Meski adegan dalam film itu ngga nyata, kadang quote dalam film malah bisa mempengaruhi kita yang nonton. Para filmmaker pun berlomba-lomba untuk membuat film yang menginspirasi banyak orang. Salah satunya dengan cara menciptakan quote yang menyentuh hati penonton.

Entah itu film drama atau komedi dan dari film Indonesia sampai film hollywood, ngga jarang dari kita yang menjadikannya sebagai status di akun media sosial. Atau bahkan kamu resapi dalam-dalam sebagai moto hidupmu. Dari sekian banyak film, mungkin dari beberapa quote film ini ada yang ‘nyangkut’ di hati kamu.

1. 5cm akan selalu menguatkanmu untuk tetap percaya dan yakin kalau mimpi-mimpimu akan terwujud.

Film 5 cm tentang mimpi yang harus terus kamu percayai. via illawise.com

Kamu fans berat film 5 Cm? Yup, film yang berkisah tentang bagaimana lima sahabat menaklukan puncak  tertinggi di Jawa, Mahameru. Kamu pasti hapal betul quote yang satu ini. Bahwa kita harus menggantung terus impian, cita-cita kita 5 cm di depan kening. Sebuah kalimat yang mengingatkan kita untuk tidak pernah melupakan cita-cita, seberapa sering pun kamu gagal. Kamu selalu punya semangat untuk bangkit mewujudkannya.

2. Ketika kamu sudah hampir menyerah dan lelah bermimpi, quote dari film Sang Pemimpi ini bisa kembali membuatmu bersemangat lagi.

Kamu harus percaya bahwa Tuhan selalu mendengar apa yang kamu cita-citakan. via www.jpnn.com

Advertisement

Sang Pemimpi adalah sekuel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Film ini mengisahkan tentang bagaimana Ikal dan Arai, sepupunya, saat menapaki usia remaja. Di mana mereka haus akan pencarian jati diri. Dan tentang mimpi Ikal dan Arai untuk melanjutkan studi ke Eropa. Ending film ini ditutup dengan manis karena Ikal dan Arai akhirnya berhasil mewujudkan mimpi mereka ke Eropa. Layaknya quote yang yang jadi nyawa dalam film ini bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu. Ini pun bisa memotivasi kamu bahwa bermimpi adalah sebuah harapan yang tak pernah boleh mati.

3. Kalau ingin tahu arti persahabatan sesungguhnya, Mengejar Matahari dapat mengajarkanmu banyak hal.

Penggalan kata yang menohok hati akan artinya persahabatan. via www.sinemart.com

Masih ingatkah kamu film yang satu ini? Mengejar Matahari adalah tentang persahabatan antara Ardi, Damar, Nino dan Apin dengan latar kehidupan rumah susun. Kamu akan terhanyut dalam kisah mereka, bahkan sebagian kamu sampai meneteskan air mata. Penggalan kalimat yang dilontarkan tokoh Apin dalam film ini, sungguh membuat kita harus berpikir ulang tentang apa sebenarnya arti sahabat.

Kamera gue rusak bisa gue benerin, persahabatan kita rusak, mau lo benerin pake apa?

4. Tentang jodoh baiknya kamu tak perlu risau, karena dia yang ditakdirkan untukmu sebenarnya tak pernah jauh..

Penggalan kata tentang jodoh ini bikin hatimu adem. via radioholicz.com

Perahu Kertas adalah film adaptasi dari novel berjudul sama. Berkisah tentang perjalanan cinta Keenan dan Kugy yang berlika-liku. Tentang cinta dan cita-cita mereka. Bagaimana dua insan yang sudah merasa ‘klop’ satu sama lain, harus berjuang keras untuk akhirnya bisa bersama.

Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tahu kemana harus berlabuh.

Penggalan kalimat yang adem soal jodoh dan mengiringi akhir yang bahagia dari film ini. Seperti halnya Keenan dan Kugy yang akhirnya bisa saling menemukan dengan mengaktifkan radar di antara mereka. Dari sini Dewi Lestari ingin mengatakan pada kita bahwa jodoh bukanlah hal yang perlu terlalu dirisaukan, karena dia tak pernah jauh. Kita hanya perlu sedikit berjuang untuk bertemu dengannya.

5. Tokoh pergerakan mahasiswa zaman Orde Lama, Soe Hok Gie, memiliki berbagai quote yang mampu mengajarkan kita artinya sebuah indipendensi bagi generasi muda. Tentu kisah hidupnya yang difilmkan ini tidak boleh kamu lewatkan.

Quote yang menggetarkan dari seorang Soe Hok Gie. via www.youtube.com

Gie berkisah tentang perjuangan seorang Soe Hok Gie berada di tengah pergolakan politik Indonesia yang memanas saat itu. Gie adalah seorang demonstran dan pencinta alam berdarah Tionghoa. Gie menjunjung tinggi kemerdekaan yang sejati, karena itu ia memilih untuk berontak. Semboyan Gie yang terkenal mampu menggetarkan sanubari itu adalah lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan.

6. Tak perlu terlalu merisaukan masa lalu dan hari esok seperti apa. Kamu hanya perlu melakukan yang terbaik untuk hari ini.

Quotes tentang betapa berharganya hari ini dalam film animasi Kungfu Panda. via www.pinterest.com

Siapa yang ga naksir dengan Po si panda buntal yang menggemaskan ini? Film Kungfu Panda bercerita tentang keahlian yang diremehkan dan bagaimana pada akhirnya Po Panda bisa membuktikan kalau dirinya bisa menjadi kungfu master sejati. Quote yang ngena banget di hatimu adalah ketika Master Oogway menasihati Po untuk melakukan yang terbaik hari ini, karena hari ini adalah sebuah hadiah. Sehingga kamu tak perlu merisaukan hari kemarin dan hari esok.

7. Hakuna matata. Hayooo siapa yang jadiin frasa itu sebagai moto hidupmu?

Yup! Hakuna matata! via genius.com

Ungkapan dari bahasa Swahili ini tentu mengena banget di hatimu para fans setia The Lion King. Hakuna Matata berarti jangan khawatir. Ungkapan ini sering diucapkan Toma dan Pomba untuk menghibur Simba- singa yang tengah tertimpa masalah. Buatmu yang lagi sedih, hakuna matata ya guys.

8. Melupakan mantan memang bukan perkara gampang. Mungkin dia bisa kamu hilangkan dari pikiranmu. Tapi bagaimana dengan hatimu?

Menghapus namanya dari pikiranmu mungkin bisa. Tapi bagaimana dengan hatimu? via www.huffingtonpost.com

Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah perkara kamu yang berusaha melupakan mantan. Tentang Joel dan Clem yang punya kepribadian berbeda namun memutuskan jadian, lalu putus, dan kemudian ingin sama-sama melupakan. Akan tetapi mereka sebenarnya masih sama-sama sayang dan ngga rela menghapus kenangan mereka bersama. Namanya mungkin bisa hilang dari pikiranmu. Tapi persoalan hati berbeda ceritanya.

You can erase someone from your mind. Getting them out of your heart is another story.

9. Sesulit apa pun hidup yang sedang kamu hadapi, kamu harus selalu yakin kalau harapan akan selalu ada.

Akan selalu ada harapan di tengah harapan kok. via movieemonk.com

Stephen Hawking harus menerima kenyataan bahwa ia menderita ALS, sebuah penyakit syaraf yang mengakibatkan disfungsi otot. The Theory of Everything tidak hanya tentang perjuangan Stephen di tengah keterbatasan, tapi juga tentang perjalanan cintanya bersama Jane. Walau mereka tidak ditakdirkan bersama sampai akhir, film ini berakhir manis dengan hubungan Stephen-Jane yang tetap menjalin pertemanan. Quote yang mengena dalam film ini adalah seburuk apa pun hidupmu, selalu ada hal yang bisa kamu lakukan. Di mana ada kehidupan, di situ ada harapan.

10. Quote dalam film Pocahontas ini bisa membuat kita sadar bahwa tidak perlu ada yang disesalkan dalam sebuah pertemuan singkat.

Penggalan romantis dari film Pocahontas. Ada yang masih ingatkah? via quotesgram.com

Salah satu film animasi Disney, Pocahontas, tentunya membekas bagi para pecinta film animasi. Berkisah tentang seorang putri Indian yang jatuh cinta dengan kapten kapal Inggris, bernama John Smith. Kisah cinta mereka tidak berjalan mulus, hingga John Smith ditawan oleh suku Indian dan terancam dibunuh esok paginya. Pocahontas yang tidak bisa berbuat banyak mendatangi pujaan hatinya, dan saat itulah John berkata lebih baik aku mati esok, daripada harus hidup seratus tahun tanpa mengenalmu. Romantis bukan?

Mungkin masih banyak quote dari film lain yang mengena di hati kamu dan belum sempat terangkum di sini. Semoga quote yang Hipwee rangkum khusus buatmu ini bisa memberi semangat ya.

Lihat juga info lainnya di @migmeseleb!