkin bekerja sama dengan mereka yang tidak pernah absen membanggakan dirinya sendiri. Baginya semua keberhasilan yang ia raih adalah karena andil dirinya. Orang macam ini pun cenderung selalu bersikap jumawa pada setiap pencapaian yang ia lakukan.

Padahal nih kalau dilihat dan dibandingkan dengan orang lain, bisa dibilang prestasinya masih jauh di belakang. Kata-kata yang keluar dari mulutnya selalu tentang kehebatan-kehebatan yang sudah ia tuntaskan. Di lain sisi orang hebat justru akan bersikap sebaliknya. Nah kalau kamu masih penasaran dengan perbedaan dari manusia hebat dan yang (hanya) merasa saja, berikut ini Hipwee sudah bikin artikel yang mengulas perbedaan keduanya:

1. Orang hebat akan berusaha mengerjakan sebuah tugas dengan baik secara keseluruhan. Sementara mereka yang ingin terlihat hebat hanya bagus di kemasan

memerhatikan hingga detail

memerhatikan hingga detail via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Untuk urusan menyelesaikan tugas ada perbedaan mencolok yang membedakan golongan orang hebat dan mereka yang hanya merasa hebat. Perbedaan tersebut terletak pada cara kerjanya. Orang-orang hebat pada umumnya akan bekerja sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil sempurna. Memerhatikan detail dan memastikan bahwa semua proses pengerjaan tugas sudah sesuai dengan standar adalah cara orang golongan ini bekerja.

Sementara itu di sisi lain, orang yang merasa hebat tidak akan berusaha mengerjakan sebuah tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia justru akan mengerjakan sebuah tugas dengan asal lalu sibuk mencari cara untuk menutupi kekurangannya tersebut. Baginya kemasan luar adalah sesuatu yang lebih penting dari inti di dalamnya. Meskipun secara substansi hasil pekerjaannya tidaklah bagus yang penting asal dari luar kelihatan baik maka baginya itu semua sudah cukup.

2. Berbicara sesuai dengan fakta adalah ciri khas dari orang hebat. Sementara mereka yang hanya merasa hebat akan bicara untuk membuat orang lain terpikat

bicara sesuai fakta

bicara sesuai fakta via women2.com

Mungkin kamu pernah berjumpa dengan orang yang kalau bicara sangat terasa sisi berlebihannya. Dengan sangat percaya diri, ia akan bicara tentang prestasi-prestasi yang sudah dicapai. Tujuannya adalah untuk membuat orang lain merasa kagum dengan apa yang ia punya. Pengakuan dari orang di sekitarnya menjadi hal yang begitu penting untuk dia punya. Bahkan untuk membuat dirinya terlihat hebat tak jarang ia juga akan mengada-ada fakta

Advertisement

Orang hebat justru akan memiliki sikap yang berseberangan. Dia hanya akan membicarakan prestasi jika ditanya. Selebihnya orang jenis akan membiarkan bukti yang ‘berbicara’ tentang kualitas yang dipunya. Orang hebat sangat bisa mengerem mulutnya untuk tidak mempromosikan diri melalui mulutnya. Dengan kemampuan yang dimiliki ia akan membiarkan bukti yang berbicara mengenai kehebatannya.

3. Menghargai sesama adalah karakter dari mereka yang memiliki kemampuan: Baginya merendahkan orang lain adalah yang haram dilakukan

menghargai orang lain

menghargai orang lain via www.wisegeek.com

Ciri lain yang dimiliki oleh orang yang betulan hebat adalah cara ia menghargai orang lain. Semakin hebat orang tersebut maka akan semakin baik pula cara ia memperlakukan orang di sekitarnya. Ia bangga dengan semua kemampuan yang dimiliki. Tapi rasa bangga tersebut tidak membuatnya melihat orang lain lebih rendah. Karena baginya kehebatan yang ia punya bukanlah satu-satunya yang ada di dunia.

Hal berbeda justru akan terlihat pada mereka yang sebetulnya hanya merasa hebat. Dia akan cenderung selalu merasa dirinya jauh lebih baik dari orang lain. Kelebihan yang dipunya orang di luar dirinya hanya dipandang sebelah mata saja. Sulit sekali bagi orang seperti ini untuk mengakui bahwa ada banyak orang lain yang punya kelebihan di atas dirinya.

4. Menyalahkan orang lain atas kegagalan yang ia lakukan adalah kebiasaan orang yang miskin kelebihan

tidak menyalahkan org lain

tidak menyalahkan org lain via www.amywinehousefoundation.org

Keunggulan orang hebat juga akan mudah terlihat saat ia mengalami kegagalan. Ketika mengalami kegagalan orang hebat akan langsung bertanya pada diri sendiri:

“Kesalahan apa yang sudah saya lakukan?”

Selanjutnya dengan hati yang lapang ia akan mengevaluasi dirinya agar bisa menemukan hal yang membuatnya menemui kegagalan. Belajar dan terus belajar adalah spirit yang lekat pada jiwa orang hebat.

Sementara itu orang yang memiliki mental pecundang justru sibuk mencari kambing hitam saat kegagalan menghampiri dirinya. Dia tidak pernah mau bertanya pada diri sendiri mengapa ia bisa sampai gagal. Terus menyalahkan orang lain adalah karakter kuat dari orang yang mengira dirinya hebat.

5. Bekerja keras adalah moto hidup orang hebat. Mereka sangat tahu bahwa keberhasilan tidak didapat dalam waktu yang singkat

Menghargai proses juga menjadi sifat kental dari orang hebat. Mereka tidak enggan untuk menjalani setiap tahap menuju keberhasilan. Bekerja keras sambil berusaha menyempurnakan hasil kerjanya adalah cara mereka menyelesaikan tugas. Orang hebat sangat mengerti bahwa tidak ada keberhasilan yang bisa dicapai dengan cara yang instan.

Sebaliknya orang yang tidak hebat akan lebih suka mencari cara yang instan untuk mencapai keberhasilan. Proses yang lama dan berliku menjadi hal yang paling dihindari oleh manusia dari golongan ini. Dia akan lebih suka mencari cara yang gampang untuk melakukan suatu pekerjaan.

6. Dalam pola kerja tim orang hebat melihat keberhasilan sebagai hasil dari kontribusi semua orang dan bukan hanya sumbangsih dirinya saja

mampu bekerja dalam tim

mampu bekerja dalam tim via www.cisi.org

Ketika dilibatkan dalam kerja tim orang yang betul-betul hebat memiliki kemampuan untuk bisa bekerja di dalamnya. Dia tidak akan kesulitan jika diharuskan menyelesaikan tugas secara berkelompok. Saat tim tersebut mencapai kesuksesan pun orang hebat akan berpikir bahwa hal tersebut disebabkan karena hasil kerja semuanya dan bukan hanya dari hasil kerjanya saja.

Orang hebat adalah tipe orang yang sangat menghargai kontribusi pihak lainnya. Seperti tadi Hipwee bilang, orang hebat tidak akan merendahkan keberadaan orang lain sekecil apapun sumbangsih yang dimiliki. Sikap menghargai inilah yang membedakan dirinya dari orang yang tidak hebat.

7. Mengenali kemampuan dan kekurangan yang dimiliki adalah ciri dari manusia dengan kemampuan mumpuni

tahu kekurangan dan kelebihan dirinya sendiri

tahu kekurangan dan kelebihan dirinya sendiri via 21cls.com

Kelebihan dari orang hebat pun terletak pada kemampuannya untuk mengenali dirinya sendiri. Semua kemampuan dan kekurangan yang ia punya terdeteksi dengan baik oleh dirinya. Maka dari itu  ia tahu betul apa saja hal bisa ia lakukan dan apa yang belum bisa dilakukan. Karena mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dipunya hal tersebut pula yang menjadikannya mampu mengambil keputusan dengan baik.

Seni mengenali diri sendiri inilah yang belum dimiliki oleh orang yang tidak hebat. Mereka seringkali merasa bahwa ia mampu melakukan semua hal, padahal sebetulnya kemampuan tersebut belum tentu dimiliki. Kecerdasan mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah modal yang dimiliki banyak orang hebat di luar sana.

8. Orang hebat akan terbuka terhadap kritikan. Baginya masukan dari orang sekitar adalah bentuk kepedulian dan bukan cara merendahkan

tidak anti kritik

tidak anti kritik via ptegblog.wordpress.com

Dikritik dan memberi kritik adalah hal wajar yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa bersikap terbuka terhadap krtitik yang mampir di telinga. Tidak sedikit manusia yang sampai saat ini selalu merasa bahwa jika ada kritik itu berarti sama dengan sikap merendahkan.

Situasi anti kritik adalah hal yang tidak akan kamu temukan pada mereka yang berjiwa hebat. Kritik mereka lihat sebagai cambukan untuk bisa bersikap lebih baik lagi di hari ke depannya. Membuka telinga dan pikiran pada setiap masukan yang adalah menjadi sikap yang membuatnya selalu bisa berkembang dari hari ke hari.

Sekarang sudah kamu sudah tahu kan bagaimana ciri-ciri orang yang benar-benar hebat dan cuma yang merasa saja. Tentunya kalau memang saat ini kamu adalah golongan orang betul-betul hebat, kamu jelas boleh bangga. Sementara kalau selama ini kamu hanya merasa saja inilah saat yang telat untuk merubah diri dan menjadi memperbaiki diri supaya lebih baik lagi. Tetap semangat ya!

Artikel ini terinspirasi dari laman Life Hack. Artikel asilinya dapat kamu lihat di sini.

Featured Image by: www.wsj.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya