Pastikan Kamu Sudah Melakukan 6 Hal Ini, Sebelum Berharap Dicintai Orang Setengah Mati

Cintai Diri Sendiri

Persoalan cinta, dicintai, juga mencintai seringkali menjadi hal yang rumit untuk dibicarakan dan dipikirkan. Ada kalanya, kita mencintai dengan totalitas, balasannya tak sepadan dengan yang diharapkan. Di sini pun kamu akan menyalahkan keadaan, karena kamu tidak mengerti kenapa kamu harus menalami hal ini.

Advertisement

Dicintai seseorang memang menyenangkan. Banyak orang yang menghabiskan banyak waktu dan upaya, agar dirnya bisa dicintai oleh orang lain. Namun, seringkali obsesi untuk dicintai orang lain membuat kita melupakan hal yang mutlak harus dilakukan sebelumnya: mencintai diri sendiri. Jadi, sebelum kamu berharap dicintai orang lain, pastikan kamu sudah melakukan hal-hal ini.

1. Jadilah dirimu sendiri, nggak perlu terbebani oleh ekspektasi. Terutama milik orang lain

Jadi diri sendiri via www.pexels.com

Nggak repot kok untuk mencintai diri sendiri, dengan selalu menjadi dirimu yang apa adanya dan tetap pada kepribadianmu sendiri. Itu sudah menjadi salah satu buktinya. Kamu boleh berusaha kok agar bisa diterima oleh mereka, tapi bukn berarti kamu harus jadi apa yang diinginkannya. Kamu harus mengerti bahwa kamu akan jauh lebih spesial ketika dirimu berjalan di atas kepribadianmu seutuhnya. Berubahlah karena kamu menginginkannya bukan karena mereka yang meminta. šŸ™‚

2. Dirimu punya hak untuk maju dan berhasil. Jadi, pleaseĀ berhenti merendahkan diri sendiri

byebye hal buruk...

byebye hal burukā€¦ via www.heysigmund.com

Secara nggak sadar mungkin kamu sering merendahkan dirimu sendiri. Misalnya, kamu terus-terusan menyalahkan dirimu atas kegagalan di masa lalu atau kesalahan yang kamu lakukan. Lalu kamu pun merendahkan dan membatasi diri sendiri, karena kamu merasa payah dan nggak bisa apa-apa.

Advertisement

Dirimu punya hak untuk maju dan berhasil, jelas itu harus didukung oleh kamu yang memberikannya dukungan pada diri sendiri. Bukan malah menjatuhkan dan merendahkan dirimu sendiri. Pada kenyataannya, nggak cuma mereka yang butuh disemangati, dirimu sendiri pun butuh kamu dukung sepenuh hati.

3. Percaya dengan kemampuan sendiri juga wajib kamu lakukan, nggak usah minder sama mereka yang kamu anggap lebih cemerlang

PD aja lagi~

PD aja lagi~ via www.glamour.com

Wajib hukumnya kamu lakukan yang satu ini. Yap! Kamu mesti banget percaya dengan kemampuan yang kamu punya. Percayalah pada dirimu sendiri, nggak usah minder. Apalagi kalau sampai kamu meragukan kemampuan yang kamu punya karena menilai mereka jauh lebih hebat dibanding kamu.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hal baik dan buruknya masing-masing dan tidak ada yang sempurna. Jadi, buat apa minder dengan orang lain yang juga memiliki kekurangan? Lebih baik kamu fokus mengembangkan kelebihan yang kamu punya.

Advertisement

4. Buanglah segala takut yang kamu rasakan di dalam hatimu, ganti dengan semangat yang selalu baru

aku siap dengan semangat baru

aku siap dengan semangat baru via stopphobia.blogspot.com

Memelihara rasa takut di hatimu nggak akan berguna lho. Nggak salah kalau kamu membuang semuanya dan menggantikannya dengan semangat yang akan selalu baru. Ini bisa membuat kamu semakin mencintai dirimu sendiri karena menghilangkan rasa takut akan buat hatimu semakin tenang dan senang. Pahamilah jika rasa takut hanya bersumber dari pikiranmu yang buruk. Sedangkan apa yang kamu pikirkan belum tentu sesuai dengan kenyataan.

5. Ajak dirimu untuk selalu yakin kalau kamu bisa melewati semua fase hidupmu dengan mudah. Dengan begitu kamu tidak mudah menyerah

aku pasti bisa!

aku pasti bisa! via achieveiconic.com

Kalau selama ini kamu selalu pesimis, cobalah mulai saat ini ajak dirimu untuk bisa yakin dengan apa yang kamu jalani. Kamu harus tahu jika sukses datang bukan hanya karena usaha yang kamu lakukan, tapi juga karena keyakinanmu. Nggak perlu takut untuk membangun keyakinan baik dalam dirimu, justru dengan bekal yakin yang kamu miliki, kamu akan bisa menjalani hidupmu dengan yang lebih baik lagi.

6. Jadikan dirimu sosok yang kuat dan tangguh, sehingga bisa mengambil banyak keputusan untuk dirimu sendiri

bisa mengambil keputusan sendiri via www.pexels.com

Dalam hidupmu pasti kamu dikelilingi dengan berbagai pilihan yang menemani. Kadang memilih satu di antara pilihan-pilihan itu menjadi hal yang sulit dilakukan. Karena setiap pilihan pasti punya risiko yang mungkin ditakuti. Nggak heran kalau banyak orang yang takut mengambil keputusan bahkan untuk dirinya sendiri. Lepaskanlah dirimu dari hal-hal semacam ini, ya. Pastikan dirimu menjadi sosok yang berani mengambil keputusan untuk hidupmu sendiri dan bertanggung jawab atas hal itu.

Mencintai orang lain itu mudah. Jauh lebih sulit mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Namun, sekali kamu mencintai dan menghargai dirimu sendiri, kamu pun akan mudah dicintai oleh orang lain.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penyuka kuning dan Kamu.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE