Seringnya, para introvert harus menerima bahwa nggak semua orang bisa mengerti jalan pikiran mereka. Pemilik kepribadian introvert memang sedikit unik: walaupun sulit memulai interaksi, mereka belum tentu pemalu; walaupun selalu butuh waktu sendirian, mereka sama sekali bukan orang yang sombong.

Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang, jika kita pahami, bisa membuat kebiasaan orang-orang introvert jadi lebih masuk akal. Contohnya hal-hal di bawah ini:

1. Introvert belum tentu pendiam. Jika mereka tak terlalu cerewet dalam diskusi, itu bukan karena tak mau berpartisipasi — tapi karena mereka lebih hati-hati dalam memproses informasi

Introvert yang pendiam

Introvert yang pendiam via otto-otto-otto.com

Advertisement

Orang introvert memproses informasi dengan baik dan rinci. Mereka tidak selalu bisa menanggapi kalimat lawan bicaranya dengan cepat karena akan berusaha memproses dan menimbangnya terlebih dahulu. Mereka menjadi sosok yang pendiam karena mereka selalu memikirkan kembali mengenai kata-kata yang akan mereka keluarkan. Mereka tak mau ada lawan bicara yang tersakiti gara-gara perkataan mereka.

Untukmu yang sedang mendekati atau memiliki pasangan introvert, berikan mereka kesempatan untuk berbicara seluas-luasnya dan jangan mencoba untuk menginterupsi apa yang mereka bicarakan. Biarkan mereka memikirkan segala sesuatunya, dan mereka akan memberimu pendapat dan pemikiran tulus yang mereka punya.

2. Di balik sosok introvert yang tak banyak meminta, sebenarnya mereka ingin kamu menjadi pendengar yang baik untuk mereka — sebagaimana mereka selalu berusaha mendengarkanmu

Mencintai seorang introvert

Mencintai seorang introvert via thetenththing.tumblr.com

Tak cukup hanya mendengarkan sekenanya dan memberikan perhatian seperlunya ketika introvert sedang berbicara. Kamu harus benar-benar menunjukkan bahwa perhatianmu sepenuhnya tertuju padanya, bahwa kamu tak menganggap pikiran mereka remeh atau tak layak didengarkan. Supaya mereka tahu bahwa kamu memang menyimak, cobalah untuk mengulang apa yang mereka katakan dan beritahu mereka bahwa kamu memang tak melepaskan pandangan darinya. Para introvert menginginkanmu agar mendengarkan dan membuktikan bahwa kamu tak hanya sekedar duduk di sampingnya.

Advertisement

Siapapun pasti ingin diperhatikan, maka dari itu berikan perhatian ekstra ketika kalian sedang berbicara dan kamu akan mendapatkan perhatian dan kasih sayangnya.

3. Dia sebenarnya mau saja kamu ajak makan atau jalan-jalan. Memang dia nggak akan langsung meminta — apalagi kalau kalian baru kenal — tapi introvert juga bisa menghargai orang yang ingin berteman.

Ngopi bareng introvert

Ngopi bareng introvert via shop.kinfolkmag.com

Banyak introvert yang hidup bahagia dengan teman-teman mereka yang sedikit jumlahnya. Dan tetap menjalin komunikasi dengan banyak orang akan membuat introvert merasa kelelahan sehingga mereka akan tetap dengan gayanya — berteman dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang mereka anggap penting. Jadi, jika kamu ingin mendekati seorang introvert, mengajaknya untuk datang ke sebuah konser musik nampaknya bukanlah ide yang bagus. Sebaliknya, ajak dia untuk minum kopi di kedai kopi langgananmu. Ajak dia untuk berbagi pengalaman secara langsung sehingga dia akan merasa diperhatikan.

Anggapan bahwa introvert kebanyakan adalah anti-sosial rasanya juga tidak terlalu tepat. Karena sebenarnya mereka hanya tidak begitu menikmati kebersamaan dengan orang banyak dan kadang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk warming up dengan seseorang yang baru. Jika kamu mau bersabar dengan mereka, sebenarnya mereka selalu ingin berkenalan dengan orang-orang baru. Mungkin mereka juga mudah menyukaimu, meskipun tidak menunjukkannya padamu secara langsung.

4. Introvert memang paling nggak pandai berbicara, apalagi di depan umum. Tapi, kemampuan mereka menuliskan perasaannya bisa membuatmu terkagum-kagum.

Introvert lebih suka menulis

Introvert lebih suka menulis via www.pinterest.com

Beberapa introvert merasa lebih nyaman untuk menuliskan perasaannya karena menulis memberikan mereka waktu yang lebih dari cukup untuk mengeluarkan uneg-uneg yang ada di kepala mereka. Salah satu hal terbaik dari memiliki pasangan atau gebetan introvert adalah kamu akan selalu dikejutkan oleh pesan teks dengan deretan kata-kata indah yang mungkin nggak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

“Kamu tahu nggak? Aku lagi bikin kopi dan mendadak kepikiran kamu. Waktu aku minum, aku baru sadar kalau kamu sama kopi itu nggak ada hubungannya. Terus aku sadar, mungkin aku cuma rindu.”

Siapa sih yang nggak meleleh dapet SMS kayak gitu?!

5. Buat introvert, menghabiskan waktu sendirian bukan masalah besar. Justru mereka bisa menemukan ketenangan serta beristirahat dengan nyaman.

Introvert lebih suka menyendiri

Introvert lebih suka menyendiri via www.pinterest.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, introvert akan merasa kelelahan jika terlalu lama berada di tengah-tengah orang banyak. Dan bersama dengan introvert, kamu nggak perlu khawatir jika suatu hari mendadak dia akan menyendiri dan tak meluangkan waktunya untuki menghubungi. Itulah cara mereka mengisi ulang energi. Menghabiskan waktu sendirian dan melakukan apa yang dia inginkan.

Jangan takut untuk dilupakan, para introvert hanya butuh sedikit waktu untuk sendirian dan mereka akan kembali lagi padamu dengan senyuman.

6. Mereka tidak hanya sekadar introvert. Lebih dari itu, mereka adalah sosok yang kreatif dan mampu berpikir dari sisi lain.

Introvert yang kreatif

Introvert yang kreatif via fabforgottennobility.tumblr.com

Diberi ‘label’ sebagai seorang introvert memang tidak begitu mengganggu. Meskipun para introvert juga mengakui bahwa mereka memang tak mampu berinteraksi dengan baik, namun introvert bukanlah kata yang terlalu pas untuk menggambarkan bagaimana keunikan mereka karena masih banyak keunikan dari diri mereka yang mungkin belum kamu ketahui.

Secara umum, introvert sebenarnya hanya orang yang memilih untuk melakukan segalanya dengan perlahan dan mengisi ulang energi mereka dari tempat yang sunyi, di mana mereka bisa menyendiri dan memikirkan apa yang sedang terjadi.

7. Karena gampang perhatian, mereka tahu apa yang orang lain sering lewatkan. Dan lagi-lagi sosoknya yang “pendiam” sebenarnya menyimpan berbagai kejutan.

Introvert menyimpan banyak kejutan

Introvert menyimpan banyak kejutan via www.pinterest.com

Jadi, daripada mencari masalah denganmu, sebenarnya mereka lebih menyukai untuk ‘terlibat’ dalam masalah dan menyelesaikannya bersama-sama. Para introvert mampu untuk memberimu saran yang menginspirasi ketika mereka tahu titik permasalahan yang dihadapi.

Sebenarnya mereka adalah sosok yang diperlukan di setiap tempat kerja, karena mereka seringkali mengetahui detil kecil yang mungkin orang lain lewatkan. Karena cukup introspektif, mereka mungkin mampu memberikan jalan keluar yang membantu. Mungkin mereka jarang berbicara di depan ketika sedang ada rapat, namun bukan berarti mereka tidak memikirkannya. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa introvert mampu menjadi pemimpin yang hebat juga.

Setelah mengetahui 7 fakta ini, semoga memahami teman dekatmu yang introvert tak sesulit dulu lagi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya