Entah karena padatnya kesibukan atau kamu yang nyaman dengan kesendirian. Mungkin juga luka lama yang masih membekas sampai kini, pun membuat kamu memilih sendiri. Saat status sendirimu sudah menahun, pasti rasanya tak mudah untuk mulai bergerak dan mencari calon kekasih. Awalnya kamu memang merasa tak masalah pada kesendirian. Tapi kemudian ada waktu di mana hatimu mulai merasa kosong, ingin mulai mengisi tapi bingung harus mulai dari mana.

Kamu yang terlalu nyaman dengan status sendiri sih boleh saja, tapi kamu tidak bisa hanya duduk diam tanpa melakukan usaha apapun untuk menemukan jodohmu. Bukalah hati dan pikiranmu bahwa jodoh tidak datang dengan tanpa upaya. Meski kamu sudah berusaha memperbaiki diri, bagaimana kamu akan menemukan kalau tidak dicari. 5 hal ini bisa bantu kamu atasi status sendiri yang menahun agar segera menemukan tambatan hati.

1. Sesibuk apapun kegiatanmu, kamu tetap harus memberi ruang untuk memperhatikan lingkungan sekelilingmu, biar jodohmu tak lewat begitu saja

agar jodoh tak lewat begitu saja via www.unsplash.com

Advertisement

Kamu mungkin boleh fokus pada kegiatanmu, tapi jangan sampai seiring waktu berjalan dan semakin bertambahnya usiamu membuatmu terbentuk menjadi orang yang kaku dan canggung saat harus berhadapan dengan lawan jenismu. Tingkatkan kembali kepercayadirianmu, percayalah bahwa kamu cukup menarik untuk menjadi seorang kekasih dan mulai pedulikan penampilanmu.

Perbanyaklah berteman dengan lawan jenis tanpa ada perasaan berlebihan, hal itu dapat menguji kemampuanmu dalam mengatasi keadaan di mana nanti saatnya kamu memulai sebuah aksi pendekatan.

2. Wajar kalau lupa cara melakukan pendekatan. Wajar saja, tapi mungkin kamu bisa mulai dari berteman dulu. Masalah cocok atau nggak, jadi urusan nanti

temenan aja dulu~ via www.unsplash.com

Mencoba online dating memang nggak ada salahnya, itu salah satu bentuk usahamu melepas status sendiri. Atau mungkin kamu bisa mengarahkan sasaran pada kawan lama yang juga sedang single, tapi setelah kamu menemukan orang yang menarik, hal yang kamu pikirkan pasti adalah bagaimana langkah selanjutnya? Gimana cara deketinnya ya?

Advertisement

Cara paling tepat mendekatkan diri pada lawan jenis ketika kamu sudah jomblo menahun dan seakan lupa bagaimana caranya pendekatan adalah dengan memperlakukan dia sebagai teman dekatmu terlebih dahulu. Kamu perlu adaptasi, jangan langsung menggencarkan banyak perhatian. Nggak enak dong nanti kalau misalnya memang belum cocok, kamu dicap sebagai pemberi harapan palsu.

3. Nggak perlu sungkan minta bantuan teman-temanmu untuk dikenalkan dengan teman mereka yang sekiranya cocok denganmu

boleh kok kenalan sama temennya temen via www.unsplash.com

Sekiranya kamu memang sudah siap berkomitmen tapi belum bertemu seseorang yang tepat untukmu, temanmu pasti siap jadi mak comblang. Teman-temanmu pasti juga akan memberikan pilihan terbaiknya mereka untukmu karena mereka juga sudah mengenalmu dengan baik.

Salah satu keuntungan mendekati temannya teman kamu adalah kamu jadi tahu seperti apa perilaku calon kekasihmu, atau seluk beluknya yang lain. Tanpa perlu repot-repot kamu cari tau sendiri.

4. Menentukan kriteria pasangan memang perlu, tapi kamu pun harus paham bahwa cinta bisa datang karena nyaman dan di luar kuasamu

cinta bisa hadir karena nyaman via www.unsplash.com

Kamu boleh muluk-muluk punya kriteria ideal sebagai kekasihmu. Tapi sebelum kamu menentukan kriteria pasanganmu, kamu juga harus menyesuaikan dengan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu mau kekasih tampan atau cantik, tapi kamu sendiri malas merawat diri. Wajar saja kalau status sendirimu masih juga melekat.

Menentukan kriteria boleh-boleh saja, tapi saat kamu sudah bertemu seseorang yang membuatmu nyaman. Pasti kamu akan sekejap melupakan rentetan kriteria pasanganmu, karena cinta bisa dengan mudah menjalar setelah rasa nyaman kamu dapati bersamanya.

5. Jangan terlalu terburu-buru menyatakan cinta hanya karena kamu sudah lelah sendiri, pastikan dulu apakah memang benar dia orangnya

pastikan, memang dia orangnya via www.unsplash.com

Kalau sebelumnya kamu pernah gagal dalam hubungan percintaan dan kamu ingin memulainya kembali, kamu harus belajar dari kesalahan, yaitu jangan sampai jatuh dilubang yang sama. Nggak ada salahnya untuk sekedar meyakinkan hati, apakah dia akan sama seperti yang sudah-sudah atau tidak. Jangan ceroboh dalam memilih karena bisa jadi atas kecerobohanmu memilih pasangan dapat melahirkan patah hati yang bisa membuatmu tak ingin lagi mengenal cinta dan memperparah keadaan.

Tidak perlu merasa terbebani dengan status sendiri yang sudah menahun, tamengi dirimu pada sebuah pernyataan “jangan berharap terlalu banyak”. Jika memang dia benar-benar untukmu, pasti jalanmu juga akan mudah mendapatkannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya