Efek samping putus dari mantan memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan beberapa waktu untuk benar-benar move on dari dia. Satu atau dua bulan, masih wajar kalau kamu masih galau. Transisi dari status berpacaran menjadi jomblo lagi butuh proses yang cukup panjang.

Tapi, udah berbulan-bulan masih galau mantan? Hujan, ingat mantan. Ke tempat makan favorit, inget mantan. Liat socmed, inget mantan, galau setahun. Hello! Sudah waktunya kamu untuk bangun dan semangat buat menyongsong hari-hari baru. Di artikel kali ini, Hipwee sudah merangkum 9 hal yang lebih penting kamu pikirin buat masa depanmu yang lebih cerah dan nggak galau lagi.

1. Buang sedih dan galaumu. Segera bangkit dan buat tubuhmu tetap sehat dan fresh dengan olahraga.

Jangan galau berkepanjangan via malefitnessmodelshotphotos.blogspot.co.id

Galau berkepanjangan memberi efek yang kurang baik buat kamu. Jangan pingit dirimu sendiri buat murung di kamar. Berhenti untuk membuang waktu, saatnya bangkit dan sehatkan kembali fisik dan psikismu. Gerakkan tubuhmu, lakukan pemanasan, dan berolahragalah. Ingat pepatah yang mengatakan…

Mensana in corpore sano.

Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat.

Advertisement

Tubuhmu jadi sehat dan segar, pikiranmu secara otomatis akan dibuat fresh juga. Kesehatanmu lebih penting daripada sekedar mikirin mantan. Siapa tau dengan olahraga, kenangan manismu bersamanya akan hilang dari ingatan. Hehehehe.

2. Pikirkan pendidikan dan skripsimu yang sempat terbengkalai. Mau ditunda berapa semester lagi?

Kuliahmu… via www.instylebuzz.com

Saat kamu bersikeras buat terhanyut dalam kenangan mantan, sudah berapa banyak waktu yang sudah kamu sia-siakan. Kuliahmu yang sempat kami nomorduakan, bagaimana nasibnya? Bangun! Kamu harus selesaikan kewajiban yang sudah diamanatkan oleh orangtuamu. Dari awal, memang pendidikan yang menjadi tujuan utamamu, kan? Jangan buang waktumu, guys.

3. Buat orangtuamu tersenyum bangga. Berhenti galau-galauan, kamu harus segera menyandang gelar sarjana!

Akhirnya, Nak via madahbahana.org

Tujuan utama orangtuamu adalah supaya bisa menjadikan anaknya sosok yang berguna bagi dirinya sendiri, orang lain, dan lingkungannya. Supaya kamu bisa menjadi orang yang sukses nantinya, itu adalah harapan mereka. Buat mereka bangga melihatmu berdiri di podium mengenakan toga. Salah satu kewajiban orangtuamu sudah terpenuhi.

Akhirnya, kuliahmu ya selesai, Nak. Bapak dan Ibu bangga padamu.

Mana yang kamu pilih, membuat orangtua bangga atau masih saja berkutat dengan kegalauan pada mantanmu?

4. Pikirkan karier apa yang ingin kamu dapatkan. Belum terlambat untuk menyiapkannya mulai dari sekarang.

Your dream job via upptalk.tumblr.com

Sudah waktunya kamu memikirkan tentang masa depanmu. Angan-angan dan rencana yang telah kamu buat, inilah saatnya mewujudkan. Atau kamu masih belum punya bayangan untuk masa depanmu? Belum terlambat, guys. Kamu masih bisa siapkan secara perlahan mulai dari sekarang. Jika sampai saat ini kamu masih teringat mantan, kapan kamu bisa jadi lebih baik untuk dirimu sendiri?

5. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan, demi mengembangkan senyum di wajah orangtuamu nantinya?

Bahagiakan mereka via brighterlife.co.id

Membahagiakan orangtua adalah mulia. Itu adalah salah satu caramu untuk bersyukur dan berterimakasih pada mereka yang telah mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk memenuhi kebutuhanmu. Mungkin sebenarnya, orangtuamu tidak ingin meminta apa-apa. Apa salahnya untuk selalu membuat hati mereka senang dan bahagia dengan kejutan-kejutan kecil darimu?

6. Jangan lupakan sahabat-sahabat tercinta. Sempatkan untuk selalu kumpul dan selalu berbagi cerita dengan mereka.

Sahabat yang selalu ada dalam suka dan duka via www.bodyrock.tv

Sosok penting yang tidak boleh kamu lupakan adalah sahabatmu. Merekalah orang-orang terdekat yang sudah kamu anggap layaknya bagian dari keluargamu sendiri, yang akan selalu siaga untuk mendengar curhatanmu. Mereka nggak pernah bosan untuk menjadi pendengar dan pemberi opini terbaikmu. Sempatkanlah untuk selalu ada untuk mereka, untuk sekedar cerita atau berkumbul bersama.

7. Pergilah liburan, sebagai penghargaan buat dirimu yang sudah bekerja keras selama ini.

Menyayangi diri sendiri banyak caranya. Buat dirimu tetap bahagia walau sudah tidak dihantui oleh bayang-bayang sang mantan. Berikan pernghargaan buat dirimu sendiri yang sudah bekerja keras untuk mendapatkan karier cemerlang, waktumu yang berlalu dan dipenuhi oleh pekerjaan, buang penatmu. Pergilah untuk sekedar liburan untuk menghilangkan penat dan sressmu. Bahagia itu kadang memang sederhana, kan.

8. Segerakan menabung untuk menyongsong masa depan. Kelak hidupmu harus lebih mapan, pantang  galau-galauan.

Menabung sejak dini via zgallerie.tumblr.com

Menghamburkan uang untuk membeli barang-barang yang hanya memberi kesenangan sesaat olehmu sudah harus kamu stop. Udah bukan waktunya kamu foya-foya, lebih baik simpan untuk tabungan masa depanmu. Untuk biaya
persiapan menikah nantinya, atau untuk cicilan lainnya. Lebih terarah dan terorganisir, guys.

9. Sudah waktunya kamu mencari sosok yang bisa diajak berbagai. Dalam susah maupun senang, dia selalu bersedia mendampingi.

Setelah beberapa fase untuk jadi lebih dewasa sudah kamu lewati, mungkin sudah saatnya buat kamu untuk menjalin sebuah hubungan baru yang lebih serius dan tertata. Kamu akan menemukan sosok yang lebih baik dari
mantanmu yang buat kamu galau berbulan-bulan itu. Menjalani hari-hari dengan orang yang senantiasa saling mendukung satu sama lain adalah sosok yang pantas kamu dapatkan.

Jadi, kalian masih mau dibuat galau sama kenangan mantan? Sudah berapa hal-hal baik yang akan kamu lewatkan dengan sia-sia? Bangun! Kita tidak boleh jalan di tempat oleh masa lalu ya, guys.

Yang masih galau mana suaranya? Curhatin aja di @migmegalau, hehe.