Rasa sepi seringkali menghantuimu saat sedang benar-benar sendiri tak ada yang menemani. Kamu memang telah menyibukan diri dengan berbagai hal, misalnya baca buku atau menonton film. Sayangnya hal itu tak bisa menutupi rasa sedihmu karena masih perlu kegiatan lainnya dari biasanya. Kamu harus membuka mata dengan lebar agar kesepianmu benar-benar menghilang, meski udah terlalu lama sendiri.

Bukannya membuatmu berubah, namun demi hidup yang lebih baik kamu harus paham bahwa masih banyak hal yang menunggumu di luar sana untuk dijamah. Daripada kamu terjebak dalam kesendirian terus, lebih baik coba lakukan 6 cara berikut ini. Percaya deh hidupmu nggak akan gitu-gitu lagi.

1. Jangan keseringan apa-apa sendiri, coba mulai banyak berinteraksi sama yang lain. ‘Kan nggak mungkin udah umur 20an tak punya teman sama sekali

coba membaur via www.mnn.com

Sebagai makhluk sosial, sependiamnya kamu pasti pernah berinteraksi dengan sekitar. Walaupun nggak dekat, tak ada salahnya coba berinteraksi bersama mereka. Entah itu untuk mengobrol atau main bareng bisa dilakukan. Kesepian dalam kesendirianmu terjadi bisa saja bukan hanya karena kamu memilihnya. Tapi juga lingkungan yang orang-orangnya senasib dan sama sepertimu. Oleh karena itu, cobalah berinterkasi sama mereka yang cukup dikatakan dekat walau kamu nggak yakin. ‘Kan nggak mungkin sejak kecil hingga kini kamu hidup tanpa punya satupun.

2. Nggak usah kelamaan mikirin masa lalu. Dianya udah bahagia sama yang lain, masa iya kamu masih “diam di tempat”?

jangan terjebak masa lalu via coolfullhdwallpapers.tumblr.com

Advertisement

Masa lalu bisa dibilang sebagai penghambatmu untuk bahagia. Jika dirimu enggan keluar dari masa itu, kamu harus bersedia menerima konsekuensi merasa kesepian. Beberapa kali kamu memang merasa tak masalah dengan hal itu, namun jujur saja bahwa kenangan-kenangan masa lalu sulit kamu lupakan. Padahal mantan pacar atau mantan gebetanmu udah bahagia sama yang lain, sedangkan kamu masih belum pindah juga ke lain hati. Atau paling tidak kamu telah ikhlas menerima kenyataan dan mulai merajut hal lain yang bisa buat dirimu bahagia. Tak ada lagi rasa sepi, walau kamu lama sendiri.

3. Kamu harus perbanyak gebetan untuk menyegarkan mata dan hati. Walau belum tentu dapat, yang penting happy dulu!

perbanyak gebetan via lovechic.tumblr.com

Obat supaya kamu cepat move on yaitu harus perbanyak gebetan. Namun satu hal yang pasti, jangan sampai kamu bawa perasaan (baper) sama gebetanmu. Hal ini karena perasaanmu belum seratus persen dapat dinetralisir dengan baik. Kamu yang masih sedih dan sulit melupakan sosok mantan memang memerlukan kehadiran gebetan, agar pikiran dan hati dapat teralihkan sejenak. Dengan begitu kamu nggak akan merasa sepi maupun merenung saat lagi sendiri.

4. Coba mulai sering bantu orang lain. Selain dapat pahala dan ada kegiatan, lumayan lho orang-orang jadi banyak yang mau nolong kamu

banyak yang menolong kamu via wesharepics.info

Bersikap baik kepada orang sekitar bisa kamu lakukan agar selalu ada kegiatan yang membuatmu nggak seperti kesepian, misalnya saja nggak segan membantu orang di tenga jalan. Kamu dapat memulainya dari hal sederhana seperti membantu orang tua menyebrang jalan atau mengembalikan barangnya yang terjatuh di jalan. Selain kamu dapat pahala dan jadi sibuk, tanpa disadari orang-orang yang mau nolong kamu jadi bertambah. Kebaikan dibalas dengan kebaikan.

5. Kalau memang sendiri banget, cari saja kegiatan yang bisa melupakan kesendirianmu. Misalnya main di Timezone seharian

bisa main sepuasnya, yang penting ada duitnya via www.queensland.com

Bagimu yang borjuis atau paling tidak memang punya uang berlebih untuk pergi menikmati hiburan di luar silahkan saja. Nggak harus ke tempat rekreasi yang luas dan banyak keluarga bahagia yang berkunjung, cukup ke Timezone juga bisa kok. Kamu bisa sepuasnya ingin main games apapun yang tersedia di sana. Dan jangan sungkan juga main bareng anak-anak kecil, malah bisa bikin hari-harimu seru dan jauh dari kesan sendiri.

6. Ikut banyak komunitas/organisasi biar ponsel kamu bunyi terus. Walau isinya cuma sekadar broadcast pengumuman di grup

hore! ponsel bunyi-bunyi terus sekarang via www.huffingtonpost.com

Kalau udah terlalu lama sendiri dan ponsel jarang ada yang menghubungi, sebaiknya kamu coba pikirkan kembali ikutan komunitas atau organisasi. Kmau bisa ikut sesuai dengan minatmu, misalnya komunitas pecinta alam atau komunitas penggemar kebudayaan Korea. Meski ponselmu penuh dengan broadcast pengumuman atau obrolan nggak jelas di grup Whatsapp atau Line, sampingkan dulu itu deh. Toh, yang penting ponselmu bunyi terus.

Tak ada yang melarangmu diam di tempat dalam kesendirian, hingga kesepian sukses menyelimutimu setiap saat. Namun, alangkah baiknya jika kamu mulai bergerak dan berpaling ke tempat lain untuk merasakan indahnya kebahagiaan dalam hidup. Jadikanlah hal-hal lalu sebagai sesuatu yang membuatmu lebih baik dari sebelumnya. Jika 6 cara tadi kamu terapkan, nggak lagi deh ada rasa sepi walau udah terlalu lama sendiri.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!