Media sosial sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan zaman sekarang. Hal ini bisa dibuktikan dengan akun media sosial yang hampir setiap orang punya. Terlebih instagram, dengan segala kemenarikan fitur dan kemudahan akses yang ditawarkan yang menjadikan instagram sebagai salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna.

Namun sungguh disayangkan, belakangan ini jamak ditemui ‘sampah’ di instagram – mulai dari konten yang nirfaedah sampai nyinyirin aktivitas pengguna lain kian jamak dilakukan oleh pengguna instagram. Mungkin kamu pernah menemukan akun yang berlebihan membagikan instastory sampai-sampai berbentuk sekumpulan titik yang memanjang saking banyak jumlahnya. Parahnya lagi hampir semua konten yang dibagikan hal-hal yang kurang penting.

Advertisement

Padahal kalau saja bijak menggunakan media sosial, sudah pasti banyak orang yang tertarik mengikuti. Setidaknya tak perlu banyak nyinyir, atau nyampah di sana, tapi coba lakukan beberapa hal yang Hipwee Motivasi uraikan di bawah ini.

1. Alihkan kegabutanmu dengan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya dengan membangun bisnis online

Cari penghasilan via www.instagram.com

Jenuh ingin berbuat sesuatu tapi nggak tahu apa yang mesti dilakukan alias gabut merupakan salah satu penyebab aktivitas sesorang di media sosial menjadi tak berfaedah. Nah sejatinya daripada membuat followers bete bahkan kesal karena instastory dan nyinyirin hal-hal yang nggak penting, lebih baik kalau manfaatkan instagrammu untuk merintis sebuah usaha yang memberikan penghasilan.

Jangan salah, bisnis online saat ini merupakan cara berbisnis yang mudah sekligus menjanjikan keuntungan. Kamu nggak perlu punya gerai atau toko, kamu nggak perlu repot membayar jasa promosi (manfaatkan teman), kalau malas memproduksi produk sendri kamu bisa mencoba cara dropshipper (menjual produk orang lain)

2. Daripada posting konten nggak jelas mending membagikan informasi yg bermanfaat

Informasi pekerjaan via www.instagram.com

Advertisement

Sejatinya sah-sah saja membagikan aktivitas keseharianmu ke dunia maya, tapi kalau cuma malas-malasan di kamar ya mending nggak usah – terutama karena nggak menarik dan bermanfaat buat followersmu.

Daripada mereka risih melihat instastoriesmu yang nggak mutu itu, mending bagikan konten-konten yang bermanfaat, semisal info lomba, pekerjaan, event-event keren dan lain-lain. Ketika kamu sering membagikan konten menarik, sangat mungkin terjadi followersmu justru bertambah.

3. Manfaatkan instastories untuk membranding dirimu. Tentunya terkait hal-hal yang bermutu

Membangun citra diri via www.instagram.com

Salah satu pemanfaatan media sosial–khususnya instagram–yang baik nan cerdik adalah dengan menjadikannya sebagai media untuk membranding diri. Kamu bisa mendesain feed instagram semenarik mungkin sesuai dengan citra apa yang ingin kamu bangun.

Misalnya kamu ingin membangun citra sebagai fotografer, maka tampilkan hasil-hasil jepretanmu – atau sebagai blogger, ya pergunakanlah instagram untuk membagikan karya tulisanmu. Pelan-pelan citra yang ingin kamu bangun akan berhasil kepada para pengikutmu. Dan siapa tahu kerjaan datang dari usaha usaha branding diri ini.

4. Atau gunakan instastory untuk membantu teman – mulai dari mempromosikan dirinya, usahanya atau acara yang sedang digarap olehnya

Promosi via www.instagram.com

Cara lain yang lebih berfaedah dan berguna adalah memanfaatkan fitur instastory untuk membantu teman. Kalau memang followers temanmu masih sedikit, promosikan akunnya, bantulah memperkenalkan usahanya agar laris, atau support kegiatan yang sedang dikerjakan dengan memposting pamflet acaranya.

Langkah tersebut bisa membantu ikatan tali pertemananmu karena ia akan merasa tersupport olehmu, meskipun sudah jarang bertemu karena sudah sama-sama sibuk.

5. Kalaupun ingin berkomentar, ada baiknya jika sifatnya membenarkan sesuatu yang salah. jangan malah memperkeruh keadaan

Hoaks via news.detik.com

Jamak terjadi ditemui komentar-komentar nyinyir dari netizen kepada tokoh publik, atau yang lebih parah lagi ada yang tega menipu warganet dengan menyebarkan informasi hoaks. Aktivitas meresahkan semacam ini hendaknya kita hindari sebab berpotensi mengganggu ketentraman kehidupan di dunia nyata. Banyak perpecahan yang bermula dari jempol nakal oknum-oknum hoaks.

Kalau mau berfaedah, lebih baik berkomentar sesuatu yang membenarkan informasi. Atau  kalau nggak punya kepentingan ada baiknya nggak usah berkomentar sekalian.

6. Kalau masih gabut dan bingung mau berbuat apa, ikut kontes atau lomba yg sering diadakan di instagram. Mana tau beruntung

Iseng berhadiah via www.pexels.com

Kalau masih juga bingung, cobalah sekali-kali kamu memanfaatkan peluang di dunia maya. Banyak informasi seputar lomba atau kontes yang dibagikan di sana. Sekali-kali ikutlah lomba tersebut, mana tahu sedang rezekinya dan kamu yang menang. Iseng-iseng berhadiah.

Kamu tentu juga sadar bahwa aktivitas dunia maya kian hari kian meresahkan. Maka dari itu untuk mengurangi sampah-sampah yang semakin marak saja, baikya kita sisipi dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat seperti yang telah kita bahas di atas. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya